19 Jun 2024

Guest Lecture Human Resource Management: Current Issues and Theoretical Development in HRM

Sumber daya manusia (SDM) merupakan aset yang sangat penting bagi organisasi maupun perusahaan. Sejalan dengan peran penting SDM dalam sebuah organisasi, manajemen sumber daya manusia (HRM) menjadi cabang ilmu pengetahuan yang akan terus berkembang seiring dengan perkembangan dinamika hubungan dalam organisasi dan bisnis.

Prodi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Guest Lecture Human Resource Management II, dengan topik Current Issues and Theoretical Development in HRM, 18 Mei 2024.  Di kegiatan itu, prodi menghadirkan dosen tamu dari Universiti Putra Malaysia, Assoc. Prof. Dr. Zuraina Dato’ Mansor.

Dr. Zuraina menyampaikan bahwa diskusi terkait perkembangan manajemen SDM dirasa penting agar organisasi dan perusahaan dapat memahami tuntutan dari generasi saat ini.

“Sangatlah penting bagi perusahaan dan organisasi untuk dapat mengatur pegawai-nya. Topik hari ini sangat penting untuk dibahas karena permintaan ataupun tuntutan dari pegawai dapat berubah seiring berkembangnya zaman, sehingga perusahaan atau pemberi kerja perlu memprediksi perubahan ini,” jelasnya.

Selain membahas mengenai perkembangan dalam topik manajemen SDM, Dr. Zuraina juga menjelaskan mengenai perbedaan antara teori manajemen SDM tradisional dan kontemporer. Menurut beliau kedua pendekatan tersebut masih relevan dan penting, karena terkadang untuk menghadapi kasus tertentu perusahaan menemukan bahwa pendekatan tradisional lebih cocok untuk diterapkan.

Terkait perkembangan AI (Artificial Intelligence), Dr. Zuraina berpendapat bahwa AI seharusnya menjadi alat bagi pegawai, bukan sebaliknya. Dalam hal inilah manajemen SDM akan terus berkembang dan diperbaharui sesuai perubahaan. Di Asia contohnya terdapat beberapa topik yang saat ini sering diangkat dalam riset seperti komitmen pegawai dan kepemimpinan.

“Kemudian bagaimana cara memilih teori SDM untuk melakukan riset? Mahasiswa dapat memilih teori berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dari penelitian yang akan dilaksanakan. Contohnya jika mahasiswa meneliti topik tentang bagaimana meningkatkan komitmen pegawai, maka mereka bisa menggunakan teori organisasi atau teori individual. Perlu diingat bahwa sebuah teori mungkin tidak akan mampu untuk menjawab semua tujuan penelitian yang diusulkan oleh peneliti,” jelas Dr. Zuraina terkait teori SDM.

Dihadapan lebih dari 100 mahasiswa S1 yang hadir, Dr. Zuraina juga menjawab berbagai pertanyaan yang disampaikan secara langsung maupun melalui fitur pesan teks.