19 Jun 2024

Donor Darah Peduli Sesama, Kali Kedua digelar di FEB  

Kali ke dua, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan UNS, Palang Merah Indonesia dan KSR UNS adakan kegiatan Donor Darah Peduli Sesama, Kamis 16 Mei 2024 di Aula Gedung Suhardi.

Di kegiatan kemanusiaan itu, peserta donor darah melakukan pendaftaran melalui googleform maupun on the spot.

Di antara sejumlah persyaratan bagi peserta yang akan melakukan donor darah diantaranya, usia minimal 17 tahun, sudah sarapan, tidak sedang minum obat selama 5 hari terakhir, jarak dengan donor darah terakhir minimal 2 bulan.

Setelah melalui tahapan pengecekan medis, 60 orang dinyatakan memenuhi persyaratan untuk mendonorkan darahnya, baik dari civitas academica UNS maupun masyarakat umum.

Dari sejumlah itu, tidak hanya dari pendonor yang telah rutin namun juga beberapa peserta terdapat pendonor pemula.

Dekan FEB UNS, Prof. Drs. Djoko Suhardjanto, M.Com. (Hons), Ak. dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggara kegiatan donor darah di FEB dan juga para pendonor yang telah sukarela mendonorkan darahnya.

“Terima kasih untuk terselenggaranya kegiatan ini dan juga kepada para pendonor. Kegiatan donor darah merupakan kegiatan kemanusiaan, setetes darah yang bisa bermanfaat bagi sesama” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan ada tiga manfaat yang bisa dipetik di kegiatan ini. Yang pertama bisa menolong sesama yang memerlukan; kedua bagi PMI, dengan kegiatan ini bisa menyumbang persediaan darah; dan yang ketiga bagi pendonor darah, regenerasi sel darah merah sehingga bisa menyehatkan badan.

Harapannya, kita kegiatan donor darah ini bisa dilakukan secara rutin sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

Senada dengan pernyataan Dekan FEB, Prof. Dr. Ir. Mohamad Harisudin, M.Si. Direktur Direktorat Kerjasama, Pengembangan dan Internasionalisasi UNS dalam sambutannya juga menegaskan acara ini adalah sangat mulia, sangat bermanfaat terutama bagi orang yang membutuhkan darah.

“Saya dapat merasakan betapa sulitnya orang yang benar-benar membutuhkan darah.  Kegiatan ini sangat mulia. Saya yakin dengan kita melakukan kegiatan ini, Allah senang, Allah sangat suka dengan kegiatan ini, menolong sesama” ungkapnya.

Prof. Harisudin juga berharap agar kegiatan secara konsisten bisa dilaksanakan sehingga insyaAllah akan menambah kebaikan bagi UNS dan masyarakat.

Usai pembukaan donor darah, Prof. Harisudin, Dekan, Wakil Dekan Sumber Daya Manusia (SDM), Keuangan dan Logistik berserta Dharma Wanita Persatuan UNS melakukan peninjauan ke ruang dilaksanakannya Donor Darah yang telah berlangsung sejak pukul 08.30 WIB.

Prof. Haris, Dr. Djuminah dan juga sejumlah Ibu-Ibu Dharma Wanita juga turut menyumbangkan darahnya di kegiatan donor darah yang berlangsung dari pagi hingga siang.