19 Jun 2024

Kolaborasi dengan KAFEB UNS, BEM FEB Adakan Latihan Keterampilan Manajerial Mahasiswa Tingkat Dasar

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) berkolaborasi dengan Keluarga Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (KAFEB) UNS gelar Latihan Keterampilan Manajerial Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-D) di Aula Gedung Suhardi FEB UNS, 18 – 19 Mei 2024.

LKMM-D merupakan program kerja BEM yang di tahun ini menghadirkan R. Andiona Boedisoejoto, Ketua Harian KAFEB UNS, alumni FEB UNS tahun 1983.

Kegiatan yang mengusung tema 7 Habits Book Review: Unleash The Leader, Shape The Future diikuti oleh Mahasiswa FEB UNS yang juga aktif terlibat di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) /Organisasi kemahasiswaan di FEB.

Dihadapan lebih dari 50 mahasiswa, Andiona mengupas tuntas 7 kebiasaan efektif menurut buku The 7 Habits of Highly Effective People dengan implementasi secara langsung.

Kebiasaan efektif yang dipaparkan itu yakni be proactive,  mengambil inisiatif dan bertanggung jawab atas tindakan dan keputusan pribadi; begin with the end in mind, menetapkan tujuan yang jelas dan merencanakan langkah-langkah untuk mencapainya; put first things first, memprioritaskan tugas- tugas penting daripada yang mendesak, fokus pada hal-hal yang benar-benar penting; think win-win, mencari solusi yang menguntungkan semua pihak dalam setiap interaksi dan negosiasi; seek first to understand, then to be understood, mendengarkan dengan empati sebelum menyampaikan pandangan atau pendapat sendiri; synergize, bekerjasama dengan orang lain untuk mencapai hasil yang lebih baik daripada bekerja sendiri-sendiri; sharpen the saw, melakukan perawatan diri secara berkelanjutan dalam aspek fisik, mental, emosional, dan spiritual untuk menjaga efektivitas pribadi.

Ketujuh kebiasaan ini dirancang untuk membantu individu mengembangkan karakter yang kuat, membangun hubungan yang efektif, dan mencapai tujuan hidup yang lebih baik.

Ketua pelaksana kegiatan, Sania Arava Azhar menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya LKMM-D X KAFEB UNS 2024 adalah agar peserta memiliki pengetahuan dasar tentang bagaimana menerapkan dan mengembangkan kebiasaan kepemimpinan yang efektif. Peserta juga diharapkan mampu menjadi organisator yang bijaksana dalam menanggapi permasalahan di organisasi.

Di kegiatan itu, juga hadir Dr. Dwi Prasetyani, S. E., M. Si., Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan serta Jati Haryanto,  Ketua Yayasan Dharma Bekti KAFEB UNS untuk memberikan sambutan dan arahan kepada peserta.

Di kegiatan itu juga diadakan pre-test dan post-test untuk seluruh peserta dan game implementasi secara langsung.

Setelah mengupas tuntas tujuh kebiasaan efektif, kegiatan LKMM-D X KAFEB UNS 2024 diakhiri dengan awarding bagi peserta terbaik dan kelompok terbaik kemudian terdapat sesi penyerahan vandel dan kenang-kenangan dari ketua pelaksana kepada pembicara.