Lebih dari 50 Startup Mahasiswa Ikuti Workshop dan FGD Peningkatan Bisnis Startup
Bisnis startup yang dikelola mahasiswa mempunyai peran penting bagi munculnya bisnis unggulan yang mempunyai daya inovasi tinggi. Oleh karena itu peran perguruan tinggi (PT) dalam mendukung perkembangan bisnis startup yang diinisiasi mahasiswa sangat penting bagi peningkatan pertumbuhan bisnis di Indonesia.
Masih sedikit sekali jumlah bisnis startup mahasiswa yang mampu mengembangkan usahanya sampai menjadi perusahaan dan menghasilkan penjualan yang secara ekonomi menguntungkan.
Pernyataan itu disampaikan Dr. Ahmad Ikhwan Setiawan S.E., M.T., ketua Riset Grup (RG) Pemasaran Keperilakuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) dalam sambutannya di acara Workshop dan FGD Peningkatan Bisnis Startup UNS, Kamis, 12 Desember 2024 di Solo.
Lebih lanjut, Dr. Ikhwan menyemangati mahasiswa untuk optimis dalam berwirausaha.
“Banyak sekali pelaku bisnis yang sukses karena mengawali usaha sejak dari mahasiswa. Dalam perjalanannya, mahasiswa yang berwirausaha memang terkadang ada kendala. Kami akan membersamai teman-teman, akan memberikan rekomendasi kepada stakeholder terkait usaha yang telah dibangun mahasiswa. Melalui upaya ini diharapkan terjadi percepatan startup mahasiswa dalam mencapai kinerja bisnis.” ungkapnya.
Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 50 startup mahasiswa itu merupakan rangkaian penelitian tim divisi startup dari konsorsium lima perguruan tinggi yaitu Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Universitas Pancasakti (UPANCA) Tegal, Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Sahid Surakarta dan Universitas Islam Negeri Raden Massaid Surakarta.
Peluang dan Tantangan Eksplorasi Bisnis Startup di Bidang Energi menjadi topik workshop dengan menghadirkan Dr Dina Nurul Fitria.,S.E.,M.T., Anggota Pemangku Kepentingan Unsur Konsumen Dewan Energi Nasional RI
Di kesempatan itu, hadir pula memberikan arahan, Dr. Dwi Prasetyani, S.E. M.Si, Direktur Alumni dan Kemahasiswaan UNS.
Usai workshop, Tim RG Pemasaran keperilakuan dan seluruh peserta melakukan FGD untuk dapat mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh startup mahasiswa. Faktor-faktor penting yang belum dijalankan dengan baik yang mengganggu pencapaian keberhasilan bisnis startup. Hal itu agar dapat menentukan rekomendasi untuk perbaikan manajemen bisnis dalam upaya mengidentifikasi faktor-faktor penentu keberhasilan bisnis startup.
Sebelumnya, workshop juga telah digelar di UII pada 13 November 2024 lalu untuk mengadakan kerja sama bagi peningkatan startup bagi mahasiswa di UNS melalui program riset dan pengabdian dan dihadiri oleh 25 startup binaan Inkubasi Bisnis dan Inovasi Bersama (IBISMA) UII.