22 Jul 2024

Siapkan Perkuliahan Semester Februari-Juli 2024, FEB Gelar Rapat Dewan Dosen

Rapat Dewan Dosen merupakan agenda rutin yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis  (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) untuk mempersiapkan perkuliahan dan juga evaluasi pembelajaran di setiap semesternya.

Untuk persiapan semester Februari-Juli 2024, Rapat Dewan Dosen digelar di Aula Gedung Suhardi FEB UNS, Selasa 6 Februari 2024.

Dekan FEB UNS, Prof. Djoko Suhardjanto, M.Com. (Hons), Ak. dalam sambutannya menyampaikan beberapa informasi agenda universitas diantaranya pemilihan anggota Majelis Wali Amanat (MWA), pemilihan Rektor, Dekan dan seterusnya. Diinformasikan juga beberapa agenda dalam rangka Dies Natalis ke-48 UNS.

Dikatakan, Upacara Dies Natalis akan diselenggarakan pada tanggal 7 Maret 2024 dan Sidang Senat Terbuka pada tanggal 8 Maret 2024.

Dies Natalis FEB UNS bersamaan dengan Dies Natalis UNS, dan untuk memeriahkan pelaksanaan Dies Natalis tersebut, pimpinan telah menugaskan Retno Tanding Suryandari, Ph.D sebagai Ketua  dan untuk kegiatannya menyesuaikan yang ada di universitas.

Dekan juga menyampaikan berbagai prestasi FEB. FEB masuk dalam peringkat 600 besar dunia berdasarkan World University Ranking (WUR). Dalam konteks ini, dimana Prodi S1 Akuntansi masuk dalam peringkat 300 besar dunia dan prodi S-1 Ekonomi Pembangunan masuk dalam peringkat 400 besar dunia.

Prodi S1 Akuntansi, prodi S1 Manajemen dan prodi S-1 Ekonomi Pembangunan telah meraih Akreditasi Internasional AQAS. Ketiga prodi tersebut juga memperoleh akreditasi Unggul dari LAMEMBA.

“Untuk Prodi S-1 Bisnis Digital akan diakreditasi tahun ini, mohon disiapkan dengan baik untuk akreditasi LAMEMBA-nya. Sehingga seluruh Prodi di FEB terakreditasi unggul” ungkapnya.

Dekan juga menyampaikan adanya penambahan Dosen ASN yang akan bergabung di FEB, 10 dosen yang benar-benar baru, dan tiga dosen lainnya, sebelumnya telah berstatus Non ASN.

Lebih lanjut, Dekan juga akan berjuang untuk mendapatkan CSR untuk perluasan masjid Al Latief.

“Kalau Jumatan sampai ke sebelah ruang dekan, saya akan berjuang untuk mendapatkan CSR untuk perluasan masjid.  Semoga Masjid Al-Latief lebih baik, lebih makmur” tegasnya.

Setelah pengantar Dekan, dilanjutkan dengan paparan Wakil Dekan Akademik Riset dan kemahasiswaan khususnya mengenai persiapan Proses Belajar Mengajar (PBM) Semester Genap Februari-Juli 2024.

Perkuliahan semester genap akan dimulai pada tanggal 12 Februari hingga 21 Juni 2024.

“Dikarenakan pada Minggu pertama ada pesta demokrasi,  sehingga perkuliahan dilakukan secara daring. Minggu kedua luring kembali, diharapkan para dosen dapat betul-betul melaksanakan PBM-nya secara luring yang dimulai pada pekan kedua. Jika berhalangan bisa memberikan alasan” tegasnya.

Paparan selanjutnya oleh Wakil Dekan Sumber Daya Manusia Keuangan dan Logistik serta Wakil Dekan Perencanaan, Kerja Sama Bisnis dan Informasi.

Dalam kegiatan itu, juga digelar Sosialisasi Penghitungan Kinerja Pengajaran Dosen dari Tim Remunerasi dan juga dari Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu (LPPMP) tentang Penarikan dan Penghitungan Beban Kerja Dosen (BKD) di Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER).

Usai pengantar Dekan, paparan Wakil Dekan serta sosialisasi dari Tim Remunerasi dan LPPMP, para dosen berkesempatan untuk memberikan pertanyaan, saran dan masukan.