19 Mei 2024

Alumni Gathering “Sosialisasi Ke Smp Muhammadiyah 1 Surakarta dengan Tema Adaptasi Pendidikan Menengah Di Era Disrupsi Teknologi”

Generasi millennial sangat erat kaitannya dengan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. dimana revolusi ini menitikberatkan pola digitalisasi dan otomasi disemua aspek kehidupan manusia. Banyak pihak yang belum menyadari akan adanya perubahan tersebut terutama pada bidang pendidikan. Dimana pendidikan memiliki tiga peran utama yakni sebagai agen konservatif (agent of conservation), agen inovatif (agent of innovation), dan agen perubahan (agent of change).

Pendidikan merupakan suatu sistem yang terdiri atas komponen-komponen yang saling terkait secara fungsional bagi tercapainya pendidikan yang berkualitas. Terdapat empat komponen utama dalam pendidikan, yaitu: SDM, pendanaan, sarana, prasarana, dan kebijakan. Dalam kegiatan ini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta berupaya untuk memberikan penyuluhan sekaligus pelatihan tentang pentingnya memahami konsep pendidikan di era perubahan yang sangat cepat dengan adanya teknologi. Sehingga dapat memberikan gambaran pada seluruh civitas akademik di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta khususnya siswa-siswi, supaya dapat memberikan peran yang positif di era RI 4.0 dan Society 5.0. Dengan kegiatan gathering alumni tersebut memberikan suatu wadah bagi alumni FEB UNS untuk tetap menjalin hubungan kemitraan dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS untuk melaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dimana terdapat Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat terlaksana dengan baik. Sehingga capaian utama bekerjasama dengan alumni dapat memberikan peluang bagi seluruh civitas akademika khususnya mahasiswa dapat mengembangkan keilmuan dibidangnya masing-masing.