16 Jun 2021

FEB UNS Adakan Training of Trainer Kewirausahaan

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar Training of Trainer Kewirausahaan secara daring, Sabtu 5 Juni 2021.

Kegiatan yang diikuti khusus oleh Dosen Pengampu Mata Kuliah Kewirausahaan FEB UNS itu menghadirkan narasumber Prof. Nurul Indarti, Sivilikonom, Cand Merc, Ph.D dari FEB UGM.

Pembahasan materi dengan topik Model Bisnis dan Pembelajaran Kewirausahaan diawali dengan melihat kembali pola pembelajaran kewirausahaan sebelumnya, melihat beberapa inovasi yang dilakukan perusahaan.  Selanjutnya masuk ke materi konsep model bisnis, pola model bisnis dan inovasi model bisnis.

Prof. Dr. Izza Mafruhah, SE., M,Si., Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan FEB UNS dalam sambutan awalnya menyampaikan, FEB UNS telah memiliki tiga model pelatihan yang diberikan kepada mahasiswa yaitu AMT (Achievement Motivation Training), Business Motivation Training (BMT) dan Pre Job Training (PJT).

“BMT atau kewirausahaan sebagai salah satu model pelatihan perlu adanya pembaharuan. Model BMT sebelumnya masih menggunakan pola yang lama padahal kewirausahaan saat ini berjalan dengan sangat cepat, ada keterbaruan yang luar biasa.  Hal inilah yang mendorong kami  untuk mengadakan acara ini” ungkapnya.

Selanjutnya disampaikan, para dosen muda yang telah mendapatkan pelatihan diharapkan  menjadi instruktur, membantu fakultas dengan model-model kewirausahaan yang terbarukan mendorong mahasiswa untuk menjadi wirausaha muda.   Hasil dari pelatihan kepada mahasiswa, salah satunya adalah mahasiswa mampu menyusun bisnis plan.

Untuk pendampingan mahasiswa, FEB juga akan bekerja sama dengan Direktorat Inovasi dan Hilirisasi  UNS.

Dari hasil pelatihan ini, fakultas akan melakukan revisi terhadap modul kewirausahaan  yang sudah dimiliki  sebelumnya. Direncanakan di awal bulan Juli akan ada pelatihan bagi mahasiswa.

Kegiatan Training of Trainer Kewirausahaan ini merupakan titik awal yang akan berkesinambungan dengan aktifitas-aktifitas lainnya. Hasil akhirnya adalah Indikator Kinerja Utama (IKU)  tercapai dan aktifitas kewirausahaan dapat dilakukan mahasiswa  hingga lulus kuliah. (Humas FEB)