04 Okt 2022

Workshop “Bikin Web Bisnis Sampai Tayang”, Hadirkan Tiga Pakar

Sejumlah peserta dari kalangan dosen, mahasiswa, karyawan dan juga praktisi mengikuti workshop yang diselenggarakan oleh Grup Riset Pemasaran Keperilakuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS), Sabtu 5/8/2022 di Bolodewe Cafe, Manahan, Solo.

Kegiatan yang mengangkat tema “Bikin Web Bisnis Sampai Tayang” itu menghadirkan Prof. Dr. Budhi Haryanto, pakar pemasaran keperilakuan UNS,  Dr. Ahmad Ikhwan S., pakar pemasaran digital UNS dan Arif Winata Patanduk, founder & CEO Wiyata Academy.

Arif Winata mengatakan keuntungan menggunakan website adalah untuk meningkatkan kredibilitas atau kepercayaan calon konsumen, mempermudah pencarian informasi, media promosi dan juga mudah diakses dari berbagai perangkat.

Tidak hanya mendapatkan pengetahuan membuat web bisnis,  peserta juga diajak untuk praktek langsung membuat web bisnis dan konsultasi online hingga menjadi web yang menarik.

Menurut Budhi Haryanto, 4 kriteria website yang berkualitas baik adalah website responsive, design yang simpel dan mudah digunakan, speed website yang cepat, serta konten yang menarik dan relevan.

Ikhwan Setiawan menambahkan, web bisnis melengkapi strategi penggunaan sosmed dalam promosi bisnis seperti facebook, instagram, twitter, youtube maupun tiktok.

Melalui website, perusahaan dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan dan memperkuat persepsi kualitas produk. Selain itu, web bisnis menjadi sarana efektif memperluas area pasar dan mendongkrak omset penjualan

Peserta sangat antusias mengikuti jalannya workshop. Mereka mendapatkan banyak pengetahuan dan pemahaman tentang cara membuat wordpress secara umum; Proses memilih template wordpress yang sesuai peruntukan: personal, lembaga atau swasta; Tips mengupdate info bisnis : produk dan info lain,  Metode menginstal web berbasis wordpress di webhosting gratis dan  berbayar; Teknik memilih, dan mendaftar webhosting yang bagus, cepat dan sesuai budget;  Strategi agar web cepat diakses   serta cara agar web sering dikunjungi. (Humas FEB)