Visi

Menjadi program Magister Akuntansi yang unggul di tingkat nasional dan internasional.  

 

Misi

    1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas di bidang akuntansi yang menuntut pengembangan diri dosen dan kemandirian mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap dengan menjunjung tinggi etika;
    2. Menyelenggarakan penelitian ilmiah dan terapan yang berkualitas dalam bidang akuntansi danmendiseminasihasil-hasil penelitian pada tingkat nasional dan internasional; dan 
    3. Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dengan berorientasi pada pemberdayaan segenap lapisan masyarakat, dunia usaha dan pemerintahan dalam bidang akuntansi.

     

Semester 1

  • Auditing
  • Akuntansi Manajemen
  • Akuntansi & Pelaporan Keuangan
  • Manajemen Keuangan

Semester 2

  • Statistik untuk Pengolahan Data Kuantitatif
  • Teori Akuntansi
  • Metodologi Penelitian Akuntansi dan Bisnis
  • Sistem Pengendalian Manajemen

Semester 3

  • Kapita selekta IFRS
  • Etika Bisnis dan Profesi Akuntan
  • Metodologi Penelitian Kualitatif
  • Riset Bidang Akuntansi Manajemen
  • Sistem Informasi Akuntansi
  • Pemeriksaan Pajak
  • Ekonomi Islam
  • Perbankan Syariah
  • Akuntansi Syariah
  • Analisis Investasi dan Portfolio Syariah
  • Teori Akuntansi Syariah
  • Analisis Laporan Keuangan
  • Teori Portofolio dan Analisis Investasi
  • Manajemen Strategik
  • Akuntansi Keperilakuan
  • Akuntansi Sektor Publik
  • Sistem Akuntansi Pemerintahan
  • Audit Keuangan Negara
  • Governance dan Sistem Pengelolaan Keuangan Negara
  • Akuntansi Kependidikan
  • Akuntansi Forensik & Fraud Auditing

Semester 2/3 

Seminar dan Ujian Proposal

Semester 3/4

  • Seminar Kemajuan Riset dan Naskah Publikasi
  • Seminar Hasil Riset & Karya Publikasi
  • Ujian Tesis

Dosen S2 Akuntansi 

1.Prof.Dr.Bambang Sutopo, M.Com, Ak. 

2.Drs.Muhammad Agung Prabowo, M.Si., Ph.D., Ak. 

3.Prof.Drs.Djoko Suhardjanto, M.Com(Hons)., Ph.D., Ak. 

4.Prof.Dr.Rahmawati, M.Si., Ak. 

5.Dr.Djuminah, M.Si., Ak. 

6.Prof.Drs.Hasan Fauzi, MBA., Ph.D., Ak 

7.Dr.Payamta, M.Si., Ak., CPA., CPI 

8.Dra.Y Anni Aryani, M.Prof.Acc., Ph.D., Ak. 

9.Agung Nur Probohudono, S.E., M.Si., Ph.D., Ak 

10.Dr.Muthmainah, M.Si., Ak. 

11.Ari Kuncara Widagdo, S.E., MBA.,Ph.D.,Ak. 

12.Dr.Falikhatun, M.Si., Ak 

13.Dr.Bandi., M.Si., Ak. 

14.Doddy Setiawan,S.E., M.Si., IMRI., Ph.D.,Ak. 

15.Dr.Evi Gantyowati, M.Si., Ak. 

16.Dr.Mulyanto, M.E. 

17.Prof.Dr.Salamah Wahyuni, SU 

Keunggulan

  1. Akreditasi A
    Program Studi Magister Akuntansi terakreditasi A dengan SK dari BAN-PT Nomor: 343/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2015 tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi Program Studi Pada Program Magister, Program Studi Magister Akuntansi FEB UNS terakreditasi dengan peringkat A (nilai 364), berlaku sejak 9 Mei 2015 sampai 9 Mei 2020 dan berlaku sampai 5 tahun.
  2. Dosen Pengajar
    Saat ini Program Studi Magister Akuntansi memiliki tenaga Pengajar yang bergelar Guru besar 4 dan 15 bergelar Doktor dari Akuntansi ditambah dengan tenaga pengajar lintas program studi di fakultas Ekonomi dan bisnis yang bergelar Guru besar maupun Doktor.
  3. Kelas Kerjasama atau Beasiswa
    Prodi S-2 Akuntansi FEB Universitas Sebelas Maret telah banyak menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga dalam negeri telah menyalurkan berbagai macam beasiswa, di antaranya: Beasiswa STAR-SDP (2007), STAR_BPKP (2013,2014,2015), Beasiswa Unggulan BKLN-DIKTI, Beasiswa BPPS, Beasiswa Unggulan untuk para guru SMU & SMK, dan Beasiswa Institusi serta Kelas Kerjasama PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan kedepannya ada kelas kerjasama dengan instansi lain akan bertambah.
  4. Double Degree
    Program Studi S-2 Akuntansi telah mengembangkan program dual degree dengan Universitas di luar negeri. Pada tahap awal telah terjalin kerja sama dengan School of Business Curtin University – Australia. Mahasiswa menempuh studi selama 2 semester di Prodi S-2 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret dan 2 semester di Curtin University. Ke depan, bentuk kerja sama ini akan ditingkatkan lagi.
  5. Exchange Program dengan Perguruan Tinggi mitra Luar negeri
    Saat ini yang terlaksana dalam Exchange Program dengan mengirimkan mahasiwa ke Universiti Malaysia Sarawak dan begitu sebaliknya.
  6. Riset Kolaborasi dengan Perguruan tinggi mitra di Luar Negeri
    Saat ini sudah terlaksana Riset Kolaborasi dengan peneliti dari Universitas mitra di luar negeri dan begitu sebaliknya.

Kerjasama

Program Studi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Universitas Sebelas Maret telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dengan menyediakan beasiswa, di antaranya: Beasiswa STAR-SDP (2007), STAR BPKP (2013, 2014, 2015), Beasiswa Unggulan BKLN-DIKTI, Beasiswa BPPS, Beasiswa Unggulan untuk para guru SMU & SMK, dan Beasiswa Institusi.  

Selain itu, Program Magister Akuntansi telah mencoba mengembangkan programdual degreedengan Universitas di luar negeri. Pada tahap awal telah terjalin kerja sama dengan Curtin University, Australia dan Twenty University, Belanda . Pada semester pertama, mahasiswa menempuh kuliah di Magister Akuntansi FEB UNS, semester ke-2 dan ke-3 mahasiswa menempuh kuliah di Curtin University, dan pada semester ke-4, mahasiswa  menyelesaikan  studinya di Magister Akuntansi FEB UNS. Akhirnya mahasiswa akan dapat memperolehdouble degree(M.Si/MAk & M.Prof. Adv. Acc)  dan dua ijazah dari kedua universitas tersebut di atas. Kerjasama lain yaitu adanya Kerjasama Beasiswa PT.KAI (2018) dimana  karyawan PT.KAI menempuh pendidikan di Prodi Magister Akuntansi. Dengan demikian pada akhirnya ke depan, bentuk kerja sama ini akan ditingkatkan lagi. 

Fasilitas: 

Untuk mendukung penyelenggaraan program pendidikan dan pengajaran, pembimbingan, penelitian, dan pemanfaatan hasil penelitian untuk keperluan masyarakat, Prodi Magister Akuntansi FEB Universitas Sebelas Maret telah menyediakan sarana dan prasarana serta manajemen infrastruktur sebagai berikut:

  1. Peralatan Ruang Kuliah

Program Magister Akuntansi adalah program S-2 yang dikelola di bawah naungan FEB Universitas Sebelas Maret. Saat ini, sarana dan prasarana perkuliahan menggunakan Gedung IV (Gedung Pascasarjana) FEB Universitas Sebelas Maret, dengan jumlah ruangan kuliah yang didukung oleh laboratorium komputer, sarana LCD, AC,  ruang sidang ujian, ruang aula, sehingga peralatan kuliah memadahi untuk proses pembelajaran. Di samping itu, tersedia meja kursi untuk mahasiswa dan dosen serta di setiap ruang kuliah dilengkapi dengan papan tulis beserta alat tulis dan penghapus, LCD, OHP beserta layar, jam dinding, dan air conditioner (AC). Selain itu, di ruang kuliah yang luas (aula) disediakan peralatan sound system yang memadai untuk memberikan kenyamanan kepada mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

  1. Peralatan Kantor

Untuk menunjang pelaksanaan tugas-tugas dalam pengelolaan, setiap ruang kantor baik untuk pengelola (pimpinan) dan staf administratif difasilitasi dengan peralatan kantor yang memadai. Peralatan yang tersedia di setiap ruang kantor, meliputi: meja, kursi, komputer, printer, lemari arsip, AC, telepon, faksimile, dan jam dinding. Ruang pimpinan juga difasilitasi meja kursi tamu, meja kursi untuk rapat, dan faksimili.

  1. Bahan Pustaka dan Sarana Lainnya

Perpustakaan merupakan salah satu fasilitas utama yang disediakan. Koleksi perpustakaan tersebut, antara lain: buku teks, jurnal ilmiah, tesis, dan majalah serta koran di bidang bisnis. Di samping itu, disediakan juga publikasi dari lembaga-lembaga yang relevan dengan bidang bisnis, seperti publikasi dari Bank Indonesia dan publikasi dari Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dari waktu ke waktu koleksi perpustakaan diperbaharui untuk menyesuaikan dengan perkembangan ilmu dan praktik bisnis dan manajemen. Fasilitas lain yang juga disediakan adalah akses internet bagi mahasiswa. Selain  bahan pustaka di Perpustakaan Pusat Universitas Sebelas Maret. Perpustakaan Pusat juga menyediakan fasilitas CD Room yang bermanfaat untuk menunjang kebutuhan mahasiswa atas artikel-artikel ilmiah di bidang bisnis.

  1. Peralatan Laboratorium

Laboratorium (lab) yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa adalah lab. komputer yang dimiliki oleh FEB Universitas Sebelas Maret yang berada di Lantai II Gedung IV  & Gedung V FEB Universitas Sebelas Maret. Lab. ini bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan akademik mahasiswa. Jumlah komputer yang tersedia di lab. tersebut kurang lebih 200 unit PC dan akan terus diperbaharui baik dari jumlah serta kualitasnya.\ beberapa fasilitas seperti: Internet dan free hotspot area, Fasilitas pendukung penyelenggaraan program pendidikan dan pengajaran, perpustakaan daan berbagai  Jurnal elektronik yang lengkap baik jurnal internasional maupun  nasional, fasilitas kantin, fasilitas kesehatan, fasilitas ibadah, dan lain sebagainya.

Lulusan Program Magister Akuntansi akan mendapatkan ijazah dari UNS, dengan kualifikasi unggul, yang menjamin bahwa lulusannya mampu menerapkan pengetahuannya di bidang akuntansi, dan keuangan yang banyak diperlukan pada saat ini. Lulusan kami dapat bekerja di berbagai lembaga seperti: instansi pemerintahan, baik pusat dan pemerintah daerah, Badan Pemeriksa Keuangan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), auditor internal (APIP) yang bekerja di kantor inspektorat daerah kabupaten/Kota/kementerian/ lembaga negara, pegawai kantor pajak, Otoritas Jasa Keuangan,di lingkungan perusahaan swasta, BUMN, perusahaan multinasional, lembaga keuangan dan perbankan, kantor akuntan publik, sebagai konsultan bidang akuntansi keuangan, yang bergabung dalam Kantor Jasa akuntansi (KJA), dan Konsultan pajak, dosen akuntansi, guru akuntansi SMK Kejuruan,dan birokrat, regulator bidang akuntansi, keuangan di asosiasi profesi Akuntansi (IAI dan IAPI), konsultan pendamping di berbagai lembaga Badan layanan Umum (BLU/BLUD), pendamping pengelolaan desa. 

Akreditasi Prodi Magister Akuntansi telah mendapat SK dari BAN-PT Nomor: 343/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2015  tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi Program Studi Pada Program Magister, Program Studi Magister Akuntansi FEB UNS terakreditasi dengan peringkat A (nilai 364), berlaku sejak 9 Mei 2015 sampai 9 Mei 2020 dan berlaku sampai 5 tahun 

 

Sebagian besar lulusan Magister Akuntansi FEB Universitas Sebelas Maret bekerja di institusi pemerintahan (sektor publik), seperti di Inspektorat Jenderal, Inspektorat Daerah, BPKP, BPK, Pemerintah Daerah, sebagai tenaga Dosen Akuntansi, Guru akuntansi, auditor di Kantor Akuntan Publik, Internal Auditor diberbagai perusahaan, dan lain-lain. Telah terbentuk jaringan alumni dan menghimpun alumninya. 

  • Anggita Langgeng Wijaya, S.E., M.Si., Ak sebagai Kaprodi Akuntansi Universitas PGRI Madiun 
  • Sasongko, S.E., M.Si., Ak sebagai Ketua KPU Kota Madiun 
  • Hermawan Rudhianto, S.E., M.Si sebagai Kepala Sub Keuangan Kantor Pusat UNS  

Ketua Program Magister Akuntansi

Ari Kuncara Widagdo S.E., M.B.A., PH.D.,AK

Admisi: Priyo Widodo, SE

Email: maksi@unit.uns.ac.id