FEB UNS Menerima Kunjungan PT Bank HSBC Indonesia dan Putera Sampoerna Foundation, Sosialisasikan Program HSBC Indonesia Business Case Competition 2025
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menerima kunjungan dari PT Bank HSBC Indonesia dan Putera Sampoerna Foundation dalam rangka Sosialisasi Program HSBC Indonesia Business Case Competition (BCC) 2025, Kamis 16 Januari 2025 di Ruang Fiscal Corner FEB UNS.
Di kunjungan ini, Tastaftiyan Risfandy, S.E., M.Sc., Ph.D, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FEB UNS menyampaikan bahwa pembelajaran berbasis case ini sangat penting bagi mahasiswa,
“Salah satu Key Performance Indicator (KPI) yang menjadi tugas kami di bidang 3 adalah mahasiswa berprestasi. Harapannya dari hasil diskusi ini mendapatkan insight. Keinginan yang kuat dari mahasiswa untuk berkompetisi masih perlu diasah” ungkapnya.
Ari Warokka, Ph.D., dari Universitas Negeri Jakarta, perwakilan PT Bank HSBC Indonesia memaparkan detil terkait program HSBC Indonesia BCC 2025.
HSBC Indonesia BCC merupakan kompetisi yang diikuti oleh mahasiswa, bersaing untuk memecahkan studi kasus bisnis yang kompleks. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Bank HSBC Indonesia dengan Putera Sampoerna Foundation.
Kompetisi bisnis ini diperuntukkan bagi mahasiswa S-1 dari perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Ada 24 universitas di Indonesia yang diundang untuk berpartisipasi dalam HSBC Project, termasuk UNS.
Tujuan utama dari Business Case Competition adalah untuk menemukan bakat bisnis terbaik di Indonesia dan mempersiapkan mereka untuk bersaing di tingkat internasional.
Selain itu, kompetisi ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada tim untuk memperbaiki presentasi mereka berdasarkan umpan balik dan memastikan hanya tim yang paling kompeten yang maju ke tahap berikutnya.
Lomba ini memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan bisnis dalam situasi nyata, meningkatkan keterampilan analisis, pemecahan masalah, kepemimpinan, dan presentasi, serta memperluas jaringan professional.
Dalam lomba ini, setiap universitas akan mengirimkan 2 tim, masing-masing terdiri dari 4 mahasiswa aktif dari fakultas bisnis atau ekonomi. Seleksi akan dilakukan secara online (melalui Zoom Meeting).
Berikut materi program HSBC Indonesia Business Case Competition 2025: [HSBC-Indonesia-BCC-2025.pdf”]