Magister Ekonomi Studi Pembangunan (MESP)

Overview
Tentang Kami
Belajar & Mengajar
Karier
Overview

 

Program Magister Ekonomi dan Studi Pembangunan (MESP) merupakan salah satu program magister yang dikelola oleh Fakultas Ekonomi UNS dan di bawah koordinasi Program Pasca Sarjana UNS. Program Studi MESP telah terakreditasi BAN PT dengan predikat B (Baik).

Tujuan yang ingin dicapai adalah menghasilkan Magister Ekonomi  Pembangunan yang mampu menganalisis dan mengantisipasi dinamika ekonomi pembangunan dan bisnis dengan spesialisasi:
1). Perencanaan Wilayah dan Keuangan Daerah,

2). Ekonomi Keuangan Perbankan dan Kebanksentralan,

3). Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, dan

4). Ekonomi SDM dan Pembangunan.

VISI

Menjadi program studi magister di bidang Ekonomi Pembangunan yang unggul di tingkat nasional dan internasional

MISI

1). Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ekonomi dan pembangunan yang berkualitas untuk menghasilkan magister sains di bidang ekonomi pembangunan yang handal

Menyelenggarakan penelitian ilmiah dan terapan yang berkualitas serta karya inovatif dalam bidang ekonomi dan pembangunan yang dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu dan pemecahan masalah dalam masyarakat

2). Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas yang berorientasi pada upaya pemberdayaan (empowerment) masyarakat

3). Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat guna memberikan manfaat yang optimal kepada stakeholders

Tentang Kami

batch_uns5

Keunggulan

  1. Program MESP dirancang dengan menggunakan sistem semester, mahasiswa dirancang dapat menyelesaikan studi dalam jangka waktu kurang dari 2 tahun (18-19 bulan).

  2. Biaya perkuliahan sangat terjangkau.

  3. Dosen pengajar MESP terdiri dari dosen-dosen yang memiliki kualifikasi tinggi dan kompeten di bidangnya.

  4. Setiap mahasiswa MESP dapat memanfaatkan berbagai layanan, seperti: Perpustakaan FEB UNS dan Universitas, Lab. Komputer dan multimedia, Lab kompetensi, serta UPT Pelayanan dan Pengembangan Bahasa UNS.

  5. Membangun budaya dan iklim kerja yang kondusif bagi terbangunnya kerja tim yang luwes, demokratis, responsif, adaptif, tranparans, akuntabel, dan semangat kekeluargaan.

  6. Konsentrasi program studi yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan pemangku kepentingan.

 

Persyaratan Masuk

Calon mahasiswa berijazah serendah-rendahnya sarjana strata 1 (S-1) dari berbagai disiplin ilmu (multidisiplin), baik ekonomi maupun non ekonomi.

Kurikulum

Program S-2 MESP FE UNS dirancang untuk dapat dirampungkan selama 4 semester efektif (Caturwulan). Perkuliahan dilaksanakan dengan system SKS (Satuan Kredit Semester). Setiap mahasiswa S-2 MESP harus menyelesaikan 14 mata kuliah dengan bobot 42 SKS.

Semester 1

Ekonomi Mikro

Ekonomi Makro

Ekonomi Pembangunan

Ekonomi Publik

Semester 2

Bisnis dan Masyarakat

Ekonomi Internasional

Ekonometrika

Metodologi Penelitian

 

Semester 3

Evaluasi Proyek

Ekonomi Industri

Mata Kuliah Konsenterasi

 

Semester 4

Kontak:

Direktur Program Magister Ekonomi Studi Pembangunan

Evi Gravitiani, Dr., S.E, M.Si

e-mail: e_gravity2000@yahoo.com

Belajar & Mengajar

slide-lecturing

Metode Pembelajaran

Belajar di dunia pendidikan tinggi, khususnya di jenjang Pasca Sarjana menuntut mahasiswa untuk berpikir kritis, mandiri, mampu berdiskusi ilmiah, dan bekerja sama dalam tim yang dikenal dengan model Student Centered Learning (SCL) sehingga tercapai keseimbangan antara hard skill dan soft skill.

Dalam setiap mata kuliah, mahasiswa akan dinilai dari berbagai aspek tergantung mata kuliah yang diambil. Diantaranya pembuatan tugas, presentasi, pembuatan paper/essay (baik individual maupun kelompok) serta ujian tertulis. Untuk memantapkan nilai luhur budaya bangsa, maka mahasiswa juga akan dinilai dari sisi etika. Dosen selaku pembimbing akademik akan senantiasa mengarahkan mahasiswa untuk mencapai prestasi akademik terbaik bagi mahasiswa.

Pada awal perkuliahan mahasiswa akan mendapatkan silabus yang berisi materi kuliah dan proses penilaian mata kuliah. Di akhir mata kuliah, mahasiswa akan mendapatkan hasil penilaian. Mahasiswa program  MESP dinyatakan lulus setelah menyelesaikan 42 SKS termasuk di dalamnya penulisan thesis sesuai dengan konsentrasi yang dipilih.

Metode Penilaian

Mahasiswa Program Magister Ekonomi dan Studi Pembangunan akan dinilai melalui berbagai teknik antara lain ujian tertulis, presentasi, studi kasus, dan diskusi kelas.

Untuk dapat dinyatakan lulus, mahasiswa harus mendapatkan nilai A atau B dari mata kuliah yang diikuti.

Karier

slide-01

Kesempatan Kerja

Prospek kerja yang sesuai dengan bidang keilmuan Program MESP antara lain : di berbagai instansi pemerintahan dan lembaga negara (BPK, Bappenas), Bank Indonesia, Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian, sebagai staf ahli, analis ekonomi, perencana, peneliti dan lain sebagainya. Lulusan prodi ini juga dapat bekerja di sector swasta dan BUMN, terutama perbankan dan sector keuangan lainnya.

 

Dukungan

Program MESP FE UNS banyak diisi oleh utusan dari PEMDA, Perusahaan Swasta, BUMN, maupun Individu. Bagi mahasiswa yang merupakan fresh graduate dari jenjang S1, kemudian masuk ke MESP memiliki banyak pilihan kerja setelah lulus dari  MESP.