21 Mei 2024

Riset Grup FEB UNS Beri Pelatihan Akuntansi Zakat, Infaq, dan Shadaqah pada Organisasi Pengelola ZIS

Riset Grup Ekonomi dan Keuangan Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) secara online kepada Organisasi Pengelola ZIS pada hari Rabu, 2 Agustus 2023.

Tim PKM FEB UNS yaitu Dr. Falikhatun, M.Si., Ak, CA, SAS sebagai ketua tim PKM memberikan Pelatihan Akuntansi ZIS bekerja sama dengan Majelis Daerah (MD) Forum Alumni HMI Wati (Forhati) kepada pengelola dana Zakat, Infaq, dan Shadaqah (ZIS) se Solo Raya.

Kegiatan digelar secara on line tersebut bertujuan untuk mendampingi para pengelola ZIS dalam mengimplementasikan standar akuntansi syariah PSAK 109. Dalam paparannya, Falikhatun menyampaikan bahwa ide PKM ini muncul karena Laporan keuangan yang disusun oleh OPZ belum sesuai dengan standar Akuntansi Zakat, Infaq, dan Sahadaqah.

”Laporan Keuangan merupakan sarana untuk mempertangungjawabkan sumber dana yang dikelola oleh OPZ, baik dana yang berasal dari Zakat, Infaq, maupun Shadaqah. Laporan keuangan juga harus berisi aliran dana sebagai bentuk pendistribusian kepada mustahiq atau biaya pengelolaan OPZ. Laporan keuangan OPZ sesuai dengan PSAK 109 terdiri dari Laporan Posisi Keuangan, Laporan Perubahan Dana, Laporan Perubahan Aset Kelolaan, Laporan Arus Kas, dan Catatan atas laporan Keuangan” jelas Dr. Palikhatun.

Dikatakan, kegiatan ini  diharapkan memotivasi pengelola Dana ZIS agar menyusun Laporan Keuangan sesuai dengan PSAK 109, sehingga kepercayaan Musakki semakin tinggi kepada OPZ, dan  pada akhirnya akan meningkatan jumlah penghimpunan dana Zakat, Infaq, dan Shaqadah masing-masing OPZ.