18 Jul 2024

3 Dosen UNS Dampingi 170 Peserta dalam Pengelolaan dan Pelaporan Keuangan BLUD UPTD Puskesmas di Kabupaten Wonogiri

Tim Program Kemitraan Masyarakat Universitas Sebelas Maret (PKM-UNS) PKM-UNS yang diketuai oleh Prof. Dr. E. Muhtar, S.Pd., M.Si., CFrA. serta beranggotakan Sutaryo, SE., M.Si., Ph.D., Ak., CA., CRA., CRP. dan Dr. Jaka Winarna, M.Si., Ak. telah melaksanakan PKM-UNS dengan judul “Pendampingan Pengelolaan dan Pelaporan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah Pusat Kesehatan Masyarakat di Kabupaten Wonogiri”.

PKM-UNS tersebut diadakan di Hotel Griya Persada Kaliurang, Senin (6/5) dan diikuti oleh 170 peserta perwakilan dari 34 puskesmas di Kawasan Kabupaten Wonogiri serta dihadiri pula oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri.

Sutaryo pada saat membuka acara tersebut menyampaikan bahwa pentingnya pengelolaan dan pelaporan keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas.

“Dengan pengelolaan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas di Kawasan Kabupaten Wonogiri menggunakan pola BLUD, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan memberikan dampak positif kepada APBD karena pola BLUD memberikan flesibilitas kepada UPTD Puskesmas dalam mengelola keuangan secara mandiri”, ujar Sutaryo.

dr. Setyarini, M.Kes. selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri juga menyampaikan bahwa UPTD Puskesmas yang menerapkan pola Pengelolaan Keuangan BLUD dapat meningkatkan pelayanan dari instansi Pemerintah Daerah kepada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Oleh karena itu, dalam rangka menerapkan pola pengelolaan keuangan BLUD, maka  pengelolaan dan pelaporan keuangan BLUD perlu adanya pendampingan oleh tenaga ahli.