Pusat Pengembangan

enhancing students skill through extracurricular and other activities

Overview

Antisipasi terhadap tuntutan pasar memang harus senantiasa dilakukan. Permintaan terhadap tenaga profesional non¬gelar seperti tenaga ketatalaksanaan di berbagai instansi pemerintah maupun swasta dari tahun ke tahun semakin meningkat, maka mulai tahun 1998 dibuka pula kesempatan bagi para tamatan SMU untuk mengikuti kursus 1 (satu) tahun pada Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) FE-UNS. Hingga saat ini FEB UNS memiliki tiga pusat pengembangan di tingkat fakultas. Pusat-pusat pengembangan tersebut antara lain:

  1. PPA (Pusat Pengembangan Akuntansi)
  2. PPEP (Pusat Pengembangan Ekonomi Pembangunan)
  3. PPM (Pusat Pengembangan Manajemen)

PPA (Pusat Pengembangan Akuntansi)

PPA FEB UNS didirikan pada Didirikan 2 Januari 1998  berdasar Surat Keputusan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Nomor: 03/J27.1.12/KP/98. PPA FEB-UNS berlokasi di kampus Mesen dan menyelenggarakan kegiatan pada pagi hingga siang hari.

Visi: Mendukung visi dan misi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk menjadi fakultas yang unggul di tingkat nasional dan internasional

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu menguasai, menerapkan, mengembangkan dan memecahkan masalah bidang akuntansi, yang didukung dengan bidang terkait lainnya baik untuk organisasi bisnis maupun non bisnis dengan menjunjung tinggi etika dan mampu berinteraksi dengan lingkungan.
  2. Menghasilkan penelitian bidang akuntansi dan di bidang terkait lainnya yang berkualitas untuk memberikan kontribusi dalam memajukan bangsa.
  3. Menghasilkan program pengabdian kepada masyarakat yang mengembangkan hubungan kerjasama dengan segenap lapisan masyarakat, dunia usaha, dan pemerintahan.

Layanan PPA FEB UNS:

  • Pelatihan (Inhouse Training)
  • Pelatihan Auditor
  • Pendidikan Ahli Akuntansi dan Perpajakan Program Setahun
  • Kursus Perpajakan setara Brevet A dan B
  • Sertifikasi Tenaga Teknisi Akuntansi

PPEP (Pusat Pengembangan Ekonomi Pembangunan)

Guna melayani pengkajian maupun konsultasi di bidang ekonomi, mulai tahun 1999 telah pula dibuka Pusat Pengembangan Ekonomi Pembangunan (PPEP). PPEP dirancang mengkaji masalah-masalah ekonomi pembangunan dan perencanaan pembangunan baik dalam skala nasional maupun regional. Berbagai kegiatan yang pernah sedang dan sedang dilakukan oleh PPEP (bekerjasama dengan Pemda Surakarta) antara lain adalah : penyusunan Rencana Strategi Pembangunan (Renstra); Evaluasi dan Analisis Keadaan (EAK); penyusunan Program Pembangunan Daerah (propeda); pengkajian Potensi Pendapatan Asli Daerah (PADS); penyusunan Aplikasi Pedoman Standarisasi Belanja Rutin dan sebagainya. PPEP sebenarnya merupakan kelanjutan dari Pusat Pengkajian dan Pelatihan Ekonomi (P3E) yang struktur organisasinya di bawah FE-UNS.

PPM (Pusat Pengembangan Manajemen)

Untuk melayani konsultasi maupun penelitian di bidang manajemen baik untuk instansi pemerintah maupun swasta, pada tahun 2000 didirikan Pusat Pengembangan Manajemen (PPM). PPM bernaung di bawah Jurusan Manajemen. Lembaga ini sebenarnya telah ada pada tahun 1976 dengan Surat Keputusan Dekan tahun 1976, yang bernama Lembaga Manajemen FE-UNS sebagai mitra kerja Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi Indonesia (LM-FEUI). Kegiatan yang telah dilakukan antara lain adalah Penelitian masalah ekonomi, Penataran Pengusaha Golongan Ekonomi Lemah (PEGEL) bekerja sama dengan Departemen Perdagangan, Departemen Perindustrian dan Departemen Koperasi di Eks-Karesidenan Surakarta, serta Departemen Perindustrian dan Departemen Koperasi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Magelang. Sedangkan kegiatan yang telah dilakukan PPM FE-UNS antara lain Survei Solo Customer Satisfaction lndex (SCSI) 2003-2005 bekerjasama dengan Solopos, pelatihan UKM Binaan PT Angkasa Pura dan lain-lain.