23 Mei 2024

FEB UNS Latih Pembelajaran Daring untuk Dosen

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas (FEB UNS) telah menggelar Pelatihan Pembelajaran Online SPADA bagi dosen FEB UNS selama tiga hari pada tanggal 16, 19 dan 22 Juni 2020 di Ruang Laboratorium Komputer FEB UNS.

Pelaksanaan kegiatan tersebut dibagi sesuai program studi masing-masing agar lebih efektif dan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi, peserta bermasker dan tempat duduk berjarak.

Pembelajaran Online SPADA menghadirkan instruktur Ngadimin, S.Kom, M.Kom, Tenaga Kependidikan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran di Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNS.

Fungsi pembelajaran SPADA berdasarkan peraturan Rektor Universitas Sebelas Maret no 1 tahun 2020 tentang Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan yakni sebagai suplemen komplemen atau substitusi pembelajaran konvensional, sebagai inisiasi penyelenggaraan program materi terbuka, mata kuliah terbuka dan alih kredit terbuka serta sebagai pendukung penyelenggaraan program pembelajaran jarak jauh di perguruan tinggi.

Di kegiatan itu juga dikenalkan tentang Coursera dan edX oleh Dr. Agr. Sigit Prastowo, S.Pt, M.Si., dosen Fakultas Pertanian yang juga menjabat sebagai staf ahli Wakil Rektor Bidang Akademik UNS. Cousera dan edX adalah kursus yang berstandar internasional, banyak perguruan tinggi Amerika yang terlibat di sana. Ada 5000 seat untuk Coursera dan 5000 seat untuk edX yang belum dimanfaatkan. Dosen diharapkan dapat mendorong mahasiswa yang memiliki kecakapan lebih untuk mendaftarkan. Mahasiswa yang bisa ikut materi dalam kursus tersebut akan direkognisi menjadi pengganti matakuliah.

Dosen juga dilatih untuk membuat bahan ajar dengan power point oleh Tunggu Ardhi, S.Si., Kepala Bagian Tata Usaha FEB UNS. Dengan pemanfaatan power point. Dosen diharapkan memiliki kemampuan membuat bahan ajar berbasis video, membuat presentasi, membuat semua model animasi secara otomatis dan export file ppt menjadi file video. (Humas-FEB)

Editor: Drs. BRM. Bambang Irawan, M.Si.