23 Mei 2024

Sambut Mahasiswa Baru, Prodi S-2 Akuntansi Undang Pembicara dari Curtin University Australia,

Prodi S-2 Akuntansi FEB UNS menyelenggarakan webinar dengan tema ”A Scientif Writing Journey Begins: Understanding Current Issue In Accounting Research” dan menghadirkan Dr. Yuni Yuningsih dari Curtin University Australia.

Kegiatan yang diselenggarakan secara hybrid pada Rabu, 28 Februari 2024 ini dilaksanakan dalam rangka menyambut 14 mahasiswa baru Prodi S-2 Akuntansi FEB UNS.

Selain menjadi media paparan internasionalisasi bagi mahasiswa, webinar juga diharapkan membuka pemahaman mahasiswa mengenai bagaimana memulai menulis dan memilih topik penelitian.

Pemilihan pembicara ini selaras dengan upaya Prodi S-2 Akuntansi FEB UNS untuk memberikan international exposure kepada mahasiswanya sedini mungkin. Mahasiswa diharapkan agar lebih mengenal penulisan publikasi sedini mungkin.

Dr. Wahyu Widarjo, Kepala Program Studi S-2 Akuntansi diawal sambutannya memperkenalkan kepada mahasiswa baru  beberapa kepala Prodi S-2 Akuntansi sebelum akhirnya ia menjabat. Juga memperkenalkan beberapa stakeholder yang ada di Prodi S-2 Akuntansi.

Lebih lanjut Dr. Wahyu menunjukkan kurikulum dan mendeskripsikan bagaimana kurikulum baru Prodi S-2 Akuntansi menawarkan kemampuan waiver beberapa mata kuliah dalam kurikulum kepada beberapa mata uji sertifikasi CA dan CPA. Ia juga menekankan pentingnya keselarasan pemilihan mata kuliah penjurusan dengan tema tesis yang diambil.

Kaprodi juga menjelaskan Peraturan Rektor no 23 tahun 2020 pasal 31 pada bagian capaian pembelajaran untuk menekankan pentingnya menyelesaikan perkuliahan tepat waktu dan prasayarat publikasi bagi mahasiswa untuk bisa lulus.

” Setiap mahasiswa memiliki setidaknya satu karya ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional atau nasional terakreditasi minimal sinta 2. Selain itu, mahasiswa Prodi S-2 Akuntansi juga diwajibkan memiliki karya ilmiah di prosiding internasional maupun nasional. Hal ini menjadi syarat wajib pendaftaran ujian tesis sebelum menyelesaikan perkuliahan di Prodi S-2 Akuntansi” jelasnya.

Sementara itu, pada paparan materinya, Dr. Yuningsih memberikan gambaran pemilihan isu terkini penelitian akuntansi dengan menekankan bahwa riset di bidang akuntansi perlu berevolusi dan mengikuti tren kontemporer yang ada di bidang teknologi, lingkungan, dan bidang keilmuan lainnya.

Khusus untuk topik lingkungan, topik ini telah menjadi tren terutama di Asia Pasific, salah satunya mengenai Net Zero atau pengurangan emisi pada berbagai entitas bisnis. Hal ini juga menjadi concern bagi penulis di bidang akuntansi karena akuntansi menyediakan tools untuk memahami tidak hanya kondisi keuangan, tapi juga kondisi sosial dan lingkungan.

Ia juga menekankan pentingnya pemahaman mengenai lingkungan ini di latar belakangi dari perubahan iklim yang juga meningkatkan resiko keuangan. Di Australia, tren penelitian ini juga menjamur dan telah diimplementasikan misalnya di perusahaan AMPOL dan VIVA ENERGY AUSTRALIA.

Selain menunjukkan beberapa tren topik penelitian terkini di bidang akuntansi, Dr. Yuningsih juga memberikan penekanan untuk tidak berputus asa dalam pembuatan artikel ilmiah.

”Artikel ilmiah yang disubmit akan membutuhkan banyak waktu dan upaya untuk di-publish. Akan tetapi mahasiswa perlu mengingat bahwa semua peneliti mengalami hal tersebut. Jangan menyerah, healing dan take a little break jika mengalami kebuntuan” tuturnya menyemangati.

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi, beberapa mahasiswa baru dan mahasiswa lama Prodi S-2 Akuntansi yang mengikuti acara melalui zoom berpartisipasi aktif dalam memberikan pertanyaan.