19 Jun 2024

6 Mahasiswa FEB Akan Ikuti Short Course di Osaka University  

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) akan mengirimkan 6 mahasiswa Kelas Internasional untuk mengikuti short course di Osaka University Jepang, 10- 20 Juni 2024 mendatang.

Ke enam mahasiswa tersebut yakni Alya Faiza, Andika Satria Ramadhan, Rachmadilla Putri Heryanto dan Salsabila Azka Maharani Sasongko dari Program Studi S-1 Ekonomi Pembanguman serta dua mahasiswa dari Prodi S-1 Akuntansi, M. Hisyam Asadul dan Sandi Bima.

Seremoni pelepasan keenam mahasiswa digelar di UNS Inn, Senin 3 Juni 2024.

Selain keenam mahasiswa kelas internasional, hadir juga dalam seremoni itu, Prof. Irwan Trinugroho, S.E., M.Sc,.Ph.D, Wakil Rektor Perencanaan, Kerjasama Bisnis dan Informasi UNS, Kepala Program Studi di FEB, dan juga Dr. Jaka Aminata S.E., M.A, Kaprodi IE Departemen Ilmu Ekonomi FEB Universitas Diponegoro.

Bhimo Rizky Samudro, Ph.D. di awal sambutannya menyampaikan selamat datang kepada seluruh tamu undangan pada seremoni yang spesial yaitu pelepasan mahasiswa Kelas Internasional FEB UNS untuk mengikuti short course ke Osaka University Jepang.

Lebih lanjut disampaikan, short course ini tidak hanya memberi kesempatan bagi mahasiswa FEB untuk kuliah di luar negeri, tapi juga membangun koneksi internasional dengan budaya global.

“Ini adalah kesempatan emas bagi mahasiswa program Kelas internasional Ekonomi Pembangunan dan Akuntansi untuk membangun koneksi dan mempelajari budaya unik di Osaka Jepang University” ungkapnya.

Bhimo menyampaikan terima kasih kepada Osaka University yang telah memperpanjang kolaborasi dengan FEB UNS.

Terima kasih juga disampaikan kepada Dr. Jaka Aminata yang turut membantu dalam short course ini.

Ia berharap keenam mahasiswa dapat mengikuti short course dengan bahagia selama program dan juga perjalanan, baik akademik dan non-akademik.

“Kami yakin program ini akan bermanfaat bagi mahasiswa dan universitas di masa yang akan datang” tutupnya.

Sementara itu Dr. Jaka Aminata S.E., M.A. menekankan agar mahasiswa serius menjalani short course.

“Mas dan Mbak harus serius, karena kalau tidak serius, maka akan menjadi merepotkan bagi mahasiswa dan juga universitas, karena kita semua membawa nama UNS, sehingga kita harus menjaga nama baik UNS” nasihatnya.

Dijelaskan, mahasiswa dari FEB UNS akan bergabung dengan mahasiswa yang ada di Osaka University Jepang dan akan ada tiga mata kuliah yang harus diikuti yakni Research Method , Evaluasi Project dan Sustainable Development Goals.

“Jadi kalian akan mengikuti tiga mata kuliah, tiga ujian, mungkin ujian take home, untuk mata kuliahnya disampaikan selama dua hari penuh, setelah itu ada ujian, jangan panik jangan takut, enjoy. Jadilah mahasiswa profesional” katanya menyemangati.

Prof. Irwan dalam sambutannya mengatakan short course akan menjadi pengalaman belajar di luar negeri bagi mahasiswa kelas internasional. Ke depan UNS akan mendorong, tidak hanya short course tapi juga kredit transfer selama satu semester di perguruan tinggi partner di luar negeri.

“Selamat jalan, Kalian akan belajar di lintas negara, akan berinteraksi dengan teman-teman dari Jepang. Selama 10 hari, manfaatkan ini menjadi pengalaman cross cultural, belajar budaya di luar negeri. Di sana juga Kalian bisa berdiskusi mengenai bagaimana perguruan tinggi me-manage lulusannya, lalu bisa disampaikan ke prodi. Pesan saya, semangat, Kalian akan dapat ilmu dan pengalaman banyak, dapat teman, jaga nama baik UNS” tuturnya.

Di akhir sambutannya, Prof. Irwan juga menyampaikan selamat kepada Prodi S-1 Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan yang akan mengirimkan mahasiswanya untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar negeri.