18 Jul 2024

Pengabdian Kemitraan Masyarakat antara Universitas Sebelas Maret dan Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar

  

Program Pengabdian Kemitraan Masyarakat Universitas Sebelas Maret (PKM-UNS) bekerja sama dengan Badan Layanan Umum Desa (BLUD) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas di lingkungan Kabupaten Karanganyar menggelar kegiatan Program Kemitraan Masyarakat pada hari Selasa, 25 Juni 2024 di Syariah Hotel Solo.

Kegiatan PKM-UNS tersebut diikuti oleh 105 peserta perwakilan 21 BLUD UPT Puskesmas di Lingkungan Kabupaten Karanganyar serta dihadiri oleh Purwati, S.K.M., M.Kes., Kepala Dinas Kabupaten Karanganyar beserta jajaran.

Grup PKM-UNS yang diketuai oleh Taufiq Arifin, S.E., M.Sc., Ph.D., Ak. serta beranggotakan Sutaryo, SE., M.Si., Ph.D., Ak., CA., CRA., CRP, Anni Aryani, Ph.D, Isna Putri Rahmawati, M.Si dan An Nurrahmawati M.Si. menggelar kegiatan tersebut dengan topik Peningkatan Kapabilitas Pengelolaan Keuangan BLUD Puskesmas Kabupaten Karanganyar.

Purwanti membahas terkait pentingnya peningkatan pelayanan kesehatan melalui pengelolaan BLUD.

“Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama di mana menjadi rujukan pertama bagi masyarakat yang sakit. Oleh karena itu, puskesmas harus menjadi BLUD yang fleksibel dalam pola pengelolaan keuangannya”, tegas Purwanti.

Taufiq Arifin dalam sambutannya menyampaikan bahwa BLUD yang dapat efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan kesehatannya akan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan, sehingga masyarakat yang sakit tidak harus dirujuk ke rumah sakit dengan berhasilnya pemberian pelayanan kesehatan promotif dan preventif.

Taufiq Arifin juga menambahkan bahwa untuk menjadi BLUD yang efektif dan efisien harus dapat meningkatkan kapabilitas pengelolaan keuangan BLUD.