30 Nov 2023

P4M Adakan Workshop Strategi Publikasi di Jurnal Internasional Bereputasi bagi Dosen di FEB UNS

Pusat Pengembangan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P4M) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar workshop, Selasa 21 November 2023 di Aula Konimex Gedung Bachtiar Effendi

Dalam kegiatan itu, P4M mengundang Prof. Fuad, M.Si., Ph.D untuk berbagi  tentang Strategi Publikasi di Jurnal Internasional Bereputasi bagi Dosen di FEB UNS.

Di awal materinya, Prof. Fuad menyampaikan untuk mencari ide penelitian baru, pilihlah bidang yang menarik lalu bacalah artikel penelitian terbaru di jurnal-jurnal ber-ranking tinggi (contoh: scopus), artikel kajian (contoh: journal of accounting literature), working paper terbaru (yaitu ssrn), artikel konferensi berkualitas tinggi terbaru (bafa; aaa; eaa), edisi spesial (sekarang dan akan datang), artikel dari lembaga akuntansi profesional serta tesis S3 terbaru di universitas ber-rangking tinggi

Lebih lanjut Prof. Fuad menjelaskan kriteria publikasi penelitian harus menarik perhatian dan memiliki relevansi yang tinggi dengan pembaca jurnal, juga harus menonjolkan signifikansi yang luar biasa, menunjukkan dampak yang besar pada bidang kajian terkait.

Selain itu, penelitian seharusnya memberikan kontribusi yang berarti pada literatur yang sudah ada di bidang tersebut. Harus menyajikan temuan dan kesimpulan yang belum pernah dipublikasikan atau belum diajukan.