S1 Manajemen

Overview
Tentang Kami
Belajar & Mengajar
Karier
Overview

 

Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti “seni melaksanakan dan mengatur.” Ilmu manajemen merupakan satu disiplin ilmu yang dibutuhkan oleh setiap untuk mencapai tujuannya masing-masing. Bidang ilmu ini pada umumnya dibagi menjadi empat bidang utama yaitu: manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen operasi dan manajemen sumber daya manusia.

Program studi manajemen Universitas Sebelas Maret memberikan kajian mendalam di semua bidang ilmu manajemen guna mencetak manajer-manajer handal yang mampu mengaplikasikan ilmunya untuk berkarya nyata di sektor swasta maupun pemerintahan. Secara ringkas kompetensi utama lulusan Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret adalah: “Menguasai konsep dan teknik analisis di bidang ilmu ekonomi dan manajemen

Keunggulan Program Studi S1 Manajemen:

  • Rata-rata waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan yang pertama kurang dari 3 bulan
  • Lulusan telah bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya
  • Terakreditasi A

Visi dari Program Studi S1 Manajemen 

Menjadi Program Studi Strata-1 Manajemen yang unggul di tingkat nasional dan internasional.

Misi dari Program Studi Manajemen 

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dalam bidang manajemen yang menuntut pengembangan diri dosen dan kemandirian mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, ketrampilan, sikap dan pemahaman kaidah kehidupan bermasyarakat. 
  • Menyelenggarakan penelitian ilmiah dan terapan yang berkualitas dalam bidang manajemen serta mendiseminasi hasil-hasil penelitian. 
  • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas untuk menunjang penerapan dan pengembangan ilmu manajemen serta berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.

Fakta Kuliah

Durasi

8 Semester

Daya Tampung

110

Jumlah Pendaftar Tahun Lalu

3.169

Mulai Perkuliahan

Agustus

Gelar Yang Diraih

Sarjana Ekonomi

 

Tentang Kami

batch_uns5

Keunggulan

Program Studi S1 Manajemen memberikan pengetahuan komprehensif tentang dunia bisnis dan kewirausahaan dengan mempertimbangkan masukan dari seluruh pemangku kepentingan. Masukan tersebut dijabarkan dalam susunan kurikulum yang ditawarkan. Tuntutan pengguna lulusan ditanggapi dengan menawarkan kurikulum yang selalu disesuaikan dengan keadaan kekinian dan untuk mempersempit kesenjangan antara dunia kuliah dan dunia kerja. Dari hasil survey terakhir waktu tunggu yang diperlukan lulusan Program Studi S1 Manajemen adalah 3.02 bulan. Yang membuktikan bahwa setelah lulus mahasiswa tidak menemui kendala dalam memperoleh pekerjaan.

 

Why Study Management?

Program Studi S1 Manajemen memberikan pengetahuan komprehensif tentang dunia bisnis dan kewirausahaan dengan mempertimbangkan masukan dari seluruh pemangku kepentingan. Masukan tersebut dijabarkan dalam susunan kurikulum yang ditawarkan. Tuntutan pengguna lulusan ditanggapi dengan menawarkan kurikulum yang selalu disesuaikan dengan keadaan kekinian dan untuk mempersempit kesenjangan antara dunia kuliah dan dunia kerja. Dari hasil survey terakhir waktu tunggu yang diperlukan lulusan Program Studi S1 Manajemen adalah 3.02 bulan. Yang membuktikan bahwa setelah lulus mahasiswa tidak menemui kendala dalam memperoleh pekerjaan.

 

Kurikulum

Semester 1

Bahasa Indonesia 

Bisnis Pengantar

Manajemen

Perilaku Organisasional

Matematika Bisnis

Ekonomi Makro Pengantar

Akuntansi Pengantar I

Semester 2

Pendidikan Agama 

Bahasa Inggris

Komunikasi Bisnis

Statistika Deskriptif

Hukum Bisnis

Ekonomi Mikro Pengantar

Akuntansi Pengantar II

Semester 3

Kewirausahaan

Manajemen Keuangan I

Manajemen Pemasaran I

Manajemen Sumberdaya Manusia I

Manajemen Operasi I

Statistika Induktif

Akuntansi Biaya

Mata Kuliah Pilihan

Semester 4

Pancasila

Metodologi Penelitian Manajemen

Manajemen Keuangan II

Manajemen Pemasaran II

Manajemen Sumberdaya Manusia II

Manajemen Operasi II

Sistem Informasi Manajemen

Mata Kuliah Pilihan

Semester 5

Penganggaran Perusahaan

Manajemen Strategik

Riset Operasi

Ekonomi Manajerial

Akuntansi Manajemen

Kegiatan Magang Mahasiswa

Mata Kuliah Pilihan

Mata Kuliah Pilihan

Semester 6

Praktik Manajemen I (Statistik Ekonomi)

Praktik Manajemen II (Keuangan)

Praktik Manajemen III (Metode Kuantitatif)

Manajemen Koperasi dan UKM

Manajemen Perbankan

Studi Kelayakan Bisnis

Perekonomian Indonesia

Kuliah Kerja Nyata

MK Pilihan Minat Studi 3

MK Seminar Pilihan Minat Studi

Semester 7

Ilmu Kealaman Dasar

Praktik Simulasi Manajerial

Seminar Proposal Skripsi

Pelatihan Kompetensi Manajerial

Pre Job Training

Semester 8

Pendidikan Kewarganegaraan

Skripsi

Pelatihan Simulasi Perbankan

Informasi selengkapnya mengenai matakuliah wajib, pilihan, dan SKS bisa dilihat di buku pedoman akademik.

 

Detail

Program Studi S1 Manajemen menawarkan program pendidikan berdasarkan kurikulum yang selalu disesuaikan dengang kebutuhan jaman. Kurikulum yang ditawarkan kepada mahasiswa dievaluasi secara berkala untuk menjamin keterkaitan antara materi yang disampaikan dengan perkembangan dunia kerja. Evaluasi kurikulum dilaksanakan dengan mengundang seluruh pemegang kepentingan di dunia pendidikan tinggi diantaranya pengguna lulusan, alumni, mahasiswa, dan dosen. Kurikulum tersebut disesuiakan dengan kebutuhan terkini baik global maupun regional.

Sebagai pendamping mahasiswa dalam menyelesaikan perkuliahan tepat waktu Fakultas Ekonomi UNS menyediakan pembimbing akademik untuk setiap mahasiswa. Pembimbing akademik disediakan bagi mahasiswa untuk mengarahkan mahasiswa agar mencapai prestasi akademik yang optimal.

Tahun Pertama (Semester 1 dan 2)

Mahasiswa pada tahun pertama akan mendapatkan pengetahuan dasar terkait ilmu manajemen, ilmu akuntansi, dan ilmu ekonomi. Mahasiswa juga akan mendapatkan pengetahuan statistik dasar, pengantar bisnis dasar, praktik ilmu komputer untuk bisnis dan ilmu keagamaan sesuai dengan keyakinan yang diyakini.

Tahun Kedua (Semester 3 dan 4)

Pada tahun kedua mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan manajemen lanjutan menengah disertai dengan materi pengantar, komunikasi bisnis dan metodologi riset. Mahasiswa juga mulai bisa mengambil mata kuliah pilihan sesuai dengan minat masing-masing mahasiswa.

Tahun Ketiga (Semester 5 dan 6)

Pada tahun ketiga mahasiswa akan semakin mendalami ilmu manajemen dengan mata kuliah pilihan yang semakin terkonsentrasi pada minat masing-masing mahasiswa. Mata kuliah seminar diberikan pada tahun ketiga ini untuk memperdalam pengetahuan riset di bidang ilmu manajemen sesuai dengan minat konsentrasinya.

Tahun Keempat (Semester 7 dan 8)

Pada tahun keempat masa studi, mahasiswa Program Studi S1 Manajemen sudah mengambil skripsi. Selain skripsi mata kuliah yang wajib diikuti adalah praktik simulasi manajerial, magang, dan  mata kuliah Perekonomian Indonesia. Pada semester ini mahasiswa akan lebih dikenalkan kelpada dunia usaha nyata. Hal ini dilakukan guna mempersiapkan mahasiswa agar mempunyai pengalaman terjun langsung di dunia kerja.

Selain kegiatan perkuliahan, selama pendidikan berlangsung mahasiswa akan mendapatkan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan sisi interpersonal mahasiswa, diantaranya pelatihan Achievement Motivation Training, Business Motivation Training, Pelatihan penggunaan software-software yang mendukung perkuliahan, serta pre-job training untuk menyiapkan mahasiswa.

Kontak:

Ketua Program Studi S1 Manajemen

Reza Rahardian, SE, M.Si

e-mail: rezarahardian@yahoo.com

Belajar & Mengajar

slide-lecturing

Penilaian

Penddikan di jenjang Sarjana menuntut mahasiswa untuk berpikir kritis, mandiri, mampu berdiskusi ilmiah, dan bekerja sama dalam tim yang dikenal dengan model Student Centered Learning (SCL) sehingga tercapai keseimbangan antara hard skill dan soft skill. Mahasiswa dituntut untuk selalu bisa mandiri dalam setiap mata kuliah, mahasiswa akan dinilai dari berbagai aspek tergantung mata kuliah yang diambil. Diantaranya pembuatan tugas, presentasi, pembuatan paper/essay (baik individual maupun kelompok) serta ujian tertulis. Untuk memantapkan nilai luhur budaya bangsa, maka mahasiswa juga akan dinilai dari sisi etika. Dosen selaku pembimbing akademik akan senantiasa mengarahkan mahasiswa untuk mencapai prestasi akademik terbaik bagi mahasiswa.

Pada awal perkuliahan mahasiswa akan mendapatkan silabus yang berisi materi kuliah dan proses penilaian mata kuliah. Di akhir mata kuliah, mahasiswa akan mendapatkan hasil penilaian. Mahasiswa program studi S1 Manajemen dinyatakan lulus setelah menyelesaikan 144 SKS termasuk di dalamnya penulisan skripsi sesuai dengan minat mahasiswa. Ujian komprehensif secara lisan akan dilaksanakan untuk me-refresh pengetahuan mahasiswa serta menyiapkan mahasiswa sebelum terjun ke dunia kerja.

Metode Pembelajaran

Bagaimana Saya akan diajar?

Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar yang komprehensif mulai dari kelas teori yang diampu oleh dosen-dosen yang mempunyai kemampuan utama di bidangnya masing-masing, tutorial dalam kelas, belajar mandiri, belajar kelompok, dan magang. Di dalam kelas teori mahasiswa akan dituntut untuk aktif mengembangkan kompetensinya melalui ceramah, diskusi, presentasi, pembuatan tugas dan paper ilmiah. Selain itu dalam beberapa mata kuliah mahasiswa juga akan mengikuti kelas tutorial dimana mahasiswa akan fokus dalam berdiskusi dengan dosen dan sesame mahasiswa, dan melakukan anilisis tugas dari dosen.

Untuk mengembangkan kemampuan interpersonal mahasiswa, tugas kelompok bisa menjadi metode yang membuat mahasiswa harus berkomunikasi dengan orang lain dan memecahkan permasalahan secara kelompok. Terakhir program magang kerja ditujukan untuk mengenalkan mahasiswa di dunia kerja dengan menempatkan mahasiswa dalam situasi nyata. Sebagai penunjang efektivitas kegiatan belajar mengajar, mahasiswa dan dosen bisa menggunakan media e-learning. Media e-learning dimanfaatkan untuk menyebarkan materi kuliah, penugasan, dan pelaksanaan ujian tertulis.

Karier

slide-01

Peluang Kerja