Management Profile
Management Project Based Learning
Management Entrepreneurship

Program Studi Manajemen merupakan salah satu Program Studi unggulan di Universitas Sebelas Maret yang telah meraih berbagai pengakuan pada level nasional dan internasional. Dengan komitmen untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, pengajaran dan penelitian di bidang manajemen, Program Studi Manajemen aktif melakukan kolaborasi dengan industri dalam memecahkan permasalahan bisnis serta mengembangkan inovasi bidang manajemen.

Program Studi Manajemen juga bekerjasama dengan industri dan pemerintah untuk merumuskan kurikulum dan matakuliah yang berorientasi pada revolusi industri 4.0. Student centered learning dikembangkan oleh Program Studi Manajemen sebagai metode pembelajaran untuk mencapai intended learning outcome. Beberapa student centered learning yang digunakan diantaranya adalah case-based learning, problem based learning, project-based learning, small group discussion, dan simulation.

Program Studi Manajemen juga berupaya untuk menciptakan diverse learning environment dalam proses pembelajaran. Hal ini sejalan dengan upaya universitas untuk mewujudkan lingkungan belajar yang inklusif sebagai upaya menuju World Class University. Keragaman memungkinkan mahasiswa untuk saling belajar toleransi, menghargai perbedaan, dan budaya lain serta bersosialisasi dalam lingkungan akademis yang lebih luas dengan menggandeng berbagai rekanan Universitas dari dalam maupun luar negeri.

VISI:

Menjadi Program Studi Manajemen yang berkinerja tinggi dan berkelanjutan di tingkat nasional dan internasional berdasarkan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.

 

MISI:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dalam bidang manajemen yang melahirkan lulusan kompeten dan siap bersaing di kancah nasional dan internasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian ilmiah dalam bidang ilmu manajemen yang berkualitas dan bereputasi nasional dan internasional.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas yang berorientasi pada upaya pemberdayaan masyarakat melalui penguatan budaya.

SUSUNAN MATA KULIAH KURIKULUM PENDIDIKAN TAHUN 2020 PROGRAM STUDI S1 MANAJEMEN (REGULER)

Smt
No
Mata Kuliah
W/P/KM
SKS
Konvensional
Kampus Merdeka
PP
BP
BK
BM
BPD
PK
PI
AM
1
1
Bahasa Indonesia
W
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
Bisnis Pengantar
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
Manajemen
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
4
Perilaku Organisasional
W
3

3

3
3
3
3
3
3
3
3
5
Matematika Bisnis
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
6
Ekonomi Makro Pengantar
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
7
Akuntansi Pengantar I
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
Jumlah Semester 1
20
20
20
20
20
20
20
20
20
20
2
8
Pendidikan Agama
W
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
9
Bahasa Inggris
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
10
Komunikasi Bisnis
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
11
Statistik Deskriptif
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
12
Hukum Bisnis
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
13
Ekonomi Mikro Pengantar
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
14
Akuntansi Pengantar II
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
Jumlah Semester 2
20
20
20
20
20
20
20
20
20
20
3
15
Manajemen Keuangan I
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
16
Manajemen Pemasaran I
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
17
Manajemen Sumberdaya Manusia I
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
18
Manajemen Operasi I
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
19
Statistika Induktif
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
20
Akuntansi Biaya
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
21
Praktik Teknologi Informasi
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
22
Kewirausahaan
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
Jumlah Semester 3
22
22
22
22
22
22
22
22
22
22
4
23
Metodologi Penelitian Manajemen
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
24
Manajemen Keuangan II
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
25
Manajemen Pemasaran II
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
26
Manajemen Sumberdaya Manusia II
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
27
Manajemen Operasi II
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
28
Sistem Informasi Manajemen
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
29
Pendidikan Kewarganegaraan
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
Ilmu Kealaman Dasar
W
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
Jumlah Semester 4
22
22
22
22
22
22
22
22
22
22
5
31
Penganggaran Perusahaan
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
32
Manajemen Strategik
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
33
Riset Operasi
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
34
Ekonomi Manajerial
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
35
Kuliah Kerja Manajerial / Kegiatan Magang Mahasiswa
W
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
36
Akuntansi Manajemen
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
37
Manajemen UKM dan Koperasi*
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
38
Perekonomian Indonesia
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
Jumlah Semester 5
23
23
23
23
23
23
23
23
23
23
6
39
MK Pilihan Umum 1
P
2
2
2
40
MK Pilihan Umum 2
P
3
3
3
41
Praktik Manajemen I (e-Business )
P
1
1
1
42
Praktik Manajemen II (Olah Data)
PM
1
1
1
43
Praktik Manajemen III (Aplikasi Minat Studi)
PM
1
1
1
44
MK Pilihan Minat Studi ke 1
PM
3
3
3
45
MK Pilihan Minat Studi ke 2
PM
3
3
3
46
MK Pilihan Minat Studi ke 3
PM
3
3
3
47
Manajemen Keuangan III
PM
3
3
3
Manajemen Sumberdaya Manusia III
Manajemen Pemasaran III
Manajemen Operasi III
48
Program Kampus Merdeka – Bidang Penelitian
KM
20
20
Program Kampus Merdeka – Bidang Kewirausahaan
KM
20
20
Program Kampus Merdeka – Bidang Magang Kerja
KM
20
20
Program Kampus Merdeka – Bidang Proyek di Desa
KM
20
20
Program Kampus Merdeka – Bidang Proyek Kemanusiaan
KM
20
20
Program Kampus Merdeka – Bidang Proyek Independen
KM
20
20
Program Kampus Merdeka – Bidang Asisten Mengajar
KM
20
20
Jumlah Tanpa KKN
20
20
20
20
20
20
20
20
20
20
49
Kuliah Kerja Nyata
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
Jumlah Semester 6
22
22
22
22
22
22
22
22
22
22
7
50
Praktik Simulasi Manajerial
W
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
51
Studi Kelayakan Bisnis
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
52
Pancasila
W
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
53
Manajemen Perbankan**
W
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
Jumlah Semester 7
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
8
54
Skripsi / Tugas Akhir Program KM
W
6
Jumlah Semester 8
6
Jumlah SKS Matakuliah Ditawarkan
145
145
145
145
145
145
145
145
145
145

Keterangan :

PP : Pertukaran Pelajar

BP : Bidang Penelitian

BK : Bidang Kewirausahaan

BM : Bidang Magang/Praktik Industri

BPD : Bidang Proyek di Desa

PK : Proyek Kemanusiaan

PI : Proyek Independen

AM : Asisten Mengajar

Deskripsi Mata Kuliah Program Studi Manajemen

No Mata Kuliah Deskripsi Mata kuliah
1 Bahasa Indonesia Mata kuliah ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa pada metode penalaran ilmiah, khususnya dasar-dasar dalam memilih diksi yang tepat, mengembangkan kalimat yang efektif, mengembangkan paragraf, dan merencanakan penulisan ilmiah (makalah, tugas akhir, dan tesis).
2 Bisnis Pengantar Mata kuliah ini menjelaskan tentang aktivitas bisnis secara komprehensif dan terintegrasi. Materi yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah definisi bisnis, dinamika dan perkembangannya, lingkungan yang mempengaruhinya, organisasi terkait, fungsi bisnis, dan cara mengelola aktivitas bisnis. Mahasiswa diharapkan memahami konsep dasar bisnis dengan segala aspek dan fenomena yang terkait.
3 Manajemen Mata kuliah ini mempelajari manajemen organisasi berdasarkan fungsi-fungsi dasar manajemen. Materi yang dipelajari adalah konsep dasar manajemen dalam mengelola organisasi dan perkembangannya, lingkungan manajerial, perencanaan organisasi, pengorganisasian, pengarahan organisasi, dan pengendalian organisasi. Mahasiswa diharapkan memahami dasar-dasar manajemen organisasi.
4 Perilaku Organisasional Mata kuliah ini mempelajari konsep dasar dan implementasi budaya organisasi. Materi yang dipelajari adalah asumsi dan isu terkait adaptasi eksternal dan integrasi internal; pendalaman asumsi dalam Perilaku Organisasi; signifikansi, tipologi, dan survei dalam Perilaku Organisasi; munculnya Perilaku Organisasi dan kepemimpinan; perubahan Perilaku Organisasi dan peran kepemimpinan dalam perubahan Perilaku Organisasi; serta pembelajaran Perilaku Organisasi, kepemimpinan, dan ilustrasinya. Mahasiswa diharapkan mampu memahami Perilaku Organisasi dalam suatu organisasi dan cara mengelolanya.
5 Matematika Bisnis Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan matematika bagi mahasiswa sebagai landasan dalam menguasai kompetensi di bidang bisnis dan ekonomi. Materi yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah konsep dasar matematika, fungsi matematika, kalkulus aljabar, dan aljabar linier. Mahasiswa diharapkan menguasai penerapan konsep-konsep tersebut dalam bidang ekonomi dan bisnis.
6 Ekonomi Makro Pengantar Mata kuliah ini membahas tentang masalah dasar dalam ekonomi makro, output dan pendapatan nasional, masalah jangka panjang dan jangka pendek, beban agregat dan output ekuilibrium, kebijakan fiskal, penawaran uang dan sistem bank sentral.
7 Akuntansi Pengantar I Mata kuliah ini membahas tentang topik-topik dalam akuntansi, mulai dari mengidentifikasi, mencatat, dan mengkomunikasikan kegiatan ekonomi organisasi kepada para pemangku kepentingan. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar yang bertujuan untuk memperkenalkan akuntansi sebagai bahasa bisnis.
8 Pendidikan Agama Siswa diarahkan untuk mengembangkan sikap yang sesuai dengan agamanya. Mata kuliah ini ditawarkan untuk lima agama besar di Indonesia, Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Budha.
9 Bahasa Inggris Mata kuliah ini mempersiapkan mahasiswa untuk menguasai kemampuan berbahasa Inggris dengan tujuan akademis guna menunjang proses pembelajaran seperti memahami membaca, menulis artikel ilmiah, dan menyampaikan argumentasi dalam bahasa Inggris. Topiknya meliputi tata bahasa, keterampilan menulis akademik, membaca dan mencatat, dan komunikasi bisnis.
10 Komunikasi Bisnis Komunikasi bisnis mencakup berbagai tema yang berkaitan dengan komunikasi, baik lisan maupun tulisan, dalam dunia bisnis. Selain prinsip-prinsip dasar dalam berkomunikasi, materi juga meliputi proses penulisan, pelaporan, dan pencapaian keberhasilan dalam komunikasi dengan memanfaatkan berbagai media komunikasi yang tersedia, termasuk pengenalan internet dan fasilitas yang tersedia. Berbagai persiapan memasuki lingkungan kerja, misalnya bagaimana mempersiapkan surat lamaran, resume, wawancara kerja, dan presentasi bisnis, juga dibahas dalam mata kuliah ini. Seiring dengan pesatnya globalisasi, komunikasi lintas budaya menjadi salah satu topik yang dipelajari dalam Komunikasi Bisnis.
11 Statistik Deskriptif Mata kuliah ini mempelajari dasar-dasar analisis statistik deskriptif untuk membantu dalam mengambil keputusan bisnis yang efektif. Mahasiswa diharapkan mampu memahami statistik dasar dan inferensial, probabilitas dan distribusi probabilitas, distribusi sampel dan sampling, serta mampu menjelaskan analisis indeks dan deret waktu.
12 Hukum Bisnis Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan aspek-aspek hukum yang berkaitan dengan kegiatan usaha. Topik yang akan dibahas dalam mata kuliah ini adalah kontrak bisnis, hukum untuk korporasi, perdagangan, sekuritas, penjaminan, kepailitan, kekayaan intelektual, perlindungan konsumen, dan sengketa bisnis.
13 Ekonomi Mikro Pengantar Mata kuliah ini berfokus pada deskripsi dan pemahaman tentang konsep ekonomi mikro sehingga mahasiswa mampu menggambarkan konsep dan implementasi ekonomi mikro dalam kehidupan nyata. Mata kuliah ini mencakup sepuluh prinsip ekonomi, kekuatan pasar dari penawaran dan permintaan, elastisitas dan penerapannya, biaya produksi, dan pengenalan ekonomi mikro lainnya.
14 Akuntansi Pengantar II Siswa diperkenalkan dengan definisi setiap elemen dalam laporan tahunan, mencatat transaksi, analisis data transaksi, dan akhirnya mengkomunikasikan hasilnya dalam laporan keuangan. Mahasiswa akan mempelajari proses analisis laporan tahunan dan peroses pengambilan keputusan sederhana. Di akhir mata kuliah mahasiswa dapat memahami teori dan keterampilan dasar dalam akuntansi dan dapat melakukan analisis yang diperlukan untuk membuat keputusan bisnis.
15 Manajemen Keuangan I Mata kuliah ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa pada konsep manajemen keuangan. Mata kuliah ini membahas topik-topik seputar manajemen keuangan dasar mulai dari pengenalan hingga manajemen keuangan; konsep dasar dalam pengelolaan keuangan seperti nilai waktu uang, laporan keuangan, pajak, dan analisis atas laporan keuangan; hingga pengelolaan aset keuangan, akan dibahas secara komprehensif.
16 Manajemen Pemasaran I Mata kuliah ini membahas salah satu bentuk manajemen dalam sebuah perusahaan yaitu manajemen pemasaran. Beberapa materi yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah konsep dasar manajemen pemasaran, analisis peluang pemasaran, bagaimana mengembangkan manajemen pemasaran, bagaimana membentuk penawaran pemasaran, dan bagaimana mengelola dan mendukung program pemasaran.
17 Manajemen Sumberdaya Manusia I Mata kuliah ini bertujuan untuk membangun pemahaman mahasiswa tentang konsep dasar, metode, dan teknik dalam Manajemen Sumber Daya Manusia, dengan fokus pembahasan pada fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia sebagai fungsi bisnis dalam proses pengambilan keputusan strategis dan implementasinya. Berbagai fungsi seperti perencanaan sumber daya manusia, rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, manajemen karir, penilaian kinerja, sistem kompensasi dan hubungan karyawan, akan dibahas dari sudut pandang strategis dan teknis.
18 Manajemen Operasi I Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar dalam manajemen operasi. Mata kuliah ini mempelajari fungsi manajemen dalam proses transformasi dari input hingga menghasilkan output di bidang manufaktur dan jasa secara mendalam.
19 Statistika Induktif Mata kuliah statistik induktif ini merupakan lanjutan dari mata kuliah statistik deskriptif. Mata kuliah ini mencakup materi statistika induktif yang dikembangkan dengan materi statistika multivariat. Statistik non parametrik juga akan diperkenalkan, namun mahasiswa di sarankan untuk mempelajari materi tersebut secara mandiri. Mata kuliah ini juga akan membahas penggunaan perangkat lunak yang umum digunakan dalam analisis statistik.
20 Akuntansi Biaya Mata kuliah ini membahas tentang penentuan biaya produksi, penggunaan harga pokok produksi untuk menentukan harga jual, pertimbangan penawaran kontrak, analisis profitabilitas berbagai produk, mengukur kinerja manajer dan subunit organisasi dan merancang sistem akuntansi yang sesuai dengan sistem produksi dan sistem distribusi dalam organisasi.
21 Praktik Teknologi Informasi Mata kuliah ini didesain untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan terkait penggunaan alat dan perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menyelesaikan studi
22 Kewirausahaan Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan kemauan mahasiswa untuk memulai usaha baru dengan menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan (kemandirian, kreativitas, pengambilan risiko, dan orientasi pada masa depan), dan fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan) secara benar.
23 Metodologi Penelitian Manajemen Mata kuliah ini membahas metode penelitian dalam manajemen dan pengembangannya, termasuk penelitian di bidang keperilakuan di berbagai bidang manajerial. Penjelasan mengenai konsep, variabel, dan teori yang digunakan dalam penelitian, serta proses yang harus diselesaikan dalam penelitian ilmiah, akan dijelaskan secara rinci dengan berbagai penjelasan. Pada akhir mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menyusun laporan penelitian.
24 Manajemen Keuangan II Mata kuliah ini membahas beberapa fungsi manajemen keuangan. Topik yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah seputar struktur modal dan leverage, perencanaan keuangan, dan pengelolaan modal kerja, serta topik khusus dalam pengelolaan keuangan, seperti konsep manajemen internasional, manajemen derivatif dan risiko, pembiayaan campuran, dan merger, akan disampaikan secara komprehensif. Materi pengelolaan keuangan difokuskan pada perusahaan publik non keuangan atau perusahaan yang terdaftar di pasar modal.
25 Manajemen Pemasaran II Manajemen Pemasaran II secara umum membahas tentang strategi dalam manajemen pemasaran dan kebijakan yang diambil oleh manajer pemasaran. Strategi manajemen pemasaran adalah metode atau cara pengambilan keputusan dalam pemasaran. Topik utama yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah teori dan pendekatan strategi dalam manajemen pemasaran, prinsip dan konsep, serta pengembangan manajemen pemasaran.
26 Manajemen Sumberdaya Manusia II Mata kuliah ini merupakan pengembangan dan pendalaman mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manajemen (SDM) dan Perilaku Organisasi (PO) yang ditawarkan pada semester sebelumnya. Manajemen SDM II mempelajari penerapan konsep teoritis dari Manajemen SDM dan PO dalam menyelesaikan studi kasus. Melalui diskusi kasus diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan ide dalam memahami konsep teoritis, praktik, dan analisis dalam mengelola manajemen sumber daya manusia dalam suatu organisasi.
27 Manajemen Operasi II Mata kuliah ini membahas tentang manajemen operasi di suatu perusahaan yang meliputi peramalan, perencanaan kapasitas, manajemen inventaris, perencanaan agregat, MRP, penjadwalan jangka pendek, manajemen proyek, lean production, pemeliharaan, dan statistic quality control. Selain itu, mata kuliah ini juga mempersiapkan mahasiswa untuk menghasilkan proposal penelitian di bidang manajemen operasi melalui kajian literatur dari berbagai artikel dari jurnal ilmiah.
28 Sistem Informasi Manajemen Mata kuliah ini membahas konsep manajemen teknologi informasi. Beberapa sub bidang yang akan dibahas antara lain: teknologi informasi sebagai sarana untuk mencapai keunggulan kompetitif di pasar global, konsep sistem dan metode dalam siklus hidup sistem, sistem informasi manajemen dan perangkat IT, dasar dalam pemrosesan komputer, manajemen database, dan komunikasi, serta sistem informasi akuntansi, sistem informasi manajemen, dan decision support system.
29 Pendidikan Kewarganegaraan Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman terkait urgensi identitas nasional, bangsa dan konstitusi, demokrasi Indonesia, dan radikalisme.
30 Ilmu Kealaman Dasar Mata kuliah ini berfokus pada identifikasi dan pembahasan materi alam semesta, biosfer, proses siklus hidup, kinerja ekosistem untuk menganalisis perilaku manusia terkait dengan menjaga dan memelihara lingkungan.
31 Penganggaran Perusahaan Mata kuliah ini membahas tentang konsep dalam penganggaran, teknik dalam penganggaran, serta berbagai bentuk dan jenis anggaran yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Anggaran perusahaan merupakan alat yang komprehensif, terintegrasi, dan penting untuk merencanakan dan mengendalikan laba, bagi semua organisasi, baik laba maupun nirlaba.
32 Manajemen Strategik Mata kuliah ini membahas tentang perencanaan menyeluruh di tingkat perusahaan, antara lain pemahaman konsep dan teknik dalam merumuskan strategi dan pelaksanaan strategi. Sub materi ini meliputi pengertian dan pentingnya strategi, konsep dasar dan alat analisis, perumusan strategi, dan pelaksanaan strategi. Beberapa kasus mengenai perumusan strategi untuk perusahaan bisnis tunggal, perumusan strategi untuk diversifikasi perusahaan, pelaksanaan strategi dan kepemimpinan strategis, serta kasus-kasus strategis, etika, dan tanggung jawab sosial, akan dibahas dalam mata kuliah ini.
33 Riset Operasi Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk menerapkan pendekatan dan model matematika dalam pengambilan keputusan bisnis. Materi yang termasuk dalam mata kuliah ini adalah: pengenalan metode kuantitatif, konsep probabilitas dan penerapannya, analisis keputusan, peramalan, model pengendalian persediaan, program linier, transportasi dan penugasan, model jaringan, manajemen proyek, teori antrian, dan pemodelan simulasi kontrol kualitas statistik. Mahasiswa diharapkan mampu menguasai berbagai bentuk penerapan metode kuantitatif dalam pengambilan keputusan bisnis.
34 Ekonomi Manajerial Mata kuliah ini membahas tentang penerapan teori ekonomi dan alat analisis dalam pengambilan keputusan untuk mempelajari bagaimana perusahaan mengambil keputusan manajerial yang optimal dengan kendala-kendala yang ada. Materi yang dibahas dalam mata kuliah ini antara lain ruang lingkup ekonomi manajerial, analisis permintaan, analisis produksi dan biaya, struktur pasar dan penetapan harga, analisis risiko, dan keputusan investasi jangka panjang.
35 Kuliah Kerja Manajerial/Kegiatan Magang Mahasiswa Magang mahasiswa adalah kegiatan intrakurikuler yang dilakukan oleh mahasiswa pada instansi pemerintah atau swasta sesuai dengan bidang studinya. Magang merupakan proses pembelajaran bagi mahasiswa untuk mencapai pengalaman di dunia kerja. Program ini diharapkan dapat melengkapi pengetahuan teoritis yang disampaikan di kelas. Dengan demikian, mahasiswa akan memiliki pemahaman yang lebih luas tentang manajemen dari penerapannya di dunia praktis dan tidak terbatas pada pendekatan teoritis.
36 Akuntansi Manajemen Mata kuliah ini membahas tentang penggunaan informasi akuntansi manajerial (khususnya informasi keuangan) untuk keperluan manajemen perusahaan seperti perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan. Secara khusus mata kuliah ini membahas (a) perilaku biaya, (b) hubungan VBP, (c) balanced scorecard, (d) biaya variabel, (e) biaya berdasarkan aktivitas (ABC), (f) biaya relevan untuk pengambilan keputusan, dan (g) penganggaran modal.
37 Manajemen UKM dan Koperasi Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai koperasi dan UKM, baik secara teoritis maupun empiris, serta dari aspek filosofis, konseptual, dan manajerial. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengenal, mendefinisikan, mendalami, dan menerapkan konsep koperasi dan UKM dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.
38 Perekonomian Indonesia Mata kuliah ini memberikan kompetensi pelengkap bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam menganalisis perekonomian Indonesia dengan berbagai metode dan diterapkan pada kebijakan publik. Materinya meliputi (1) sejarah Perekonomian Indonesia; (2) sistem Perekonomian Indonesia; (3) Pendapatan nasional; (4) jumlah penduduk dan tenaga kerja di Indonesia; (5) Kesetaraan dan Kemiskinan Indonesia; (6) Pengembangan Industri dan Perbankan; (7) uang beredar dan inflasi; (8) Kebijakan moneter; (9) anggaran fiskal dan nasional; (10) Perdagangan internasional dan neraca dan pembayaran; (11) pembangunan pertanian; (12) Pengembangan ekonomi kerakyatan dan UMKM
39 Praktik Manajemen I (e-Business) Mata kuliah ini melatih mahasiswa untuk memahami konsep dan praktik-praktik terkait kegiatan bisnis dalam operasi bisnis online. Topik utama dalah mata kuliah ini adalah pemahaman e-bisnis, website and kegiatan terkait website, rantai nilai dalam bisnis online, etika bisnis, dan social security.
40 Praktik Manajemen III (Aplikasi Minat Studi) Mata kuliah ini melatih mahasiswa untuk memecahkan masalah dalam penelitian dengan menggunakan software statistik seperti SPSS dan SEM AMOS/PLS. Topik utama yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah uji validitas dan reliabilitas, uji beda rata-rata dua sampel dan banyak sampel, serta pengujian pada hubungan multivariabel yang kompleks. Kursus ini difokuskan pada keterampilan operasional dalam perangkat lunak terkait.
41 Kuliah Kerja Nyata KKN merupakan bagian dari program di perguruan tinggi yang menempatkan mahasiswa di lingkungan luar kampus agar mereka dapat belajar hidup bersama masyarakat, membantu dan memberdayakan masyarakat dalam menggali potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam untuk memecahkan masalah masyarakat.
42 Praktik Simulasi Manajerial Mata kuliah ini mengadopsi simulasi peran manajerial dalam lingkungan kerja nyata sebagai desain pembelajaran. Mahasiswa ditempatkan pada posisi tertentu dalam suatu perusahaan dan menjalankan perannya dalam jabatan tersebut, serta memiliki otoritas dalam pengambilan keputusan. Mata kuliah ini dilaksanakan dengan bekerjasama dengan praktisi dari industri tertentu dalam menilai karya mahasiswa dari tugas yang diberikan, apakah mahasiswa telah menyelesaikan tugas sesuai atau relevan dengan praktek bisnis saat ini.
43 Studi Kelayakan Bisnis Mata kuliah ini membahas tentang proses-proses dalam mengembangkan ide kreatif, kemudian mengolah dan menganalisisnya menjadi bisnis yang nyata. Mata kuliah ini difokuskan pada kompetensi dalam mengembangkan ide, kemudian dilanjutkan dengan kompetensi untuk menganalisisnya dari aspek pemasaran, sumber daya manusia, teknis dan operasional, dan aspek lainnya, serta menyusun laporan studi kelayakan bisnis untuk mendukung pengembangan ide menjadi bisnis nyata atau perwujudan dari sebuah ide. Materi ini difokuskan pada kemampuan menganalisis suatu ide baru dan ide untuk mengembangkan suatu usaha, baik usaha menengah maupun usaha kecil.
44 Pancasila Mata kuliah ini mengulas kerangka konseptual, landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Pancasila dalam konteks sejarah negara, Pancasila sebagai dasar bangsa, Pancasila sebagai ideologi, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai sistem etika, dan Pancasila sebagai paradigma pengembangan ilmu pengetahuan.
45 Manajemen Perbankan Mata kuliah ini mempelajari tentang manajemen perbankan baik secara teori maupun aplikasi. Secara khusus mata kuliah ini mempelajari tentang struktur perbankan, kinerja keuangan perbankan, manajemen risiko perbankan, likuiditas, pengelolaan dana pihak ketiga, dan kebijakan perkreditan.
46 Skripsi / Tugas Akhir Program KM Skripsi atau tugas akhir adalah karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa melalui proses konsultasi dengan pembimbing skripsi, yang ditulis menurut kaidah dan norma karya ilmiah, berdasarkan hasil studi lapangan, laboratorium, studi pustaka, dan atau studi lain yang sesuai dengan bidangnya, sebagai syarat terakhir untuk meraih gelar sarjana.
General Elective Courses
47 Business Ethics This course discusses about various dimensions of ethics and moral argumentation and business practice. Business ethics is thought or reflection of morality in economics and business. Morality means the aspects of good or bad, praiseworthy or disgraceful, and hence allowed or not allowed from human behavior. The main topic dicussed in this course including: theories and approaches of ethics, as well as perspective of ethical principles in business implementation.
48 Islamic Economics This course covers the philosophy and basics of Islamic economics. The materials to be delivered in the course are, among others: the history of thoughts in Islamic economics, the application of economics theory from Islamic perspective, sharia financial institution, and various other sharia products.
49 Econometrics This course is a tool course that focused on the use of concepts from economics theory, mathematics, and inferential statistics, that are implemented in analyzing of various real economics phenomena. This course will discuss in depth about how to build various model of economics behavior in the form of function and mathematics formula, and econometrics, using empirical data from statistical data to be used in the formulation of econometrics model, and to perform statistical testing to find the precision of model and the behavior among economics variables.
50 International Business This course focused on the managerial approach in international business. The discussion in this course covers the basic characteristics of international business and the development of concepts, international environment and its management, national environment, strategy in running business operation in international level, as well as the challenges that appears in the management of international business activities.
51 Business Consultant Management This course will provide students with knowledge needed to become professional business consultant. Several materials that will be discussed are the principles and techniques of consultancy to achieve client’s objectives, tools used to solve business problems, how to develop business relationship, and how to provide good business consultancy.
52 Asset Appraisal Management This course is elective course for financial management concentration that discusses the concept of valuation for high risk assets. Several material that will be discussed are the types of high risk assets, arbitration, foreign exchange, interest rate, risk and return, and market efficiency.
Concentration Elective Courses: Finance
53 Portfolio Theory and Investment Analysis This course build students’ understanding on the concept of investment, security market, and security trading; portfolio and capital market theory; analysis, valuation, and ordinary shares management; security analysis; analysis, valuation, and management of security with fixed income; derivatives security; and investment management.
Through this course students are introduced to capital market research, and case in portfolio and investment field which then analyzed and finished as well as reported with scientific writing format.
54 Risk Management This course aims to introduce students to the theory and practice in risk management. The topics around risk management starting from introduction to risk and enterprise risk management, identification and measurement of risk, and cases of risk management in a company/organization will be discussed comprehensively.
55 International Financial Management This course build students’ understanding on international financial management, foreign exchange and derivatives markets, foreign exchange risk management, financing the multinational corporation, and foreign investement analysis. Through this course students are introduced to research on multinationl companies which then analyzed and finished as well as reported with scientific writing format.
56 Financial Technology This course is dedicated to introducing various aspects of fintech to students. Students are given an initial understanding of ‘what is fintech’ and ‘the fundamental change in finance’. Afterward, the course will touch on fintech themes, fintech hubs, fintech solutions, capital, and investment as well as enterprise innovation. Students will also be equipped with an understanding of the social impacts of fintech particularly in emerging markets. Lastly, students will also learn about the regulation, ethics and future of fintech. After completing this course, students are expected to have a better understanding and knowledge about fintech from various aspects.
57 Derivative This course learns about derivatives transaction as one of the activities related with investment and financial assets management based on derivatives from main assets used as underlying assets. This course will discuss the concept of derivatives transaction, analysis method and evaluation of transaction, and the strategy and theoretical pricing from assets derivatives.
58 Financial Information Analysis and Valuation This course discusses the theory and concept of analysis on financial report. Specifically, this course discusses business activities, analysis on financial report, analysis model for related parties, prediction of bankruptcy, analysis on the effect of inflation, cross-section and time series analysis, analysis for merger, acquisition, and restructurisation.
59 Financial Planning This course provides description on the basic of financial planning and the function of personal financial planning as an application of conventional financial theory. Through this course students are expected to understand the importance of financial planning, process, and types of financial planning, to the ethical consideration in financial planning. This course is designed to follow the curriculum set by the Certified Financial Planner (CFP) Boards and support students who want to develop a career in financial planning and personal assets management.
60 Management Practice II (Data Analysis) The aim of this course is to provide a comprehensive introduction to theoretical and applied issues relating to the global banking industry. The course could be divided into four major topics: (1) Introduction to banking, (2) Central banking and bank regulation, (3) Issues in bank management, and (4) Miscellaneous topics in Banking.
61 Management Practice III (Stock Market) This course discussed the main analysis tool that should be understood by an investor before investing in the capital market. The materials in this course are (1) investment in capital market, (2) securities and stock trading mechanism, (3) capital market structure (Indonesia), (4) Securities Ownership Reference (AKSes), (5) Fundamental Analysis, (6) Technical Analysis, and (7) Capital market simulation practice (software used in simulation)
Concentration Elective Courses: Marketing
62 Consumer Behavior This course provides the materials for students in the form of knowledge in consumer behavior, thus when they graduated it is expected that students will have understanding on the concepts of consumer behavior that are useful in building company performance through consumer behavior approach.
63 Promotion Management This course discusses about the concepts and techniques in promotion mix, which includes integrated marketing communications process, brand name and logo, review of advertising management, analysis on advertising media, media strategy and assessing the effectiveness of advertisement, supporting media in advertising, sales promotion management and direct marketing, as well as international promotion and advertisement. Through this course, students are introduced to marketing research in the form of presentation and case solving which corresponds to the subject discussed.
64 Retail Management This course discusses the basic theories on retail management which in principle is the implementation of integrated management functions, which includes marketing, financial, human resource, and operation function. The materials are presented in four main parts: understanding retail business coverage, developing retail strategy, inventory management, and store management.
65 Marketing Research This course discussed about the process in marketing research, starting from the characteristics and research area in marketing, principles and approach in data collection, data analysis, and application of marketing research, especially traditional research and contemporary research in marketing.
66 Global Marketing Global marketing is business philosophy developed to achieve business success through the management of marketing activities in global context. Different from conventional marketing point of view, global marketing knows no national boundary as area of business. Thus, analyzing global environment is the first step in preparing strategy, which followed by the analysis on opportunity and constraints in global market, formulation of global market strategy, formulation of program, and its implementation.
67 Product and Price Marketing Matakuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa dalam hal penciptaan produk baru dan proses penetapan harga produk dalam sudut pandan marketing. Dalam matakuliah ini mahasiswa akan berlajar topik-topik terkait proses penciptaan dan pengelolaan produk serta strategi pricing bagi produk lama maupun produk baru.
68 Management Practice II (Data Analysis – Behavior) This course trains students to solve issues in research using the SPSS and SEM PLS software. The main topics discussed in this course are the validity and reliability testing, means difference test, regression and complex variables relationship. This course focuses on the operational skill in related software.
69 Management Practice III (Market Research) Matakuliah ini melatih mahasiswa untuk melaksanakan riset pasar yang berfokus pada penggunaan metode kualitatif menggunakan text mining method dengan sasaran komunitas daring. Mahasiswa akan mempelajari proses pelaksanaan riset pasar, desain riset pasar, metode riset pasar, serta penggunaan, dan pelaporan hasil riset pasar untuk memecahkan permasalahan dalam manajemen pemasaran.
Concentration Elective Courses: Human Resources Management
70 Leadership This course provides conceptual understanding regarding structure and function of human behavior in an organization. The topics discussed in this course are general understanding of leadership, various theories and approaches in leadership, style of leadership and followership, role of leadership in communication, motivation, decision making; building individual, group, and organizational dynamics; succession of leadership; and conduct changes and organizational development. Besides in local company, this course also discusses leadership from global perspective.
71 Compensation Management This course discusses the process of compensation management, measurement of value and relativity of office, evaluation and development of reward process, and performance management. The materials for compensation management is focused on mid-level company and SMEs. As the supporting materials, compensation management for government agencies will also be delivered. Besides  these materials, the course also discusses the result of journal article analysis as to support the implementation.
72 Change Management This course discusses the basic concept, process, as well as various intervention conducted by consultant in organizational change management. Besides that, this course also discusses about the follow up of implementation, that is connecting vision and changes, strategy to communicate changes, and consolidation of changes.
73 Organization Culture This course discusses the the coverage of organizational culture, process of cultural changes, organizational culture change, and organizational performance. The materials of organizational culture course focused on mid-level company, SMEs, and government sector. Besides  these materials, the course also discusses the result of journal article analysis as to support the implementation.
74 International Human Resources Management This course discusses the context, policy in Human Resource Management in multinational companies, as well as professional and International Human Resource Management department. Policies and practices in International Human Resource Management covers planning functions; staffing; training and development; compensation, allowances and taxes; performance management and safety, health, and crisis management.  Professional part and International Human Resource Management department discusses about the position of International Human Resources Management, its role, and its position in the future.
75 Performance Management This course provides conceptual knowledge on employee’s performance management in an organization. The focus of this course includes: basic principles in performance management and performance characteristics, performance management cycle, implementation of performance management, performance management effectiveness, performance management development, and evaluation of performance management
76 Management Practice II (Data Analysis – Behavior) This course trains students to solve issues in research using the SPSS and SEM PLS software. The main topics discussed in this course are the validity and reliability testing, means difference test, regression and complex variables relationship. This course focuses on the operational skill in related software.
77 Management Practice III (e-Performance Appraisal) Human Resource Management Practice Course (E-performance) learns about practices related to Human Resource Management related to performance measurement, especially in government institutions. In detail, this course studies: recognizing performance management, Knowing the Performance Management Process, Knowing Performance Management Practices, Performance Management in government institutions, observing job duties, task classification and details, Task and Detail Analysis, Standardization of Tasks and Details, Job Evaluation, Verification and Data Validation and Performance Calculations.
Concentration Elective Courses: Operation Management
78 Quality Management This course discusses quality management in a company that covers the introduction of quality management in a company, the implementation of quality management in a company, process management, introduction to six sigma, and tools/instruments that usually used to fix quality management in a company. Besides that,  this course also teach students to use the tools that usually utilized in quality management.
79 Supply Chain Management Supply chain management is scientific and skill course, which discuss the concepts of supply chain management as strategic concept in operation management. This course discusses in depth the integration of all activities regarding the flow of materials and information in the product transformation process through the relationship among suppliers, factory, warehouse, and store to achieve competitive advantage.
80 Business Modelling The Business Modeling course aims to equip students to recognize the essence of business decisions and understand the concept of integration that forms a business model in organizations.
81 Service Operation Management This course is a part of operation management which discuss the activities of service industries or firms. The material includes: the nature of service, maintaining the balance of service operation, overcoming the bottleneck, creating the service quality, creating service standard, planning, scheduling, and controlling. Moreover it also discusses demand and supply of service for managing demand includes if there is capacity changing.
82 Project Management This course specifically focuses on concept and technique of project management include concept and function of project management, project and concept of system, function, planning and controlling process,  project budget estimation, resource scheduling network, determining critical path, predecting diagram of evaluation technique and project review, project acceleration, risk analysis, project funding, research topic on project management 1,  research topic on project management 2.
83 Logistic Management This course provides an understanding of concepts, processes, applications and strategies in managing logistics in the business world, both manufacturing and services. This includes discussing aspects related to logistics such as warehousing, transportation, to the implementation of logistics information systems to accommodate the development of information and communication technology which is growing rapidly at this time.
84 Management Practice II (Data Analysis) This course trains students to solve issues in research using the SPSS and SEM PLS software. The main topics discussed in this course are the validity and reliability testing, means difference test, regression and complex variables relationship. This course focuses on the operational skill in related software.
85 Management Practice III (Decision Making) Operational Decision Making is designed to equip students with knowledge of business decision-making techniques based
on various combinations of quantitative techniques in an Operations Management perspective
Concentration Elective Courses: Seminar
86 Finance Management III This course discusses the current issues in financial management research and how to prepare research plan in financial management. As an addition, the software used in the financial management analysis will be discussed.
87 Marketing Management III This course builds students’ understanding on the current issues from research in marketing management, searching for good journal articles, as well as discussing the selected articles. Through this course, it is expected that students will be able to design research proposal which will be developed into final research.
88 Human Resources Management III This course discusses research issues in organizational behavior and human resource management, and how to prepare research plan in organizational behavior and human resource management. As an addition, this course will also discusses the use of software which is used in the analysis of human resource management research.
89 Operation Management III This course aims to prepare students in formulating thesis proposal in Operation/Strategic Management. This course discusses the research issues in Operation/Strategic and how to prepare research plan.
Concentration Elective Courses: Sharia Finance
90 Sharia Financial Management This course aims to introduce students to the practices of sharia financial management. The topics regarding sharia financial management from the introduction to sharia financial management, fundamental concepts in sharia financial management, up to the application of sharia management will be discussed comprehensively.
91 Sharia Financial Institutions This course learns about Sharia Financial Institutions both theoretically and its application. In particular, this course studies the form of sharia financial institutions, especially those that develop in Indonesia as well as operational aspects in it
92 Sharia Banking This course is an elective course that aims to build student’s understanding on the theories and practices in sharia banking. Several materials that will be discussed in this course are Islam and sharia banking, interest vs riba, basic principle of sharia banking, and supporting aspects of sharia banking, as well as the development of sharia banking in various countries.
93 Management Practice II (Data Analysis – Behavior) This course trains students to solve issues in research using the SPSS and SEM PLS software. The main topics discussed in this course are the validity and reliability testing, means difference test, regression and complex variables relationship. This course focuses on the operational skill in related software.
94 Management Practice III (Stock Market) This course discussed the main analysis tool that should be understood by an investor before investing in the capital market. The materials in this course are (1) investment in capital market, (2) securities and stock trading mechanism, (3) capital market structure (Indonesia), (4) Securities Ownership Reference (AKSes), (5) Fundamental Analysis, (6) Technical Analysis, and (7) Capital market simulation practice (software used in simulation)

last updated (01/03/2023)

Keunggulan :

Program Studi Manajemen menjaga kualitas iklim akademis dan proses belajar mengajar dengan menerapkan standar kualitas sesuai dengan kriteria sertifikasi nasional maupun internasional seperti akreditasi BAN PT (akreditasi A), AUN QA, dan member AACSB. Berbagai aktivitas akademik tingkat nasional dan internasional diselenggarakan Program Studi Manajemen seperti penyelenggaraan international conference dan seminar nasional. Beberapa staff pengajar aktif mempublikasikan penelitian pada jurnal bereputasi dan mendapatkan hibah bergengsi tingkat internasional (ERASMUS +).

Program Studi Manajemen juga berkomitmen penuh dalam mendukung Program Kampus Merdeka yang diwacanakan oleh Kemendikbud. Beberapa program dalam kurikulum Kampus Merdeka diantaranya adalah Program Riset, Program Kewirausahaan, Program Proyek di Desa dan Proyek Kemanusiaan. Program Riset RPMB-KM dilaksanakan dengan menggandeng beberapa mitra PSM yang turut berkontribusi terhadap perkembangan PSM. Mitra Kerjasama PSM antara lain Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Lembaga Penjamin Simpanan Bank Rakyat Indonesia, Bank Negara Indonesia dan berbagai perusahaan terkemuka di Indonesia.

Selain itu, Program Studi Manajemen juga aktif melaksanakan pertukaran pelajar dengan universitas lain, baik Universitas di dalam negeri maupun di luar negeri yang telah bekerja sama dengan Program Studi Manajemen setiap tahun. Mahasiswa yang mengikuti Program Pertukaran Pelajar berkesempatan untuk hadir dalam beberapa course yang disediakan oleh Universitas tujuan dan setelahnya.

 

Kerjasama

Kerjasama dengan bidang industri di Indonesia: National Land Agency, Indonesia Deposit Insurance Corporation, Indonesia Financial Service Authority, Bank Indonesia, PT. Bank Mandiri, PT. Bank BNI, PT. Angkasa Pura, PT. Bank BTN, PT. Sinar Sosro, PT. Bank Danamon, JNE, PT. Telkomsel, Azana Hotel Group, ADIS Group

Kerjasama Internasional: Purdue University USA, University of Twente Netherlands, University of Limoges France, University of Portsmouth UK, National Yunlin University of Science and Technology Taiwan. Universiti Putra Malaysia, and Universiti Malaysia Sarawak.

Akreditasi dan Ranking

BAN PT terakreditasi A dengan skor 376 tertanggal 21 November 2018 dengan Surat Keputusan BAN-PT No  3108/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2018 tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi Program Studi Sarjana. Prodi S1 Manajemen FEB UNS juga telah tersertifikasi AUN-QA di tahun 2018.

Management Student Association (HMJM) merupakan unit kegiatan mahasiswa pada level prodi yang memberikan ruang bagi mahasiswa di prodi PSM untuk mengembangkan organizational skill, mendukung kegiatan prodi, juga turut membantu menyalurkan informasi terkait PSM melalui media sosial yang menunjukkan aktivitas-aktivitas mahasiswa PSM, termasuk seluruh informasi akademis maupun non-akademis yang diberikan oleh Prodi.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh HMJM antara lain adalah Management Carnival, yang fokus pada pengembangan akademis mahasiswa Prodi Manajemen melalui penyelenggaraan SMBCC (Sebelas Maret Business Case Competition) dan Management Talkshow dengan mengundang beberapa narasumber terkemuka di Indonesia untuk berbagi insight dan pengalamannya khususnya dalam personal branding dan pengembangan bisnis.

Kompetensi Lulusan Program Studi S1 Manajemen
Tercapainya penguasaan pengetahuan dan keterampilan khusus dalam ILO MSP akan mengarah pada lulusan yang berkompeten dengan profil profesional yang bekerja di berbagai sektor industri, peneliti, akademisi, dan wirausaha.

  1. Menguasai konsep dan mampu menerapkan fungsi-fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan) di berbagai tipe organisasi (bisnis dan non bisnis).
  2. Menguasai dan Mampu menerapkan konsep dan teknik analisis di bidang ilmu manajemen (manajemen strategik, keuangan, pemasaran, sumberdaya manusia dan operasi).
  3. Mampu mengidentifikasi masalah manajerial dan mengambil tindakan solutif yang tepat.
  4. Bertanggung jawab dalam bekerja dengan menerapkan etika bisnis dan prinsip kewirausahaan (kemandirian, kreativitas, keberanian mengambil risiko, orientasi ke masa depan).

 

Profil Lulusan Deskripsi Profil Lulusan Job Prospect
Manajer Seseorang yang memiliki pengalaman, pengetahuan dan keterampilan yang baik yang diakui oleh organisasi untuk dapat memimpin, mengelola, mengendalikan, mengatur serta mengembangkan organisasi dalam rangka mencapai tujuannya. Financial/risk analyst, personal banking officer, relationship manager, sales/marketing executive, supervisor/asisten manajer pada bisnis manufaktur, jasa, dan retail
Wirausaha Seseorang yang mampu melihat peluang pasar dan kemudian membentuk keseimbangan pasar yang baru dan mengambil keuntungan keuntungan atas perubahan-perubahan tersebut Entrepreneur
Konsultan
Manajemen
Seseorang tenaga profesional yang menyediakan jasa konsultasi dalam bidang keahlian manajemen. Konsultan bisnis
Peneliti Seseorang yang melakukan aktivitas menggunakan sistem tertentu dalam memperoleh pengetahuan atau individu yang melakukan sejumlah praktik-praktik di mana secara tradisional dapat dikaitkan dengan kegiatan pendidikan, pemikiran, atau filosofis. Peneliti atau asisten riset di lembaga penelitian, lembaga profesional, institusi pemerintahan, dan perusahaan, pada level nasional dan Internasional
Akademisi Seseorang yang berpendidikan tinggi, atau intelektual, atau seseorang yang menekuni profesi sebagai pengajar dan guru besar di perguruan tinggi Dosen atau pengajar di universitas

Alumni:

Dewanti Cahyaningsih (Angkatan 2012)- Study Lanjut ke Universite de Limoges PhD

Memilih Program Studi Manajemen FEB UNS sebagai pilihan pertama ketika itu menjadi salah satu keputusan terbaik yang pernah saya ambil. Kurikulum yang ditawarkan serta staff pengajar yang mumpuni di bidangnya mampu membekali mahasiswa masuk ke dunia kerja ataupun melanjutkan studi lanjut. Sebagai salah satu program studi yang sangat aktif dalam menjalin Kerjasama baik dengan industri maupun institusi pendidikan lain baik dari dalam dan luar negeri memberikan eksposure bagi mahasiswa untuk memperluas cara pandang dan membuka kesempatan berkarir ataupun meneruskan studi lanjut bahkan sebelum kelulusan. Tidak hanya membantu saya bertumbuh secara akademik, dorongan untuk aktif dalam berbagai kegiatan mahasiswa baik yang bersifat akademik maupun non-akademik juga turut membantu pengembangan diri secara menyeluruh yang membawa saya untuk bisa meneruskan studi lanjut hingga jenjang doktoral sekarang ini.

 

 

 

 

Muhammad Ridho Reza Pahlevi (Angkatan 2010) Representative for Remittance Business Development & Networking in Hong Kong – PT Bank Negara Indonesia, Tbk

Program Studi Manajemen UNS selalu berupaya memberikan yang terbaik untuk para mahasiswanya. Baik dalam hal pemberian hard-skill maupun soft-skill untuk menambah wawasan sebagai persiapan guna menghadapi dunia kerja. Sehingga dapat menciptakan Alumni yang siap bersaing untuk meraih kesuksesan berkarir.

Proses penjaminan mutu pendidikan di PSM

PSM telah dilakukan audit baik internal maupun eksternal, kemudian Prodi melakukan perbaikan yang berkelanjutan atas saran dan masukan dari tim penjaminan mutu. Hasil perbaikan yang dilakukan oleh prodi dilaporkan kepada Unit yang berwenang (UPM).

Quality Assurance PSM juga dilakukan dengan mempertimbangkan masukan dari alumni dan user. FGD yang dilaksanakan pada Sabtu, 28 Agustus 2021, menunjukkan hasil bahwa PSM harus meningkatkan soft skill lulusan seperti kepercayaan diri, kemampuan berkomunikasi. Dalam rangka menindaklanjuti masukan-masukan tersebut, Prodi melakukan perbaikan dalam  metode pembelajaran dengan cara meningkatkan keterlibatan guest lecture baik dari Praktisi maupun dari Pakar Luar Negeri.

Berita Terbaru

Ikuti Kompetisi Bisnis Nasional, Mahasiswa Prodi S-1 Manajemen FEB UNS Raih Juara III

Tiga Mahasiswa Fakultas Ekonomi (FEB) dan Bisnis Universitas Sebelas Maret (UNS) berhasil menjadi Juara III di Sebelas Maret Business Case Competition 2024. Sebelumnya, Heavani Rahmawati, Niken Mar’atus Sholeha dan Justitio Yodha Wistara dari Program Studi S-1 Manajemen FEB UNS berhasil melaju ke tahap final bersama dengan 9 tim lainnya dari universitas terkemuka, Universitas Indonesia, Universitas […]

Mahasiswa FEB Ikuti Kuliah Dosen Tamu Lembaga Penjamin Simpanan

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengikuti perkuliahan dosen tamu Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Rabu 16 Oktober 2024 di Aula Gedung Soedarah Soepono. Kegiatan ini merupakan implementasi dari perjanjian kerja sama antara FEB UNS dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Perkuliahan dosen tamu diikuti oleh lebih dari 100 mahasiswa Program Studi S-1 […]

FEB UNS Terima Kunjungan SMA IT Nurul Fikri Depok

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret (UNS) menerima kunjungan Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Terpadu (IT) Nurul Fikri Depok, Rabu 9 Oktober 2024. Ratusan siswa SMAIT dan beberapa guru pendamping diterima oleh pimpinan FEB UNS di Aula Gedung Suhardi FEB UNS. Aldy Fariz Achsanta, S.E., M.Rech.,Ph.D, Ketua Program S1 Bisnis Digital FEB UNS dalam […]

Final Sebelas Maret Business Case Competition (SMBCC) 2024 Diikuti 10 Tim

Sebelas Maret Business Case Competition (SMBCC) 2024 merupakan pembuka acara dari rangkaian Management Carnival yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS). Acara yang mengangkat tema “Sustaining Innovative Business in Technology Information on a Digital Marketing” diikuti oleh mahasiswa dari perguruan tinggi se-Indonesia. Para peserta yang […]

Prodi S-1 Manajemen Sosialisasikan Wirausaha Merdeka 2024

MBKM Wirausaha adalah salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang difokuskan pada pengembangan kewirausahaan di kalangan mahasiswa Indonesia. MBKM Wirausaha merupakan program yang sangat membantu mahasiswa dalam rangka menyalurkan talenta-talenta yang belum terwadahi dalam kurikulum konvensional yang diselenggarakan oleh prodi, sehingga MBKM Wirausaha menjadi solusi. Program ini diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, […]

Pengabdian Masyarakat Internasional, Program Studi S-1 Manajemen FEB UNS Kenalkan Masakan dari Libya

Lebih dari dua puluh Pengurus PKK Mangkubumen mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Program Studi (Prodi) S-1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS), Selasa 27 Agustus 2024 di Karanganyar. Tiga mahasiswa dari Libya, Nadia Mustafa Sulayman Shenghir, Marwa Abdulgader Abdulsalam Ashaiban, Ahlaam Jarullah Ibrahim Alshoushan menyuguhkan cara memasak masakan asal […]

Kontak

Email : s1manajemen@unit.uns.ac.id