28 Oct 2019

Tim Dosen Manajemen FEB UNS Beri Pelatihan Panti Asuhan

Tim Dosen Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret (FEB UNS) memberikan pelatihan dan pendampingan di Panti Asuhan Syifa’ul Qolbi, Dusun Ngasinan, Desa Tugu, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karangnyar, Tengah sejak bulan April 2019 hingga November 2019.

Kegiatan yang diketuai oleh Risgiyanti,S.E.,M.Si, dan beranggotakan Ana Shohibul Manshur Al Ahmad, S.E.,M.Sc serta Dr. Intan Novela QA, M.Si. merupakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui skim Program Kemitraan Masyarakat PNBP 2019.

Risgiyanti,S.E.,M.Si dalam rilisnya menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat dan dilatarbelakangi oleh keinginan kuat panti asuhan untuk mandiri secara ekonomi namun belum tercapai secara optimal.

Disampaikannya, panti asuhan ini memiliki beberapa usaha salah satunya di bidang fashion. Selain menerima jasa jahit, panti asuhan ini juga memproduksi berbagai jenis pakaian sesuai dengan permintaan konsumen.

Usaha di bidang fashion memiliki potensi yang besar, menyadari hal ini panti asuhan juga memiliki cita-cita untuk mengembangkan usaha ini agar dapat menghasilkan berbagai jenis produk fashion dan memasarkannya secara luas.

Beberapa anak asuh di panti ini juga dibekali keterampilan menjahit melalui pelatihan yang di selenggarakan langsung oleh pengelola panti. Namun karena kurangnya karakter dan motivasi wirausaha menjadikan keterampilan menjahit pada anak-anak panti tidak menghasilkan added value bagi diri mereka sendiri.

Harapan pengurus panti agar nantinya keterampilan ini bisa dimanfaatkan ketika mereka sudah terjun ke masayarakat agaknya masih belum tercapai.

“Berdasarkan dua fenomena tersebut, maka tim pengabdian masyarakat prodi S1 Manajemen FEB UNS membuat beberapa program untuk peningkatan kemandirian ekonomi baik untuk panti asuhan itu sendiri maupun para anak asuhnya” katanya.

Beberapa program seperti pelatihan kewirausahaan, pelatihan desain dan pola, pelatihan manajemen bisnis, pelatihan e-marketing, pembuatan merek produk dan konsep pemasaran serta pendampingan usaha.

Pada pelatihan e-marketing, tim membantu peserta untuk mengenal sarana pemasaran online yang efektif seperti instagram, shoope, dan facebook.

Tim juga menfasilitasi pembuatan merek dagang dan logo yang menarik serta fasilitasi foto produk yang menarik agar program pemasaran menjadi efektif dan optimal.

Hasil dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah peningkatan motivasi dan karakter kewirausahaan peserta pelatihan, peningkatan keterampilan desain dan pola jahit, peningkatan pengetahuan manajemen bisnis, terciptanya merek, sarana pemasaran online serta dan peningkatan kualitas produksi.

Tim juga memberikan bantuan peralatan penunjang produksi untuk peningkatan efisiensi dan efektivitas berupa mesin obras empat benang, mesin jahit high speed, dan mesin jahit portable. Hasil dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah peningkatan motivasi dan karakter kewirausahaan peserta pelatihan, peningkatan keterampilan desain dan pola jahit, peningkatan pengetahuan manajemen bisnis, terciptanya merek, sarana pemasaran online serta dan peningkatan kualitas produksi.

Sumber: Risgiyanti,S.E.,M.Si,