21 Mei 2024

Grup Riset Monetary and Fiscal Studies Dampingi Petani Desa Japeledok, Buat Pupuk Mandiri

Kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan tugas yang menjadi kewajiban dosen dalam rangka Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Untuk menunaikan salah satu tri dharma tersebut dilaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan kepedulian dalam hal menyumbangkan pikirannya bagi kemajuan masyarakat.

Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Ekonomi Pembangunan dan Grup Riset “Monetary and Fiscal Studies” Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) memberikan pendampingan pembuatan pupuk secara mandiri di Desa Japeledok, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang.

Kegiatan terlaksana pada tanggal 27 April 2023 yang bertempat di Balai Desa Japeledok, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang.

Kegiatan yang diketuai oleh Dr. Tetuko Rawidyo Putro, S.E., M.Si, selaku ketua pelaksana Tim Pengabdian Masyarakat Grup Riset “Monetary and Fiscal Studies”  tersebut bertujuan untuk mendukung terbentuknya keahlian masyarakat agar dapat menciptakan pupuk secara mandiri, efektif dan efisien.

“Petani di Desa Japeledok sangat perlu untuk menghasilkan produk pupuk secara mandiri agar hasilnya bisa maksimal” ungkapnya.

Menurutnya, terdapat permasalahan yang dimiliki oleh petani yaitu kurang efektif dan efisiennya pupuk yang ditawarkan di pasar yang berdampak pada kurang maksimalnya hasil dari pertanian pada Desa Japeledok. Untuk itu, tim perlu secara intensif memberikan pendampingan kepada para petani.

Ahmad Ariq, Ketua Karang Taruna Desa Japeledok menyampaikan terimakasih kepada para tim pelaksana yang telah membantu para petani untuk dapat menghasilkan produk pupuk secara mandiri.

Dengan adanya pendampingan tersebut maka hasil dari pertanian di Desa Japeledok akan lebih efektif dan efisien.