S1 Akuntansi

Profil Program
Kurikulum
Dukungan
Karier
Kerjasama
Kegiatan
Angket
Profil Program

 

Profil Singkat

Akuntansi sangat dibutuhkan dalam setiap organisasi. Bagian-bagian di dalam organisasi baik human resources, marketing, finance, dan management membutuhkan informasi akuntansi untuk membuat keputusan. Demikian pula dengan investor, kreditur, pemerintah, dan customer juga membutuhkan informasi akuntansi untuk berbagai kepentingan. Program studi ini akan memberikan pengetahuan mendalam mengenai akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, sistem informasi, audit, perpajakan, sektor publik, dan akuntansi syariah bagi setiap mahasiswa. Program Studi S1 Akuntansi didesain untuk menghasilkan lulusan yang bisa beradaptasi di lingkungan kerja yang dinamis baik di sektor swasta maupun sektor publik.

Berikut keunggulan Program Studi S1 Akuntansi FE UNS:

  1. Waktu tunggu kerja dari lulusan cukup cepat
  2. Terakreditasi A
  3. Menjalin afiliasi dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI)
  4. Kepuasan pengguna lulusan cukup tinggi

Keunggulan

Program Studi S1 Akuntansi tidak hanya memberikan pengetahuan tentang ilmu akuntansi saja tetapi juga memberikan pengetahuan komprehensif tentang dunia bisnis dan dunia sektor publik. Tuntutan pengguna lulusan kami tangkap dengan menawarkan kurikulum yang selalu diupdate untuk meminimalisir gap  antara dunia kerja dan dunia kuliah. Oleh karena itu, waktu tunggu sebagian besar lulusan untuk mendapatkan kerja kami cukup cepat, yaitu kurang dari 3 bulan.

Visi dari Program Studi S1 Akuntansi adalah “Menjadi Program Studi Sarjana Akuntansi yang berkinerja tinggi dan berkelanjutan di tingkat nasional dan internasional berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional“

Sedangkan misi yang ingin dicapai oleh Program Studi S1 Akuntansi adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang akuntansi untuk mendukung pembangunan bangsa dengan mengedepankan pembinaan suasana kebebasan akademik yang didukung teknologi informasi dengan menjunjung tinggi etika yang melahirkan lulusan kompeten dan siap bersaing di kancah nasional dan internasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian bidang akuntansi yang bisa diterbitkan dalam jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional yang bereputasi, serta berorientasi pada pengembangan pendidikan.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dalam bidang akuntansi dengan berorientasi pada upaya pemberdayaan dan penguatan masyarakat, dunia usaha, dan pemerintahan.

Tujuan Program Studi S1 Akuntansi adalah :

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu menguasai, menerapkan, mengembangkan, dan memecahkan masalah bidang akuntansi yang didukung dengan bidang terkait lainnya baik untuk organisasi bisnis maupun non bisnis dengan menjunjung tinggi etika, mampu berinteraksi dengan lingkungan, dan siap bersaing di kancah nasional dan internasional.
  2. Menghasilkan penelitian dalam bidang akuntansi dan bidang terkait lainnya yang bisa diterbitkan dalam jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi, menunjang pengembangan pendidikan yang berkualitas, dan memberi kontribusi dalam memajukan bangsa.
  3. Menghasilkan produk pengabdian kepada masyarakat dalam bidang akuntansi yang mengembangkan hubungan kerjasama dengan segenap lapisan masyarakat, dunia usaha, dan pemerintahan.

Sasaran Program Studi S1 Akuntansi adalah :

  1. Terakreditasi Unggul (A) dari lembaga pemeringkat akreditasi program studi di tingkat nasional (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi/BAN PT atau lembaga lain) pada tahun 2018. Sasaran ini dicapai dengan ditunjukkan oleh peraihan nilai tinggi, melampaui standar maksimal, pada setiap butir penilaian.
  2. Memiliki jaringan (networking) luas dan mengikuti kegiatan secara aktif organisasi profesi maupun jaringan perguruan tinggi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Sasaran ini ditunjukkan dengan menjadi member Assosiation of Asia Pasific Business School (AAPBS).
  3. Mendapat pengakuan dan kesetaraan sebagai program studi berkelas internasional. Sasaran ini ditunjukkan dengan terakreditasi oleh lembaga pemeringkat internasional European Foundation for Management Development (EFMD) Program Accreditation System (EPAS) pada tahun 2019.

 

Kurikulum

batch_uns5

Kurikulum Tahun 2015

Semester 1

Bahasa Inggris 

Akuntansi Pengantar

Ekonomi Mikro Pengantar 

Matematika Bisnis 

Hukum Bisnis

Bisnis Pengantar 

Semester 2

Pendidikan Agama 

Akuntansi Keuangan Menengah I

Perpajakan I

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

Manajemen 

Ekonomi Makro Pengantar 

Bahasa Indonesia

Semester 3

Akuntansi Keuangan Menengah II

Sistem Informasi Manajemen 

Sistem Informasi Akuntansi 

Manajemen Keuangan

Akuntansi Biaya

Manajemen Sumber Daya Manusia

Ekonomi Islam

Ekonomi Publik

Pancasila

Semester 4

Akuntansi Keuangan Menengah III

Pengauditan I

Akuntansi Manajemen

Akuntansi Sektor Publik

Penganggaran Perusahaan

Analisis dan Desain Sistem

Studi Kelayakan Bisnis

Bisnis Internasional

Statistik Deskriptif

Semester 5

Akuntansi Keuangan Lanjutan I

Perpajakan II

Pengauditan II

Akuntansi Perilaku

Teori Investasi & Portofolio

Manajemen Strategik

Akuntansi Pemerintahan

Akuntansi Entitas Mikro, Kecil dan Menengah

Stistik Induktif

Semester 6

Akuntansi Keuangan Lanjutan II

Sistem Pengendalian Manajemen

Teori Akuntansi

Metodologi Penelitian Akuntansi

Komunikasi Bisnis

Pengauditan Sistem Informasi

Pengauditan Internal

Perpajakan Internasional

Akuntansi Syariah

Akuntansi Forensik dan Audit Investigasi

Perekonomian Indonesia

Semester 7

Magang Mahasiswa 

Perencanaan Pajak

Reviu Riset Akuntansi

Kewirausahaan

Analisis Informasi Keuangan

Perilaku Organisasional

Ilmu Kealaman Dasar

Governance Corporation dan CSR

Manajemen Pemasaran

Semester 8

KKN 

Skripsi 

Syarat Pendaftaran Ujian Skripsi:

1. Lulus Ujian Kompetensi Teknisi Akuntansi (UKTA)

2. Artikel Karya Ilmiah yang Bersumber dari Skripsi telah Diterima (Accepted) di Jurnal Ilmiah

Kontak:

Kepala Program Studi S1 Akuntansi

Santoso Tri Hananto, Drs., M.Si., Ak

e-mail: sthananto@yahoo.com

Dukungan

slide-lecturing

Metode Pembelajaran

Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar yang komprehensif mulai dari theory class yang diampu oleh dosen-dosen yang berpengalaman di bidangnya, tutorial dalam kelas, belajar mandiri, belajar kelompok, dan magang. Di dalam theory classmahasiswa akan dituntut untuk aktif mengembangkan kompetensinya melalui ceramah, diskusi, presentasi, pembuatan tugas dan paper. Selain itu dalam beberapa mata kuliah mahasiswa juga akan mengikuti Tutorial Class dimana mahasiswa akan fokus dalam mendiskusikan dan menganalisis tugas dari dosen. Belajar kelompok akan membantu mahasiswa mengembangkan kompetensinya, khususnya kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dalam tim. Magang akan diikuti mahasiswa di semester akhir. Magang bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa di dunia kerja.

Sebagai penunjang efektivitas kegiatan belajar mengajar, mahasiswa dan dosen bisa menggunakan media e-learning. Media e-learning dimanfaatkan untuk menyebarkan materi kuliah, penugasan, dan pelaksanaan ujian tertulis.

Fasilitas

Kegiatan belajar mengajar didukung oleh fasilitas sebagai berikut :

  1. Ruang kelas ber-AC yang dilengkapi dengan LCD Projector, Free Hotspot;
  2. Laboratorium komputer untuk mendukung mata kuliah praktik Akuntansi;
  3. Laboratorium Akuntansi & Perpajakan;
  4. Laboratorium Simulasi Ekspor Impor;
  5. Laboratorium Simulasi Perbankan;
  6. Galeri Pasar Modal;
  7. Software System, Application and Product in Data Processing (SAP); dan
  8. Ruang Baca.

 

Metode Penilaian

Belajar di dunia pendidikan tinggi, khususnya di jenjang Sarjana menuntut mahasiswa untuk berpikir kritis, mandiri, mampu berdiskusi ilmiah, dan bekerja sama dalam tim yang dikenal dengan model Student Centered Learning (SCL) sehingga tercapai keseimbangan antara hard skill dan soft skill.

Dalam setiap mata kuliah, mahasiswa akan dinilai dari berbagai aspek tergantung mata kuliah yang diambil. Diantaranya pembuatan tugas, presentasi, pembuatan paper/essay (baik individual maupun kelompok) serta ujian tertulis. Untuk memantapkan nilai luhur budaya bangsa, maka mahasiswa juga akan dinilai dari sisi etika. Dosen selaku pembimbing akademik akan senantiasa mengarahkan mahasiswa untuk mencapai prestasi akademik terbaik bagi mahasiswa.

Pada awal perkuliahan mahasiswa akan mendapatkan silabus yang berisi materi kuliah dan proses penilaian mata kuliah. Di akhir mata kuliah, mahasiswa akan mendapatkan hasil penilaian. Mahasiswa program studi S1 Akuntansi dinyatakan lulus setelah menyelesaikan 144 SKS termasuk di dalamnya penulisan skripsi sesuai dengan minat mahasiswa. Ujian komprehensif secara lisan akan dilaksanakan untuk me-refresh pengetahuan mahasiswa serta menyiapkan mahasiswa sebelum terjun ke dunia kerja.

Untuk informasi selengkapnya terkait metode penilaian dan ujian bisa dilihat di buku pedoman akademik.

Karier

slide-01

Peluang Kerja

Lulusan Program Studi S1 Akuntansi FE UNS telah tersebar di berbagai instansi baik swasta maupun instansi pemerintahan (sektor publik). Beberapa lulusan telah bekerja di perusahaan terbaik di Indonesia diantaranya Bank Indonesia, PricewaterhouseCoopers, Pertamina, Bank Mandiri, Departemen Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan, dan Ditjen Pajak.

Untuk mendukung pengembangan karir, informasi yang berkaitan dengan karir dan kesempatan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) membentuk Internship and Career Development Center (ICD). ICD bertugas menjalankan program magang mahasiswa Diploma dan Sarjana, program rekruitmen kerja, pelatihan pengembangan keahlian, database, dan pengembangan karir. ICD juga mendorong mahasiswa untuk menyiapkan skill yang dibutuhkan di dunia kerja.

Untuk mengembangkan keahlian dan karir mahasiswa ICD menyelenggarakan Pre Job Training bagi mahasiswa. Mahasiswa akan dilatih bagaimana membuat surat lamaran, CV, serta simulasi wawancara kerja. Selain itu mahasiswa juga akan mendapatkan Achievement Motivation Training (AMT) yang bertujuan untuk membentuk karakter dan meningkatkan soft skill mahasiswa. Business Motivation Training (BMT) juga akan diberikan kepada mahasiswa. BMT bertujuan membentuk jiwa wirausaha mahasiswa.

 

 

 

 

Alumni

Sebagai bentuk dedikasi fakultas sekaligus sebagai simbol selamat datang kembali Alumni pada almamater, FEB UNS membangun sebuah Alumni Lounge. Lounge ini dapat menjadi tempat bertemunya alumni dengan pihak fakultas atau alumni dengan alumni lain. Setiap tahun, FEB UNS menyelenggarakan pertemuan alumni. Kegiatan tersebut diantaranya adalah Alumni and Graduate Gathering (AGG). AGG dirancang sebagai bentuk tanggung jawab Fakultas dalam memberikan bekal lulusan sebelum masuk dunia kerja. Kegiatan ini mempertemuan lulusan baru dengan alumni yang telah memiliki pengalaman dan dianggap sukses dalam meniti karier, sehingga diharapkan tercipta pertukaran informasi dan terbentuk komunitas yang bermanfaat. Program kegiatan terkait dengan alumni lain adalah reuni alumni. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkokoh jalinan persaudaraan antar alumni dan alumni dengan Fakultas.

Kerjasama

MoU-SebelasMaret-DDTC

Penandatangan MoU antara FEB UNS dengan Danny Darussalam Tax Center (DDTC)

Program Studi Akuntansi FEB UNS bekerjasama dengan DDTC untuk menyelenggarakan Seminar Nasional bertema pajak. Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan penandatanganan MoU.

Kegiatan

Angket

slide-01

Peluang Kerja

Lulusan Program Studi S1 Akuntansi FE UNS telah tersebar di berbagai instansi baik swasta maupun instansi pemerintahan (sektor publik). Beberapa lulusan telah bekerja di perusahaan terbaik di Indonesia diantaranya Bank Indonesia, PricewaterhouseCoopers, Pertamina, Bank Mandiri, Departemen Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan, dan Ditjen Pajak.

Untuk mendukung pengembangan karir, informasi yang berkaitan dengan karir dan kesempatan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) membentuk Internship and Career Development Center (ICD). ICD bertugas menjalankan program magang mahasiswa Diploma dan Sarjana, program rekruitmen kerja, pelatihan pengembangan keahlian, database, dan pengembangan karir. ICD juga mendorong mahasiswa untuk menyiapkan skill yang dibutuhkan di dunia kerja.

Untuk mengembangkan keahlian dan karir mahasiswa ICD menyelenggarakan Pre Job Training bagi mahasiswa. Mahasiswa akan dilatih bagaimana membuat surat lamaran, CV, serta simulasi wawancara kerja. Selain itu mahasiswa juga akan mendapatkan Achievement Motivation Training (AMT) yang bertujuan untuk membentuk karakter dan meningkatkan soft skill mahasiswa. Business Motivation Training (BMT) juga akan diberikan kepada mahasiswa. BMT bertujuan membentuk jiwa wirausaha mahasiswa.

 

 

 

 

Alumni

Sebagai bentuk dedikasi fakultas sekaligus sebagai simbol selamat datang kembali Alumni pada almamater, FEB UNS membangun sebuah Alumni Lounge. Lounge ini dapat menjadi tempat bertemunya alumni dengan pihak fakultas atau alumni dengan alumni lain. Setiap tahun, FEB UNS menyelenggarakan pertemuan alumni. Kegiatan tersebut diantaranya adalah Alumni and Graduate Gathering (AGG). AGG dirancang sebagai bentuk tanggung jawab Fakultas dalam memberikan bekal lulusan sebelum masuk dunia kerja. Kegiatan ini mempertemuan lulusan baru dengan alumni yang telah memiliki pengalaman dan dianggap sukses dalam meniti karier, sehingga diharapkan tercipta pertukaran informasi dan terbentuk komunitas yang bermanfaat. Program kegiatan terkait dengan alumni lain adalah reuni alumni. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkokoh jalinan persaudaraan antar alumni dan alumni dengan Fakultas.