25 Mei 2024

FMEI Tahun 2023 Diikuti 16 Perguruan Tinggi di Indonesia, Hasilkan 4 Poin Rekomendasi

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) yang dipimpin oleh Alvin Yusuf Akbar, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FEB menghadiri Kongres I Forum Mahasiswa Ekonomi Indonesia (FMEI) di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta pada pertengahan Mei 2023.

Ketua BEM FEB, Alvin menyampaikan FMEI merupakan sebuah forum mahasiswa yang diinisasi oleh enam BEM Fakultas Ekonomi di Indonesia yakni UGM, UNS,  Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Brawijaya (UNIBRAW).

“FMEI terbagi dalam 3 forum, Forum Ketua, Kajian Strategis dan Forum Eksternal. Forum Ketua membahas rancangan strategis arah gerak FMEI selama setahun, Kajian Strategis membahas kajian yang akan dijadikan poin rekomendasi, Forum Eksternal membahas branding dan ekspansi” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan yang diikuti 108 mahasiswa ekonomi dari 16 universitas juga dihadiri oleh Abdurohman, PhD, Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro, Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia (RI).

Dalam forum yang bertemakan “Menguji Sistem dan Kebijakan Fiskal Indonesia terhadap Ketidakpastian Ekonomi Global” tersebut mahasiswa membawa kajiannya masing-masing.

Dari setiap kajian tersebut didiskusikan kembali sehingga menghasilkan poin-poin rekomendasi untuk dapat diserahkan kepada stakeholder terkait.

Ada 4 rekomendasi yang diajukan mahasiswa di FMEI dan telah disetujui Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro, Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu RI.

Pertama, merekomendasikan percepatan pelaksanaan dan realisasi UU no 7/2021 pasal 13 terkait pajak karbon melalui penerbitan peraturan pelaksana. Kedua,  membuat tax treaty terkait pajak transaksi online lintas negara. Ketiga, mengevaluasi peraturan tax evasion di Indonesia. Dan keempat, merekomendasikan penurunan batas minimum nilai investasi pengajuan tax holiday untuk perusahaan ramah lingkungan.

Selain kongres, FMEI mengadakan fieldtrip ke desa binaan di Jetis, Kabupaten Sleman,  sentra kerajinan bambu.

Harapannya dengan kehadiran 108 mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia ke desa bisa meningkatkan pariwisata daerah tersebut dan juga Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).