23 Mei 2022

Webinar Internasional Prodi MESP Angkat Tema How to Publish a High Quality of Paper and Time Series Method in Economic Analysis

Program Studi Magister Ekonomi dan Studi Pembangunan (MESP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan webinar bertajuk ‘How to Publish a High Quality of Paper and Time Series Method in Economic Analysis,’ Senin, 9 Mei 2022.

Acara yang dibuka oleh Kaprodi MESP FEB UNS, Dr. Evi Gravitiani tersebut menghadirkan dua pembicara, Prof. Tamat Sarmidi dari Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dan Dr. Siti Aisyah Tri Rahayu, Dosen FEB UNS.

Dalam materinya, Prof. Tamat Sarmidi berfokus pada beberapa tujuan pembelajaran antara lain kemampuan mahasiswa untuk menemukan tema penelitian yang relevan, mahasiswa dapat melaksanakan penelitian yang terukur dan reliabel, serta mahasiswa dapat mempublikasikan hasil penelitiannya pada jurnal bereputasi. Ketiga tujuan pembelajaran tersebut dirangkum dalam delapan sub-materi antara lain langkah-langkah penelitian dan publikasi, pencarian jurnal yang tepat, serta strategi menulis.

“Saya bukan ahli dalam menulis artikel ilmiah, menurut pengalaman saya, pada awalnya saya membutuhkan beberapa bulan untuk dapat menyelesaikan sebuah artikel. Namun sekarang kurang lebih dalam satu bulan, satu artikel dapat saya selesaikan. Tentunya menulis artikel bukanlah suatu kegiatan yang mudah, sehingga membutuhkan konsentrasi yang tinggi,” jelas Prof. Tamat.

Sementara itu, Dr. Siti Aisyah Tri Rahayu menyampaikan materi Data Time Series, analisis yang sering digunakan dalam penelitian di bidang ekonomi.

“Data Time Series sebagian besar digunakan untuk menemukan pola variasi dari data di masa lalu untuk memprediksi perilaku di masa depan,” ungkap Dr. Siti Aisyah.

Lebih lanjut Dr. Aisyah menjelaskan empat unsur yang ada dalam data time series yaitu trend, siklikal, musiman, dan tak beraturan.

Webinar yang berlangsung selama hampir tiga jam dan dipandu oleh Amelia Choya selaku Moderator tersebut ditutup dengan sesi tanya jawab interaktif dengan peserta serta foto bersama.

 

Reporter: Aulia
Editor: Humas FEB