18 Jul 2024

Kolaborasi Mahasiswa FEB dan KAFEB UNS, Kurban 5 Ekor Kambing dan 4 Ekor Domba di Wonosari Klaten

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) berhasil mengadakan kegiatan kurban di Musholla desa Tegalgondo, Kecamatan Wonosari, Klaten, senin, 17 Juni 2024.

Jumlah hewan yang dikurbankan berjumlah sembilan ekor yang merupakan kontribusi dari mahasiswa FEB dan Alumni FEB yang bergabung dalam KAFEB UNS.

Kegiatan yang diinisiasi Badan Pengkajian dan Pengamalan Islam (BPPI) FEB UNS ini menjadi ajang silaturahmi dan wujud nyata kolaborasi BPPI dengan seluruh Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) di FEB UNS, tak terkecuali Kajian Ekonomi Islam (KEI) yang menjadi partner utama dalam kegiatan kurban ini.

Muhammad Ali Almahdi selaku ketua pelaksana kegiatan Kolaborasi Kurban FEB menuturkan bahwa kegiatan kurban ini menjadi wujud amal kolaboratif masyarakat FEB dalam meraih keridhaan Allah subhaanahu wa ta’ala dan bentuk keterbukaan BPPI dengan segala bentuk kolaborasi aktif dengan seluruh ormawa di FEB UNS.

“Alhamdulillah untuk kurban FEB tahun ini sebanyak 9 ekor yang terdiri dari 5 ekor kambing dan 4 ekor domba. Semoga ini menjadi wujud silaturahmi BPPI dengan seluruh ormawa dan KAFEB UNS agar semakin kolaboratif,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Ketua BPPI yang juga merupakan Steering Committee kegiatan tersebut, Fathir Fikro menuturkan bahwa ini merupakan suatu bukti bahwa masyarakat FEB semakin aktif dalam kegiatan berbasis ruhani.

Ia menuturkan bahwa kurban tahun ini mengalami kemajuan karena mayoritas yang berkurban adalah mahasiswa FEB sendiri, bukan dari pihak lain.

“Kita bisa lihat bahwa dari 9 hewan kurban yang diamanahkan, 5 hewan merupakan kontribusi dari mahasiswa FEB sendiri yang mungkin saja sudah mempersiapkan sarana finansial untuk berkurban bersama kami. Padahal di tahun-tahun sebelumnya semua hewan kurban berasal dari alumni. ini merupakan satu kemajuan yang baik di mana hal ini belum pernah terjadi dalam sejarah BPPI berdiri sejauh yang saya ketahui,” tuturnya.

Kegiatan kurban yang diselenggarakan tahun ini juga terwujud melalui kolaborasi bersama antara KEI dan KAFEB.

Ketua KEI, Luqyanna Danisya menuturkan bahwa ini kali pertama bagi dirinya mengikuti kegiatan Kurban di FEB.

“Kurban ini merupakan kurban di rantauan pertama bagi saya. Mengikuti kegiatan ini menambah banyak pengalaman baru bagi saya, membuka peluang saya untuk berkenalan dan terjun ke masyarakat, dan menambah kebahagiaan di tengah padatnya kegiatan Ujian Akhir Semester (UAS) di kampus. Saya harap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan terus menebar manfaat.” Katanya.

Tak lupa, kegiatan ini terlaksana secara baik dengan dukungan dari KAFEB UNS yang ikut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan ini.