
Dosen FEB UNS Ikuti Pelatihan Penyusunan Modul Pembelajaran Berbasis Kasus dan Proyek
Laboratorium Project Based Learning (PBL) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan Pelatihan Penyusunan Modul Pembelajaran Berbasis Kasus dan Proyek, Kamis 26 Juni 2025 di Laboratoriun PBL FEB UNS.
Kegiatan yang diikuti oleh 20 Dosen FEB menghadirkan narasumber Prof. Nurul Indarti, Sivilokonom., Cand.Merc., Ph.D.
Pelatihan ini dilaksanakan dalam 1 hari dengan materi Pengenalan Pembelajaran Berbasis Kasus dan Berbasis Projek, Desain dan Penyusunan Kasus, Mengembangkan Modul Pembelajaran Berbasis Kasus dan Berbasis Projek. Implementasi Pembelajaran Berbasis Kasus di Kelas. Menyesuaikan Pembelajaran Berbasis Kasus dengan Berbagai Disiplin Ilmu, serta Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Berbasis Kasus dan Berbasis Projek.
Prof. Tri Mulyaningsih, S.E., M.Si., Ph.D dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini dapat membekali dosen dengan teknik dan strategi pengajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di FEB.
“Kegiatan ini merupakan awalan untuk kegiatan yang kontinyu. Alhamdulillah dalam pelatihan ini antusiasme Teman-Teman Dosen cukup tinggi untuk mendapatkan wawasan apa sih sebenarnya pembelajaran berbasis kasus dan proyek. Kedepannya sebisa mungkin, untuk mata kuliah kita sendiri kita kembangkan, jika ada dosen yang mengampu bareng bisa bikin kasus atau proyeknya bareng, jadi tidak hanya berhenti di konsep” ungkapnya.
Prof. Tri berharap FEB punya modul pembelajaran berbasis kasus dan berbasis proyek. Dengan wawasan baru dari Prof. Nurul, ke depan pembelajaran di FEB semakin beragam untuk pencapaian CPL mahasiswa. Sehingga ketika mereka lulus, punya karir yang kita titipkan di masing-masing matakuliah.
Kepada feb.uns.ac.id, Ketua Laboratorium Project Based Learning, Siti Khoiriyah, S.E., M.Si menyampaikan, di kegiatan ini peserta memperoleh manfaat secara komprehensif dalam pengembangan bahan ajar melalui pendampingan langsung dari narasumber yang kompeten. Modul pembelajaran tersebut akan dapat digunakan dalam menunjang proses pembelajaran di kelas.
Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pengajaran di FEB UNS, dengan memberikan alat dan keterampilan kepada dosen dalam menyusun modul pembelajaran yang berbasis pada kasus dan projek, sehingga dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih aplikatif dan relevan bagi mahasiswa.