21 Mei 2024

Stata, Salah Satu Program Analisis Data yang Populer

Stata adalah sebuah program statistik yang sangat lengkap dari segi kemampuan fungsi statistik, sehingga menjadikan stata sebagai salah satu program paling populer yang digunakan oleh peneliti-peneliti dari berbagai kalangan untuk pengolahan atau analisis data.

Secara umum, analisis data dengan stata meliputi tiga proses yakni memasukkan dataset ke memori, mengolah dataset dengan seperangkat perintah dan menyimpan atau menampilkan output.

Tastaftiyan Risfandy, Ph.D. dan Heni Wahyuni, Ph.D saat pemaparan materi

Pernyataan itu disampaikan Heni Wahyuni, S.E., M.Ec., Dev., Ph.D. dari UGM, salah satu pembicara Worskhop Pelatihan Stata untuk Analisis Data, Sabtu, 18 Januari 2020.

Di workshop itu, pembicara yang telah 21 tahun menjadi dosen berpesan kepada peserta untuk menggunakan stata yang original.

“Meskipun ada versi yang lebih tinggi, stata versi 11, 12 dan 13 sudah cukup untuk digunakan menganalisis data, yang penting original. Hati-hati menggunakan stata yang tidak original karena hasilnya sering tidak valid. Stata yang tidak original bisa untuk latihan, namun untuk riset sesungguhnya disarankan menggunakan stata yang original” tegasnya.

Lebih lanjut diterangkan, manual stata terintegrasi dengan software stata sehingga sangat mudah diakses jika diperlukan. Dictionary menempel pada softwarenya dan tidak perlu koneksi internet untuk mengaksesnya.

Di stata sebenarnya mahasiswa bisa belajar sendiri. Jika kesulitan, bisa langsung melihat ke menu “help”. Tidak perlu mengingat semua perintahnya, namun yang penting tahu triknya. Semakin sering berlatih stata, semakin mudah dalam menggunakannya.

Sementara itu, narasumber lain, Tastaftiyan Risfandy, S.E., M.Sc., Ph.D., Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret (FEB UNS), disesi kedua menjelaskan materi tentang regresi.

Usai paparan dari kedua narasumber, peserta langsung berdiskusi dan berlatih menganalisis data dengan menggunakan program stata.

Retno Tanding Suryandari, Ph.D., beri sambutan

Kegiatan yang dibuka oleh Retno Tanding Suryandari, SE, ME, Ph.D., Kepala Program Studi Magister Manajemen (MM) FEB UNS diikuti oleh mahasiswa MM dan Magister Akuntansi kelas kerjasama, dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan PT . Kereta Api Indonesia (KAI).