16 Agu 2022

Mahasiswa FEB Ikuti Pelatihan Effective Logistics Management

Sejumlah mahasiswa dari program studi S1 Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengikuti Pelatihan Effective Logistics Management, Kamis, 16 Juni 2022 di Ruang 2022 Gedung Djarwanto PS.

Pada pelatihan yang digelar hingga besok, Jumat 17 Juni 2022, praktisi dari Alfi Institute menyampaikan beberapa materi diantaranya Perdagangan Internasional, Incoterm 2020, Packaging, Customs Procedure (Prosedur Pabean Ekspor Impor), Pengangkutan Barang Internasional, Introduction to Logistics, Warehouse Management dan IT in Logistics.

Prof. Dr. Izza Mafruhah, SE, M.Si , Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan FEB UNS dalam sambutannya mengatakan pelatihan ini adalah semacam ekstrakurikuler untuk menambah keterampilan bagi mahasiswa khususnya dalam bidang Managemen Logistik. Setelah pelatihan, mahasiswa juga akan mendapatkan sertifikat untuk melengkapi Surat Keterangan Pendamping Ijazah.

Disampaikan juga, pelatihan ini adalah kali ketiga yang dilaksanakan FEB, yang pertama dilaksanakan dengan peserta para dosen, kedua dengan peserta dosen dan mahasiswa. Beberapa dosen FEB sudah ada yang tersertifikasi sehingga memungkinkan kegiatan ini untuk dikombinasikan.

“Pelatihan ini akan kita kembangkan lebih terstruktur sehingga paling tidak bisa mencapai sekitar 12 SKS,  sehingga bisa tercapai MBKM. Pelaksanaannya juga bukan hanya di kelas namun dengan studi lapangan” ungkapnya.

Menurutnya, ke depan perdagangan luar negeri adalah suatu keniscayaan yang harus kita siapkan dan harus kita ikuti. Perdagangan semakin global sehingga mahasiswa tidak cukup hanya berpegang pada teori yang diajarkan di kelas saja yang akan berbeda dengan implementasi yang ada di lapangan, pastinya akan ada kesenjangan. Itulah sebabnya praktisi kita libatkan dalam proses pembelajaran untuk membuka wawasan mahasiswa.

Di akhir sambutannya, Prof Izza berpesan kepada mahasiswa untuk mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh. FEB telah banyak memfasilitasi berbagai pelatihan untuk pengembangan skill mahasiswa dan peluang ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Reporter dan Editor: Humas FEB