24 Mei 2024

FEB UNS Dorong Mahasiswa Ikuti IISMA

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) bekerja sama dengan UPT Kerjasama dan International (KLI) UNS menggelar Sosialisasi IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards) pada Kamis 9 Februari 2023.

IISMA adalah skema beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia untuk membiayai mahasiswa Indonesia dalam program mobilitas satu semester di universitas terkemuka dan industri terkemuka di luar negeri. Beasiswa ini menawarkan dua skema untuk mahasiswa dan sarjana dan vokasi.

Pada program ini, mahasiswa yang terpilih dapat menghabiskan satu semester untuk belajar di luar negeri, mengembangkan komunikasi antar budaya dan keterampilan kepemimpinan. Selain itu mereka akan mendalami budaya negara tuan rumah, memperluas jaringan internasional dan melakukan tugas praktis untuk meningkatkan keterampilan.

Sosialisasi yang digelar secara daring itu diikuti oleh mahasiswa FEB dari empat program studi yang ada di FEB UNS, S1 Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan dan Bisnis Digital.

Prof. Dr. Izza Mafruhah, SE, M.Si., Wakil Dekan Akademik Riset dan Kemahasiswaan FEB UNS dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang tergabung di kegiatan ini, yang punya potensi dan keberminatan terhadap aktifitas IISMA.

Menurutnya, dengan ikut di IISMA, mahasiswa akan akan mendapatkan opportunity yang sangat banyak.

“Mahasiswa yang mengikuti IISMA akan menjadi kebanggaan bagi semuanya, bukan hanya mahasiswa tetapi juga kampusnya dan orangtuanya. Di IISMA, mahasiswa akan banyak mendapatkan pembelajaran dan pengalaman. Kalian akan mendapatkan bekal softskill, ketika  kalian selesai kuliah dan akan bekerja atau melanjutkan perkuliahan yang lebih tinggi pada level magister, saya yakin opportunity-nya akan menjadi sangat besar” ungkapnya.

Sementara itu, Rino Ardhian Nugroho, S.Sos., M.T.I. Ph. D, Kepala UPT KLI UNS menyampaikan bahwa IISMA di tahun 2023 ini adalah tahun ketiga.

Rino Ardhian Nugroho, Ph. D paparkan Program IISMA

Di tahun 2021, ada 4 mahasiswa FEB yang lolos seleksi IISMA yaitu Dian Cita Putri ke Universiti Kebangsaan Malaysia, Hanifah El Sandy ke University of Pisa Italy, Nabila Rania Dewi ke Hanyang University Korea dan Anastasia Kiranahita Santikajati ke University of Szeged Hungaria. Sedangkan di tahun 2022, Chaya Edita Anggraeni ke University of Warsaw Poland.

 “IISMA adalah salah satu program Dikti untuk mahasiswa yang sangat dibanggakan Mas Menteri.  Tentu program ini banyak positifnya, sebagai upaya meningkatkan keilmuan mahasiswa. Selain belajar ilmu baru, mahasiswa juga belajar bersaing secara global dengan mahasiswa di negara-negara lain. Kesempatan yang tidak akan didapat jika MBKM di dalam negeri, kesempatan menikmati hidup di luar negeri, percaya bahwa IISMA itu menyenangkan” paparnya

Lebih lanjut dikatakan mahasiswa akan diberikan beasiswa selama 1 semester . Selama mahasiswa di sana tidak boleh bekerja, harus kuliah penuh.

Dari KLI UNS akan membantu memfasilitasi dan membimbing mahasiswa agar peluang masuknya semakin  besar, misalnya dalam membuat esai dan pembimbingan lainnya.

Marieti Debyora Gardiana, S.Si., Subkoordinator Subbagian Tata Usaha UPT KLI menjelaskan secara teknis Program IISMA. Untuk mempersiapkan mahasiswa mengikuti IISMA, UPT KLI telah lebih awal mensosialisasikan IISMA. KLI membekali mahasiswa dalam hal penyusunan esai, pelatihan Bahasa Inggris, pendampingan wawancara, mendapatkan pengalaman dari para alumnus IISMA dan sebagainya.

Chaya Edita, alumni IISMA saat berbagi success story

Mahasiswa juga akan mengikuti screening internal di UNS dengan tujuan untuk memastikan bahwa yang mendaftar ditingkat pusat sudah memenuhi ketentuan.

Di kegiatan itu, juga dihadirkan 4 Mahasiswa alumni IISMA, Dian Cita, Nabila, Chaya Edita, dan Hanifah dengan success story-nya mengikuti IISMA.