S1 Ekonomi Pembangunan

Overview
Tentang Kami
Belajar & Mengajar
Karier
Overview

 

Program studi S-1 Ekonomi Pembangunan merupakan salah satu bagian dari studi ilmu ekonomi yang pembahasannya mengkhususkan diri pada persoalan pembangunan yang telah, sedang, atau akan terjadi di negara-negara berkembang. Prinsipnya bidang yang dipelajari dari Ekonomi pembangunan mengarahkan mahasiswa untuk menemukan solusi dari berbagai permasalahan pembangunan ekonomi yang menyebabkan negara-negara berkembang tertinggal jauh dari negara-negara maju.

Program Studi Ekonomi Pembangunan sangat berperan bagi pembuat keputusan atau kebijakan dalam sebuah perusahaan swasta, instansi pemerintah, BUMN, maupun dunia perbankan. Mahasiswa yang masuk program studi ini akan diberikan pengetahuan mendalam mengenai sumber daya manusia dan kelembagaan, ekonomi bisnis, ekonomi moneter dan internasional, serta  perencanaan pembangunan. Program Studi S1  Ekonomi Pembangunan didesain untuk menghasilkan lulusan yang bisa beradaptasi di lingkungan kerja yang dinamis baik di sektor swasta maupun sektor publik.

Berikut keunggulan Program Studi S1  Ekonomi Pembangunan FE UNS:

  1. Waktu tunggu kerja dari lulusan kurang dari 4 bulan
  2. Lulusan program ini bekerja sesuai dengan bidang keilmuan yang dipelajari.
  3. Terakreditasi A dari BAN PT.
  4. Menjalin afiliasi dengan Ikatan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Indonesia (IMEPI)

Visi dari Program studi S1 Ekonomi Pembangunan FE UNS adalah menjadi jurusan yang secara terus menerus mengembangkan diri dalam partisipasinya mempersiapkan sumberdaya manusia unggul, berdaya saing tinggi dan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungannya. Sedangkan misi yang diemban adalah :

  • Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan analisis teori ekonomi dan penerapannya dalam memecahkan persoalan-persoalan ekonomi di masyarakat dan lingkungan bisnis.
  • Menghasilkan produk-produk penelitian yang berguna bagi pengembangan kehidupan masyarakat dan pengembangan ilmu ekonomi dan juga aktifitas lain yang berorientasi pada kehidupan sosial ekonomi.
  • Menghasilkan produk-produk pengabdian pada masyarakat yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, utamanya rakyat kecil.

Fakta Kuliah

Durasi

8 Semester (4 tahun)

Daya tampung

91 mahasiswa

Jumlah pendaftar tahun lalu (2012)

1396 pendaftar

Mulai perkuliahan

Agustus

Gelar yang diraih

Sarjana Ekonomi (SE)

Tentang Kami

batch_uns5

Keunggulan

Ekonomi pembangunan membekali mahasiswa dengan  kemampuan menganalisis suatu keadaan ekonomi untuk pengambilan kebijakan ekonomi. Kebijakan ekonomi tersebut dapat diterapkan pada level perusahaan/ lembaga, BUMN, maupun instansi pemerintah.

 

Kurikulum

Semester 1

Bahasa Indonesia 

Bahasa Inggris

Ekonomi Mikro Pengantar

Ekonomi Makro Pengantar

Akuntansi  Pengantar I

Bisnis Pengantar

Matematika Ekonomi  I

Semester 2

Pendidikan Pancasila

Ekonomi Makro  I

Ekonomi Mikro  I

Akuntansi  Pengantar II 

Manajemen

Statistika Deskriptif

Matematika Ekonomi II

Semester 3

Ekonomi Publik I

Ekonomi Moneter I

Ekonomi Internasional I

Ekonomi Mikro II

Ekonomi Makro II

Statistika Induktif

Pendidikan Agama Islam

Semester 4

Ekonomi Pertanian  

Ekonomi Pembangunan I 

Sejarah Pemikiran Ekonomi

Ekonomi SDA & Lingkungan

Ekonomi Industri 

Ekonometrika  I

Sosiologi Pengantar

Mata Kuliah Pilihan Umum

Semester 5

Evaluasi Proyek

Ekonometrika II

Praktik Ekonometrika 

Praktik Statistika Ekonomi

Perekonomian Indonesia

Ekonomi SDM & ketenagakerjaan

Metodologi Penelitian Ekonomi

Pendidikan Kewarganegaraan

Mata Kuliah Pilihan Umum

Semester 6

Hukum  Bisnis Pengantar 

Ilmu Kealaman Dasar

Kewirausahaan

Ekonomi Koperasi 

Metodologi Penelitian Ekonomi

Mata Kuliah Pilihan Umum

Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi

Semester 7

Magang Mahasiswa

Seminar Konsentrasi

Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi

Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi

Semester 8

Skripsi

KKN

Detail

Kurikulum yang ditawarkan kepada mahasiswa direview secara berkala untuk memastikan keterkaitan antara dunia kerja dengan materi yang disampaikan. Review kurikulum dilaksanakan dengan mengundang berbagai komponen diantaranya pengguna lulusan, alumni, mahasiswa, dan dosen. Kurikulum tersebut disesuaikan dengan trend kebutuhan terkini baik global maupun regional.

Mahasiswa yang kuliah di program studi S1 Ekonomi Pembangunan FE UNS didampingi oleh pembimbing akademik selama kuliah. Pembimbing akademik disediakan bagi mahasiswa untuk mengarahkan mahasiswa agar mencapai prestasi akademik yang optimal.

Tahun Pertama (Semester 1 dan 2)

Mahasiswa pada tahun pertama akan mendapatkan :

  1. Pengetahuan dasar ilmu ekonomi.
  2. Pengetahuan mengenai bahasa dan budaya.
  3. Pengetahuan dasar terkait bisnis sebagai upaya membentuk karakter wirausaha
  4. Pengetahuan mengenai mata kuliah alat-alat pengujian ekonomi.

Tahun Kedua (Semester 3 dan 4)

Pada tahun kedua mahasiswa akan mendapatkan :

  1. Pengetahuan mengenai ilmu ekonomi lanjutan.
  2. Pengetahuan mengenai ekonomi sumber daya alam dan lingkungan
  3. Pengetahuan mengenai perindustrian dan kebanksentralan.
  4. Mahasiswa juga mulai bisa mengambil mata kuliah pilihan sesuai dengan minat masing-masing mahasiswa

 

Tahun Ketiga (Semester 5 dan 6)

Pada tahun ketiga mahasiswa akan memperdalam metode-metode kuantitatif dalam ilmu ekonomi seperti evaluasi proyek, analisis ekonomi pembangunan, dan ekonometrika lanjutan. Selain itu mahasiswa juga akan dibekali materi terkait penulisan karya ilmiah serta beberapa mata kuliah pilihan sesuai dengan minat masing-masing mahasiswa.

 

Tahun Keempat (Semester 7 dan 8)

Tahun keempat akan fokus pada pengambilan mata kuliah pilihan. Pada periode ini mahasiswa juga wajib menempuh program magang kerja untuk mempersiapkan mahasiswa terjun di dunia kerja, serta melakukan Kuliah Kerja Nyata. KKN bertujuan untuk meningkatkan kepekaan sosial mahasiswa, meningkatkan soft skill mahasiswa, dan membantu mengatasi persoalan-persoalan riil di masyarakat. Tahap akhir dari perkuliahan mahasiswa menulis tugas akhir berupa skripsi.

Selama perkuliahan berlangsung mahasiswa akan dibekali juga dengan bermacam-macam kegiatan ekstrakurikuler untuk mengoptimalkan soft skill mahasiswa, diantaranya pelatihan Achievement Motivation Training, Business Motivation Training, Pelatihan penggunaan software-software yang mendukung perkuliahan, serta pre-job training untuk menyiapkan mahasiswa

Kontak:

Ketua Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan

Siti Aisyah Tri Rahayu, S.E., Dr., M.Si

e-mail: aisyahrahayu@yahoo.com

Belajar & Mengajar

slide-lecturing

Penilaian

Model Student Centered Learning (SCL) dipilih sebagai desain utama dalam pembelajaran modern. Model pembelajaran tersebut bertujuan agar tercapai keseimbangan antara hard skill dan soft skill.

Penilaian terhadap mahasiswa untuk masing-masing mata kuliah dilihat dari beberapa aspek, diantaranya pembuatan tugas, presentasi, pembuatan makalah/essay (baik individual maupun kelompok) serta ujian tertulis. Untuk memantapkan nilai luhur budaya bangsa, maka mahasiswa juga akan dinilai dari sisi etika. Dosen selaku pembimbing akademik akan senantiasa mengarahkan mahasiswa untuk mencapai prestasi akademik terbaik bagi mahasiswa.

Pada awal perkuliahan mahasiswa akan mendapatkan silabus yang berisi materi kuliah dan proses penilaian mata kuliah. Di akhir mata kuliah, mahasiswa akan mendapatkan hasil penilaian. Mahasiswa program studi S1 Ekonomi Pembangunan dinyatakan lulus setelah menyelesaikan 144 SKS termasuk di dalamnya penulisan skripsi sesuai dengan minat mahasiswa.

Metode Pembelajaran

Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar yang melalui model-model belajar sebagai berikut: teori dalam kelas, tutorial, belajar mandiri, belajar kelompok, dan magang. Dalam pembelajaranteori kelas mahasiswa dituntut untuk aktif mengembangkan kompetensinya melalui ceramah, diskusi, presentasi, pembuatan tugas dan makalah. Dalam pembelajaran tutorial dalam kelas mahasiswa fokus berdiskusi dan menganalisis tugas yang diberikan oleh dosen. Belajar kelompok dimaksudkan membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dalam tim. Pembelajaran melalui magang wajib ditempuh mahasiswa di semester akhir. Tujuannya untuk mengenalkan mahasiswa di dunia kerja.

Media e-learning dimanfaatkan sebagai alat untuk berkomunikasi antara dosen dengan mahasiswa sekaligus untuk menyebarkan materi kuliah, penugasan, dan pelaksanaan ujian tertulis.

Karier

slide-01

Kesempatan Kerja

Lulusan Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan FE UNS telah tersebar di berbagai instansi baik swasta maupun instansi pemerintahan (sektor publik). Instansi pemerintah yang banyak membutuhkan lulusan S1 Ekonomi Pembangunan misalnya pemerintah daerah (PEMDA), Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), maupun Kementrian Keuangan. Alumni S1 Ekonomi Pembangunan juga potensial untuk berprofesi sebagai peneliti di berbagai lembaga penelitian atau lembaga swadaya masyarakat (LSM).

 

Dukungan

Untuk mendukung pengembangan karir, informasi yang berkaitan dengan karir, kesempatan, dan pengembangan program, Fakultas Ekonomi dan Bisnis membentuk Internship and Career Development Center (ICD). ICD bertugas menjalankan program magang mahasiswa Diploma dan Sarjana, program rekruitmen kerja, pelatihan pengembangan keahlian, database, dan pengembangan karir. ICD juga mendorong mahasiswa untuk menyiapkan skill yang dibutuhkan di dunia kerja.

Untuk mengembangkan keahlian dan karir mahasiswa ICD menyelenggarakan Pre Job Training bagi mahasiswa. Mahasiswa akan dilatih bagaimana membuat surat lamaran, CV, serta simulasi wawancara kerja.

Selain itu mahasiswa juga akan mendapatkan Achievement Motivation Training (AMT) yang bertujuan untuk membentuk karakter dan meningkatkan soft skill mahasiswa. Business Motivation Training (BMT) juga akan diberikan kepada mahasiswa. BMT bertujuan membentuk jiwa wirausaha mahasiswa.

Sebagai bentuk dedikasi fakultas sekaligus sebagai simbol selamat datang kembali Alumni pada almamater, Fakultas Ekonomi UNS membangun sebuah Alumni LoungeLounge ini dapat menjadi tempat bertemunya alumni dengan pihak fakultas atau alumni dengan alumni lain.

Setiap tahun, Fakultas Ekonomi UNS menyelenggarakan pertemuan alumni. Kegiatan tersebut diantaranya adalah Alumni and Graduate Gathering (AGG). AGG dirancang sebagai bentuk tanggung jawab Fakultas dalam memberikan bekal lulusan sebelum masuk dunia kerja. Kegiatan ini mempertemuan lulusan baru dengan alumni yang telah memiliki pengalaman dan dianggap sukses dalam meniti karier, sehingga diharapkan tercipta pertukaran informasi dan terbentuk komunitas yang bermanfaat. Program kegiatan terkait dengan alumni lain adalah reuni alumni. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkokoh jalinan persaudaraan antar alumni dan alumni dengan Fakultas.