22 Apr 2021

Bidang AKRIMA Adakan Evaluasi dan Monitoring Kerja Staf

Tipe karyawan  atau staf yang sangat diharapkan oleh sebuah organisasi adalah yang dalam menjalankan tugasnya tidak hanya memandang sebagai pekerjaan, namun lebih kepada bentuk pelayanan. Karyawan harus mampu membedakan antara pekerjaan dan pelayanan.

Jika seorang staf hanya memandang tugasnya sebagai pekerjaan,  maka akan timbul perasaan terbebani, underpressure, kecewa bila tidak ada yang berterima kasih, berhenti jika dikritik, merasa telah banyak berkorban dan layak mendapatkan upah, melakukan pekerjaan untuk diri sendiri, dan berorientasi pada kaya harta.

Lain halnya ketika dalam menjalankan tugasnya sebagai bentuk pelayanan, maka akan dijalani dengan suka cita, terus bekerja meskipun tidak dikenal siapapun, berlapang dada. Staf merasa belum cukup memberi dan terus ingin  melakukan lebih,  dan melakukan pekerjaan itu bukan hanya untuk dirinya sendiri tapi juga untuk orang lain dan Tuhannya .

Hal itu disampaikan Joko Siswanto, S.Pd, M.Si, General Manager PT Intan Pariwara saat memberikan motivasi dan semangat kerja kepada staf di Bagian Akademik, Riset dan Kemahasiswaan (AKRIMA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret,  Selasa 23 Maret 2021 di UNS Inn.

Staf Secara Berkelompok Ikuti Monitoring dan Evaluasi Kerja

Selanjutnya disampaikan, setiap staf di sebuah organisasi memiliki tipe yang bermacam-macam dalam menjalankan aktifitasnya, ada yang kontra, cuek, tidak fokus, egois, kurang cerdas, kurang beruntung, sedang berjuang, kurang maksimal, berhasil dan sukses.

Dalam hal ini, harus ada evaluasi dan pembinaan secara periodik yang dilakukan oleh pimpinan organisasi terhadap perilaku,  hasil kerja dan juga berupaya untuk meng-upgrade skill para staf. Selain itu, organisasi juga perlu memberikan penghargaan terhadap keberhasilan kerja yang dicapai oleh staf.

Kegiatan yang bertema Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi dan Monitoring Kinerja Sub Bagian AKRIMA diikuti oleh 26 peserta. Untuk memeriahkan suasana, sesekali diselingi “ice breaking” oleh pemateri.

Usai mengikuti paparan materi motivasi kerja, seluruh staf di Bagian AKRIMA melakukan diskusi kerja internal yang dipandu Wakil Dekan AKRIMA, Prof, Dr. Izza Mafruhah, SE, M.Si, Koordinator Tata Usaha, Tunggul Ardhi, S.Si. dan Sub Koordinator Akademik, Nur Hariawan, SH.

Masukan di Setiap Kelompok di Bahas dalam FGD

Pada diskusi tersebut, terbagi dalam beberapa kelompok kecil sesuai dengan jabatan dalam pekerjaannya. Berbagai program, masukan dan juga kendala yang dihadapi selama bekerja dibahas untuk memperbaiki kinerja ke depan yang lebih baik (Humas FEB).