16 Agu 2022

Visiting Lecture

Unit Pelaksana Teknis (UPT) UNS Press secara resmi menerbitkan program digital book (e-book), Kamis (27/2), di Auditorium UNS. Ebook yang diterbitkan UNS Press bisa dinikmati melalui android atau iOS dengan harga Rp5,- per lembar.

Kepala UPT UNS Press Bambang Prawiro mengungkapkan, peluncuran ebook dilakukan guna menyikapi peralihan teknologi dari era hard copy ke era soft copy atau digital. Selain itu, upaya ini sekaligus demi menyelamatkan buku-buku kuno.

“E-book menjadi salah satu program perguruan tinggi (PT) yang belum semua memilikinya. Nanti, dosen, mahasiswa, dan masyarakat bisa mengakses produk UNS Press melalui android atau iOS,” kata Bambang Prawiro.

Untuk mengakses e-book UNS Press, pengguna bisa mengunduh dan mendaftar terlebih dahulu aplikasi Moco. Selama satu bulan pertama, UNS Press menggratiskan masyarakat untuk mengunduh semua e-book koleksi UNS Press. Saat ini ada sekitar 16 judul buku dari total 436 judul yang sudah ke terformat dalam bentuk digital. Sisanya, akan digitalisasi secara bertahap.

Pada kesempatan yang sama, CEO PT Woolu Aksara Maya Jakarta Sulasmo, mengungkapkan, program e-book UNS Press yang diakses melalui aplikasi Moco diharapkan bisa meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat. Moco didesain menjadi social media. Dengan Moco, selain membaca e- book, pengguna bisa berinteraksi dengan pengguna lain. “Ini akan mengubah konsep membaca selama ini,” kata Sulasmo.

Selain menerbitkan e-book, UNS Press juga meluncurkan program digital printing. Program ini direalisasikan menyusul modernisasi mesin-mesin percetakan senilai total Rp4 milyar. Dana tersebut digunakan untuk modernisasi mesin, meliputi: digital printing, bending, laminator, rekam, mesin susun, trapping, dan shrink atau sampul plastik.

UNS Press dalam pengembangan program digital printing dan e-book ini melibatkan beberapa mitra lain, di antaranya: PT Astra Graphia Tbk Jakarta, PT Woolu Aksara Maya Jakarta, PT Adi Pura Yogyakarta, PT Pulau Lampuan Solo, PT Indo Pustaka Sinergis Solo, dan CV Amani Solo.