Magister Manajemen

Overview
Tentang Kami
Belajar & Mengajar
Karier
Overview

 

Program Studi MM UNS merupakan program pendidikan pada tingkat pascasarjana yang dibuka pada tahun 1999 di Universitas Sebelas Maret (UNS). Program studi ini memiliki fokus dalam pendidikan dan pengajaran dalam bidang manajemen serta menyelenggarakan penelitian ilmiah dan terapan dalam bidang manajemen. Saat ini program studi MM UNS telah melakukan kerja sama dengan universitas di luar negeri yaitu dengan La Rochelle University Perancis untuk mengadakan program dual degree yang sudah dimulai sejak tahun 2008. Selain itu, MM UNS saat ini juga telah memiliki konsentrasi manajemen keuangan syariah.

Visi

Menjadi Program Studi Magister Manajemen yang unggul di tingkat nasional dan internasional tahun 2015

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dan profesional dalam bidang manajemen untuk menghasilkan magister manajemen yang handal dan berwawasan global.
  • Menyelenggarakan penelitian dalam bidang manajemen yang dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu dan pemecahan masalah  bisnis.
  • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang bermanfaat bagi pengembangan dunia usaha.

Tentang Kami

batch_uns5

Keunggulan

  • Staff pengajar dengan kualifikasi tinggi
  • Akreditasi A Program Studi Magister Manajemen
  • Reputasi nasional program pascasarjana
  • Dukungan program pengembangan karier
  • Fasilitas dan infrastruktur terbaik
  • Dukungan Teknologi Informasi dan wireless network
  • Biaya yang terjangkau
  • Lingkungan kampus yang kondusif
  • Kerjasama internasional melalui program dual degree

 

 

Entry requirement

Program Studi Magister Manajemen  Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret ( MM-UNS ) menerima calon mahasiswa yang berijasah sarjana (S1) ekonomi atau berijasah sarjana non-ekonomi.

 

Kurikulum

Dalam menempuh pendidikan di MM-UNS, mahasiswa diharapkan dapat menyelesaikan studi dalam waktu yang telah ditentukan.Untuk itu, kegiatan akademik mahasiswa diharapkan sesuai dengan alur pengambilan mata kuliah yang telah ditentukan oleh program.

Semester 1

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Pemasaran

Metoda Kuantitatif

Manajemen Keuangan

MetodePenelitianBisnis

Semester 2

Analisis Lingkungan Bisnis

Sistem Pengendalian Manajemen

Sistem Informasi Manajemen

Manajemen Strategik

Mata KuliahMinat 1

Semester 3

Perilaku Organisasi

Mata KuliahMinat 2

Seminar Proposal Tesis

Tesis

Semester 4

Tesis

Program Pra MM

Program Pra-MM adalah program yang dirancang untuk membekali calon mahasiswa dengan pengetahuan dasar yang diperlukan untuk mengikuti Program Studi MM-UNS. Calon mahasiswa yang diterima dengan syarat menempuh dan lulus Program Pra-MM adalah mereka yang mempunyai latar belakang pendidikan (berijazah) S1 non-ekonomi dan/atau tidak lulus TPD.

Program Pra-MM dilaksanakan sebelum perkuliahan MM sebanyak 6-10 sesi. Mata kuliah Pra-MM yang harus ditempuh oleh mahasiswa adalah satu atau lebih mata kuliah berikut (sesuai hasil seleksi):

  1. Teori Ekonomi
  2. Akuntansi
  3. Statistika dan Matematika

Khusus untuk Konsentrasi Manajemen Keuangan Syariah, Mata Kuliah Pra-MM meliputi:

  1. Pengantar Akuntansi
  2. Pengantar Fiqih
  3. Islamic World View
  4. Bahasa Arab

 

Kontak:

Direktur Program Magister Manajemen

Asri Laksmi Riani, Prof., Dr., MS

e-mail: asrilaksmiriani@yahoo.com

Belajar & Mengajar

slide-lecturing

Penilaian

Ujian diselenggarakan untuk mengevaluasi kegiatan pendidikan mahasiswa pada Program Studi MM-UNS. Adapun jenis ujian meliputi ujian tengah semester, ujian akhir semester dan ujian tesis. Ujian semester dilaksanakan dalam rangka untuk mengevaluasi kemampuan penyerapan mahasiswa atas mata kuliah yang ditempuh pada semester yang bersangkutan. Ujian semester dilaksanakan 2 (dua) kali dalam satu semester yang terdiri dari Ujian Tengah Semester(UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Ujian tesis dilaksanakan setelah mahasiswa menyelesaikan tesis dan memenuhi semua persyaratan mengikuti ujian tesis. Nilai akhir tesis merupakan penjumlahan dari nilai tesis, kemampuan mempertahankan tesis, dan kemampuan menyatakan pendapat, serta keaktifan dalam konsultasi dengan pembimbing.

Untuk informasi selengkapnya terkait metode penilaian dan ujian bisa dilihat di buku pedoman akademik

Metode Pembelajaran

Perkuliahan diselenggarakan dengan Sistem Kredit Semester (SKS). Dalam penyelenggaraan perkuliahan dengan Sistem Kredit Semester, beban kuliah mahasiswa dan beban kerja pengajar per semesternya dinyatakan dalam satuan kredit semester. Satu SKS terdiri dari 16 (enam belas) tatap muka dan setiap tatap muka ekuivalen dengan 50 (lima puluh) menit. Kegiatan tatap muka dapat berupa:

  1. Kuliah (ceramah, diskusi materi/kasus, latihan, dan lain-lain)
  2. Ujian (ujian tengah semester dan ujian akhir semester)

Beban kuliah yang wajib ditempuh dan diselesaikan oleh mahasiswa dalam masa studi adalah sebanyak 42 (empat puluh dua) SKS yang meliputi mata kuliah inti (30 SKS), mata kuliah minat (6 SKS), dan tesis (6 SKS).

Dalam menyelesaikan pendidikan, mahasiswa diwajibkan menyusun tugas akhir berupa tesis dengan bobot 6 (enam) SKS.  Tesis merupakan hasil akhir dari serangkaian kegiatan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa yang disertai dengan analisis dan pengambilan kesimpulan serta pemberian saran.  Untuk memperlancar penyusunan tesis, mahasiswa diwajibkan menempuh Seminar Proposal Tesis, yang merupakan bagian dari penyusunan tesis. Seminar Proposal Tesis ini dimaksudkan memberi arahan kepada mahasiswa dalam menyusun proposal tesis.

Karier

slide-01

Peluang Kerja

Magister Manajemen Universitas Sebelas Maret mencetak lulusan pascasarjana bergelar Magister Manajemen (MM) yang memiliki keterampilan manajerial dan pengetahuan yang luas di bidang bisnis. Para lulusan diharapkan mampu mengembangkan diri dan mampu menghadapi perkembangan yang cepat dan persaingan yang ketat di bidang bisnis.

Lulusan MM UNS mendapatkan kesempatan untuk bekerja di berbagai sektor dan telah menyebar di berbagai wilayah di Indonesia.

 

Dukungan

Untuk mendukung pengembangan karir, informasi yang berkaitan dengan karir, kesempatan, dan pengembangan program, Fakultas Bisnis dan Ekonomi membentuk Internship and Career Development Center (ICD). ICD bertugas menjalankan program magang mahasiswa Diploma dan Sarjana, program rekruitmen kerja, pelatihan pengembangan keahlian, database, dan pengembangan karir. ICD juga mendorong mahasiswa untuk menyiapkan skill yang dibutuhkan di dunia kerja.

Untuk mengembangkan keahlian dan karir mahasiswa ICD menyelenggarakan Pre Job Training bagi mahasiswa. Mahasiswa akan dilatih bagaimana membuat surat lamaran, CV, serta simulasi wawancara kerja.

Selain itu mahasiswa juga akan mendapatkan Achievement Motivation Training (AMT) yang bertujuan untuk membentuk karakter dan meningkatkan soft skill mahasiswa. Business Motivation Training (BMT) juga akan diberikan kepada mahasiswa. BMT bertujuan membentuk jiwa wirausaha mahasiswa.

Sebagai bentuk dedikasi fakultas sekaligus sebagai simbol selamat datang kembali Alumni pada almamater, Fakultas Ekonomi UNS membangun sebuah Alumni Lounge. Lounge ini dapat menjadi tempat bertemunya alumni dengan pihak fakultas atau alumni dengan alumni lain.

Setiap tahun, Fakultas Ekonomi UNS menyelenggarakan pertemuan alumni. Kegiatan tersebut diantaranya adalah Alumni and Graduate Gathering (AGG). AGG dirancang sebagai bentuk tanggung jawab Fakultas dalam memberikan bekal lulusan sebelum masuk dunia kerja. Kegiatan ini mempertemuan lulusan baru dengan alumni yang telah memiliki pengalaman dan dianggap sukses dalam meniti karier, sehingga diharapkan tercipta pertukaran informasi dan terbentuk komunitas yang bermanfaat. Program kegiatan terkait dengan alumni lain adalah reuni alumni. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkokoh jalinan persaudaraan antar alumni dan alumni dengan Fakultas.