27 Mei 2024

Dalam Rangka Peningkatan Pembelajaran Prodi Manajemen, FEB UMS Studi Banding ke FEB UNS

Program Studi (Prodi) S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menerima Kunjungan Tim Prodi Manajemen  Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Kamis 9 Februari 2023 di Ruang Sidang 1 Gedung Soeharno TS.

Rombongan disambut baik oleh Wakil Dekan Akademik Riset dan Akademik FEB UNS, Prof. Dr. Izza Mafruhah, SE, M.SI, Kepala Prodi S1 Manajemen,  Dr. Atmaji, MM dan beberapa Dosen Tim Task Force Reakreditasi Prodi S1 Manajemen, Dr. Sinto Sunaryo, S.E., M.Si., Sarwoto, S.E., M.Sc., dan Miftachul Ma’Arif, S.E.I., M.M.

Prof. Izza Mafruhah mengucapkan selamat datang kepada Tim Prodi Manajemen FEB UMS  dan berterima kasih atas kunjungannya ke FEB UNS .

Lebih lanjut disampaikan tiga Prodi S1 di FEB, Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan telah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Selain itu juga telah terakreditasi internasional Agency for Quality Assurance (AQAS) dan Asean University Network-Quality Assurance (AUN-QA) dengan status conditional. Atas status tersebut, ketiga Prodi S1 telah menyusulkan perbaikan-perbaikan atas beberapa aspek kepada AQAS dan melengkapi berbagai dokumen yang diperlukan.

Semoga AQAS dapat segera memproses seluruh tahap perbaikan tersebut, sehingga segera terbit sertifikat akreditasi untuk status yang unconditional.

Sementara itu, Imronudin, S.E., M.Si, Ph.D., Wakil Dekan III FEB UMS menyampaikan bahwa kunjungannya ke FEB UNS dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran Prodi Manajemen FEB UMS, baik kelas reguler dan juga kelas internasional.

“Kami dari Tim dari Prodi Manajemen bermaksud untuk mengkaji banding ke Prodi Manajemen FEB UNS terkait kelas reguler dan internasional,  akreditasi internasional dan juga pengelolaan kelas internasional. Karena kami melihat UNS sudah selangkah di depan kami”  terangnya.

Di awal sambutan,  Dr. Atmaji menyampaikan bahwa dalam bekerja sebagai Kaprodi S1 Manajemen sangat terbantu dengan adanya Tim Task Force, baik untuk persiapan reakreditasi, proses pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) maupun kelas internasional.

Dr. Atmaji juga menjelaskan garis besar penyusunan kurikulum di Prodi S1 Manajemen dan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Penyusunan kurikulum, terakhir pada tahun 2020 meskipun demikian dalam perjalanannya masih ada penyesuaian-penyesuaian.

“Terkait kurikulum, Prodi S1 Manajemen sudah menggunakan kurikulum MBKM. Dalam kurikulum ini, mengakomodasi mahasiswa yang tidak mengambil MBKM dan juga yang mengambil MBKM. Dan Alhamdulillah pada semester  kemarin, ada 70 mahasiswa Prodi S1 Manajemen yang mengikuti kegiatan MBKM, paling banyak se UNS. ” ungkapnya.

Dalam hal merekognisi atau menyetarakan 20 SKS bagi mahasiswa yang mengikuti MKBM, Prodi S1 Manajemen tidak mengalami kesulitan. Prodi juga sudah memiliki sistem yang bisa memantau secara harian aktifitas mahasiswa yang melakukan MBKM.

Dikatakan, kurikulum yang telah disusun, selain untuk kelas reguler juga dipakai untuk kelas internasional, hanya saja pada kelas internasional proses pembelajarannya menggunakan bahasa Inggris. Dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, kuota per kelas reguler diperkecil dari semula 40 mahasiswa menjadi 30 mahasiswa.

Disamping itu, dalam kurikulum mengakomodasi mahasiswa untuk minat studi, keuangan, SDM, pemasaran, dan operasi.

Saat mengambil MBKM, sebelumnya mahasiswa harus mengumpukan proposal dan dinilai tim untuk kelayakan rekognisinya. Rekognisi atau penyetaraan 20 SKS itu diambil dari minat MBKM yang dilakukan mahasiswa. Bagi mahasiswa yang telah selesai MBKM diarahkan untuk menulis tugas akhir dan tugas akhir itu kembali ke minat.

“Misalnya mahasiswa mengambil MBKM magang bidang keuangan, maka kami rekognisi 20 SKS dengan mata kuliah-matakuliah bidang keuangan, demikian juga untuk minat-minat lain yang diambil oleh mahasiswa” terangnya.

Lebih lanjut, dalam diskusi, Dr. Sinto dan Sarwoto, M.Sc menambahkan penjelasan terkait kelas internasional dan juga MBKM yang telah dilaksanakan Prodi S1 Manajemen.