27 Mei 2024

Prodi MESP Adakan Workshop on Econometrics and Academic Writing

Program Studi Magister Ekonomi dan Studi Pembangunan (MESP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan Workshop Econometrics and Academic Writing, Kamis, 9 Maret 2023 secara daring.

Workshop yang diikuti oleh Mahasiswa dari program S1, S2, maupun S3 FEB UNS tersebut menghadirkan Prof. Dr. Tamat Sarmidi dan Assoc. Prof. Dr. Norlida Hanim Mohd Salleh dari Universiti Kebangsaan Malaysia.

Prof. Izza Mafruhah, Wakil Dekan Akademik Riset dan Kemahasiswaan FEB UNS

Membuka jalannya workshop, Prof. Dr. Izza Mafruhah, S.E, M.Si., Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan FEB UNS mengungkapkan rasa terima kasih kepada Prof. Tamat dan Prof Norlida atas kesediaannya untuk hadir secara daring dan berbagi ilmu dengan mahasiswa FEB UNS.

“Terima kasih kepada Dr. Evi Gravitiani dan juga seluruh mahasiswa yang telah meluangkan waktu dan berkenan hadir dalam workshop hari ini. Workshop diselenggarakan juga dalam rangka Dies Natalis UNS ke 47, kita membutuhkan pelatihan yang bersifat kuantitatif dan kualitatif untuk kemudian digunakan oleh mahasiswa dalam penyusunan tesis,” jelas Prof. Izza dalam sambutannya.

Prof. Dr. Tamat Sarmidi

Lebih lanjut Prof. Izza juga mengungkapkan bahwa sebelumnya MESP telah melaksanakan beberapa pelatihan statistik lain seperti workshop data mining menggunakan Orange yang diselenggarakan pada bulan Februari 2023. Sementara pada workshop kali ini, kedua pembicara akan membahas mengenai online survey dan limited dependent variable.

Assoc. Prof. Dr. Norlida Hanim Mohd Salleh

“Semoga acara hari ini kita dapat mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Kepada mahasiswa apabila ada pertanyaan yang hendak ditanyakan dapat langsung ditanyakan. Terima kasih kepada para Profesor yang telah bersedia membagikan ilmu kepada peserta yang hadir. Selamat mengikuti workshop semoga bermanfaat.” ungkapnya.

Pembicara pertama, Assoc. Prof. Norlida, menjelaskan mengenai peran teori dalam akademik writing. Academic writing harus mengikuti tata bahasa khusus. Teori yang digunakan perlu dicantumkan baik dalam skripsi maupun artikel ilmiah yang akan dipublikasikan.

“Salah satu aspek dalam academic writing adalah kerangka teori (theoretical framework), bagian ini menjelaskan atau mendeskripsikan teori yang mendasari munculnya sebuah masalah, yang kemudian menjadi fokus penelitian. Bagaimana menentukan teori dalam riset? Penulis perlu membaca banyak literatur riset. Terutama untuk tingkat S3 perlu menemukan adanya research gap, yang akan menjadi manfaat penelitian,” jelas Prof. Norlida.

Pada sesi kedua, Prof. Tamat Sarmidi menyampaikan materi tentang analisis statistik untuk variabel terikat yang terbatas (binary dependent variable). Dalam pembahasannya, Prof. Sarmidi menyampaikan empat uji statistik yang dapat digunakan dalam uji statistik dimana variabel terikat yang digunakan merupakan variabel binari (dummy). Keempat uji tersebut antara lain adalah probit, logit, multinomial logit, dan ordered probit model.

Di akhir pemaparan materi Prof. Tamat juga mendemonstrasikan tata cara penggunaan keempat uji statistik menggunakan STATA.