04 Mar 2024

PDIE Diskusikan Pentingnya Renstra Prodi

Program Doktor Ilmu Ekonomi (PDIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar Workshop “Pentingnya Renstra Prodi”, Jumat 29 September 2023 di Aula Konimex Gedung Bachtiar Effendi Lantai 3 PDIE FEB UNS.

Keberadaan RENSTRA merupakan kebutuhan pokok bagi organisasi termasuk di dunia pendidikan. Pada perguruan tinggi, termasuk di dalamnya pada level PRODI, dokumen perencanaan yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai dijelaskan melalui rencana strategi yakni sebagai dasar dalam mengambil keputusan organisasi.

Dalam Renstra digambarkan tujuan, sasaran, kebijakan, program dan kegiatan dengan memperhitungkan perkembangan strategis yang merupakan proses berkelanjutan dari pembuatan keputusan.

Tujuan penyusunan Renstra yakni 1) sebagai acuan dalam mengoperasionalkan rencana kegiatan pembangunan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, 2) Tersedianya instrumen yang dapat digunakan oleh pimpinan untuk mengarahkan personil dan mengalokasikan seluruh sumber daya yang ada secara optimal untuk pencapaian tujuan, 3) Tersedianya instrumen awal untuk dijadikan pengukuran pencapaian kinerja yang akan digunakan oleh pihak-pihak dalam rangka menilai dan mengevaluasi kinerja, 4) Menjamin tersedianya rencana program berbasis kinerja yang berorientasi pada pelayanan umum secara terukur, dan 5) Memudahkan penyusunan dan penyampaian laporan kinerja yang terukur.

Workshop yang diikuti oleh Dosen FEB, mahasiswa PDIE, serta peserta umum menghadirkan narasumber yang kompeten yakni Prof. Dr. Tri Widyastuti, S.E., Ak., M.M., Guru Besar Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Kepala Program Studi PDIE, Prof. Dr. Rahmawati, M.Si., Ak. Dalam sambutannya menyampaikan, dengan diselenggarakannya kegiatan workshop ini diharapkan keberadaan dan penyusunan Renstra Prodi dapat optimal mendukung tujuan Prodi seluruh peserta workshop, terutama PDIE FEB UNS.

“Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kualitas RENSTRA, terutama RENSTRA pada PDIE FEB UNS. Dengan adanya peningkatan kualitas RENSTRA PRODI diharapkan semakin meningkatkan kualitas PRODI secara keseluruhan di berbagai  bidang” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, tindak lanjut dari kegiatan workshop ini adalah dengan melakukan diskusi teknis antara narasumber dengan peserta workshop yang utamanya terdiri dari dosen dan  mahasiswa PDIE FEB UNS. Harapannya, pemahaman mengenai pentingnya RENSTRA PRODI serta implementasi dari workshop ini dapat ditingkatkan.