17 Nov 2022

Adakan Workshop Mastering the Art of Research Article Publication in Ranked Journal, Prodi S1 Manajemen Hadirkan Dr. Chandana Hewege

Prodi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali hadirkan Visiting Professor sebagai bagian dari Rangkaian kegiatan Visiting Profesor Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2022.

Dr. Chandana Hewege dari Swinburne Business School, Australia menjadi narasumber dalam agenda daring melalui Zoom Cloud Meeting yang dilaksanakan Kamis 17 November 2022 tersebut. Workshop ini membahas secara mendalam tentang penerbitan artikel riset pada jurnal bereputasi.

Mengawali paparan materi, Dr. Hewege memberikan motivasi penting kepada peserta yang hadir.

“Saat menghadapi ‘rejection’ dalam proses penerbitan artikel ilmiah, jangan berputus asa. Kegagalan ini adalah hal yang umum terjadi dalam proses publikasi artikel ilmiah, terlebih jika kita menargetkan artikel kita untuk terpublikasi di jurnal bereputasi,” ungkap Dr. Hewege.

Menurut Dr. Hewege, riset adalah kegiatan yang menarik, namun tentunya ada juga akademisi yang kurang tertarik dalam melakukan kegiatan penelitian. Meskipun begitu, untuk mengembangkan karir akademik yang baik, tentu seorang akademisi dan dosen perlu menyeimbangkan berbagai kegiatan.

“Dalam kesempatan ini materi yang akan saya sampaikan adalah pengalaman saya dalam berbagai proses publikasi. Semoga materi tersebut dan diskusi yang akan berlangsung dapat memberikan dorongan dan motivasi bagi seluruh peserta yang hadir,” harap Dr. Hewege.

Paparan materi yang disampaikan mencakup beberapa poin, antara lain proses publikasi, pemilihan outlet publikasi, pentingnya special issues journal, memahami editor jurnal, memahami kualitas artikel yang baik, cara lolos dari desk review, serta tips-tips untuk memperbaiki kualitas artikel.

Terkait pemilihan outlet, Dr. Hewege menyarankan agar penulis berhati-hati terhadap jurnal-jurnal predator.

Menutup paparan materi, Dr. Hewege membagikan tips esensial dalam proses publikasi artikel riset.  Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab bersama peserta workshop.