03 Sep 2021

FEB UNS Adakan Simulasi Perkuliahan Hybrid

Sejumlah mahasiswa dari Program Studi S-1 Manajemen semester 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengikuti kuliah Pengantar Ekonomi Makro yang diampu oleh Prof. Dr. Izza Mafruhah, SE, M.Si secara luring di Ruang 2.203 Gedung 1  dan beberapa mahasiswa lainnya mengikuti secara daring di rumah masing-masing, Jumat 3 September 2021.

Perkuliahan secara hybrid, menggabungkan dua metode pembelajaran luring dan daring itu merupakan simulasi awal yang dilakukan FEB untuk mempersiapkan Perkuliahan Tatap Muka (PTM) yang secara bertahap akan mulai dilakukan oleh UNS. Di tahap awal, UNS akan  menggelar PTM bagi mahasiswa semester 1 dan diutamakan bagi warga Solo Raya dan sudah mendapatkan vaksin.

Mahasiswa terlihat semangat dan antusias mengikuti simulasi perkuliahan hybrid yang berlangsung selama 2 jam, baik yang berada di ruang kelas maupun yang mengikuti secara daring di rumah.

“Mahasiswa yang mengikuti kuliah luring saat ini sementara baru dari Solo Raya, ada yang dari Wonogiri, Sukoharjo, Klaten dan juga Solo. Dengan seperti ini, ada nilai plusnya, dosen bisa menjelaskan secara detil apalagi untuk matakuliah yang ada hitung-hitungannya seperti yang saya ampu, kalau menggunakan zoom masih ada kesulitan” kata Prof. Izza usai mengajar.

Menurutnya, memang perlu sekali dipersiapkan peralatan dan petugas teknis yang mendukung pelaksanaan perkuliahan hybrid ini sehingga peserta yang ada diruang kelas dan yang ada dirumah bisa terhubung, dapat jelas menerima apa yang disampaikan dosen pengampu, demikian juga diskusi kelas dapat berjalan dengan lancar.

Prof. Izza berharap agar universitas segera memberikan fasilitas vaksin kepada mahasiswa baru agar mahasiswa yang mengikuti perkuliahan merasa aman.

Sementara itu, Andreansyah Saputra, mahasiswa S1 Manajemen mengatakan, metode perkuliahan seperti ini sangat baik diterapkan. Mahasiswa dapat memahami dengan jelas materi yang disampaikan dosen.

“Kami sebagai mahasiswa merasa nyaman mengikuti perkuliahan dengan tetap menjaga protokol kesehatan di kampus dan juga di dalam kelas” ungkapnya singkat. (Humas FEB)