27 Mei 2024

Prodi S1 Manajemen Undang Dr. Alexander Bauer Dalam Technical Assistance: Project-Based Learning Method

Program Studi (Prodi) S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret (FEB UNS) Surakarta kembali menghadirkan akademisi internasional dalam rangkaian kegiatan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2021, Senin (16/8/2021).

Acara yang di ikuti kalangan akademisi itu mengundang Dr. Alexander Christian Bauer dari Wittenborg University of Applied Science.

Mengawali paparan materi, Dr. Bauer menjelaskan definisi dari pembelajaran berbasis proyek atau Project-Based Learning (PBL), bentuk-bentuk penerapan PBL dalam proses belajar-mengajar di universitas, dan contoh-contoh PBL yang pernah beliau terapkan.

Secara umum, Dr. Bauer menjelaskan bahwa PBL adalah bentuk metode pembelajaran dimana mahasiswa didorong untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi dunia riil dan menemukan solusi untuk permasalahan tersebut.

Melalui metode tersebut mahasiswa diharuskan untuk melakukan riset mendalam untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan kompleks dan berkolaborasi dalam tim untuk menyelesaikan masalah serta menemukan solusi.

Metode PBL tidak lagi bergantung pada kuliah yang disampaikan oleh dosen, melainkan mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis melalui cerita atau permasalahan yang berhubungan dengan teori yang dipelajari mahasiswa. Selain itu kelebihan dari PBL antara lain adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menggunakan teknologi dalam proses penyelesaikan proyek, mengenalkan teknis ‘lifelong-learning’ kepada mahasiswa, mengenalkan mahasiswa pada permasalahan yang terjadi di dunia nyata, mengembangkan skill, kreatifitas, and imaginasi dari mahasiswa, serta memotivasi mahasiswa untuk lebih terlibat dalam proses pembelajaran aktif.

“Proyek mahasiswa membantu mereka untuk melakukan review terhadap materi kuliah yang telah mereka terima serta mempersiapkan mereka untuk materi selanjutnya,” ungkap Dr. Bauer.

Materi dilanjutkan dengan contoh-contoh project based learning yang diterapkan oleh Dr. Bauer, yang secara umum dapat dibagi menjadi dua kriteria. Proyek yang terintegrasi dalam mata kuliah dan proyek di luar mata kuliah. Setiap proyek yang dilaksanaan diawali dengan penyampaian informasi umum proyek yang berkaitan dengan kondisi bisnis dan permasalahan yang timbul, diikuti dengan pertanyaan penelitian proyek yang memiliki tingkat kesulitan sesuai dengan semester mahasiswa. Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut, mahasiswa harus melakukan riset/penelitian terhadap permasalahan yang terjadi.

Mahasiswa dibagi dalam kelompok kecil yang mencakup beberapa peran khusus seperti ketua tim, bagian penelitian, sekretaris, dan bagian keuangan. Tim yang telah terbentuk kemudian melaksanakan rangkaian proyek dengan didampingi oleh dosen mata kuliah terkait untuk memberikan saran dan masukan. Di akhir sesi, tim mahasiswa diharuskan membuat laporan akhir dan melakukan presentasi dari hasil kerja mahasiswa.

Acara yang dihadiri oleh lebih dari 30 peserta itu berlangsung interaktif dengan sesi tanya jawab antara dosen Prodi S1 Manajemen FEB UNS dengan Dr. Bauer.

Reporter: Aulia
Editor: Humas