02 Des 2022

FEB UNS Sambut Mahasiswa Baru Pascasarjana

Mahasiswa baru pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)  Universitas Sebelas Maret (UNS),  baik S2 maupun S3 harus memiliki komitmen untuk berproses menjadi output yang terbaik.

Pernyataan itu disampaikan  Prof . Dr. Izza Mafruhah, SE, M.Si,  Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan FEB UNS saat mewakili sambutan Dekan di Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa baru (PKKMB), Jumat 12 Maret 2021.

Prof. Izza yakin, mahasiswa baru Pascasarjana FEB yang jumlahnya lebih dari 90 orang itu, dari Program Studi (Prodi) Magister Akuntansi, Magister Manajemen, Magister Ekonomi dan Studi Pembangunan dan Program Doktor Ilmu Ekonomi merupakan mahasiswa terbaik.

Prof . Dr. Izza Mafruhah, Saat Memberikan Sambutan

“Harapan kami,  kita bisa berjalan sinergi, inputnya luar biasa,  karena sudah melalui seleksi Tes Potensi Akademik,  tes bidang, bahasa inggris dan wawancara. Dalam proses pembelajaran pun kita berikan yang terbaik, kita memiliki SDM yang unggul, tenaga pengajar bergelar doktor dan profesor. Dan dari aspek fasilitas, laboratorium dan kerjasama juga kita siapkan. Namun,  itu semua tidak akan ada artinya jika mahasiswa tidak belajar keras” tegasnya .

Dikatakannya, secara teknis dan non teknis harus siap. Kuliah S2 dan S3 bukan lagi masalah  kompetensi tapi kaitannya dengan waktu, motivasi, pekerjaan yang selama ini sudah dilakukan. Proses yang disediakan di internal di FEB tidak cukup, mahasiswa juga harus  ikut berproses. Untuk mahasiswa PDIE, target kelulusan  3 tahun atau 4 tahun sedangkan bagi S2 harapannya lulus 1,5 tahun hingga 2 tahun, jangan sampai lebih karena akan merugikan baik dari mahasiswa maupun kampus.

Hal penting lain yang cukup berat bagi mahasiswa pascasarjana adalah  saat mengerjakan tesis dan disertasi serta syarat-syarat pendukungya. Dalam hal ini, para kaprodi telah menyiapkan untuk membantu para mahasiswa, dengan memberikan pembimbing tesis atau disertasi yang kompeten. Harapannya mahasiswa dapat lulus tepat waktu.

Di acara PKKMB itu,  juga disampaikan arahan dari Wakil Dekan Sumber Daya Manusia, Keuangan  dan Logistik, Wakil Dekan Perencanaan, Kerjasama Bisnis dan Informasi, serta Sub Koordinator Akademik.

Di sesi akhir, para mahasiswa memasuki ruang zoom di prodi masing-masing untuk mendapatkan pengarahan langsung dari para kaprodi, baik tentang kurikulum, aturan akademik dan strategi belajar agar bisa lulus tepat waktu. (Humas FEB)