Pendidikan Doktor Ilmu Ekonomi

Overview
Tentang Kami
Belajar & Mengajar
Karier
Overview

 

Program Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret (PDIE FE-UNS) didirikan berdasarkan SK Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 2088/D/T/2008, Tanggal 7 Juli 2008.

Program Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Unversitas Sebelas Maret (PDIE FE-UNS) didirikan bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang handal, khususnya dalam penelitian dibidang ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Lulusan PDIE FE UNS diharapkan dapat berkiprah secara nyata dan menjadi inovator dilingkungan kerjanya, unggul dan mumpuni secara akademis, berwawasan luas dan holistic, mudah menyesuaikan terhadap ragam budaya, serta menjadi warga masyarakat yang global aktif.

PDIE FE UNS berkomitmen untuk menumbuhkan inovasi dalam dunia bisnis, pemerintahan maupun sektor lain melalui penelitian. Penelitian PDIE FE-UNS bertumpu pada masalah riil sehingga  menghasilkan solusi nyata yang bermanfaat bagi masyarakat, pemerintah, dunia bisnis, dan industri. Penelitian yang bertumpu pada masalah riil akan memberikan kontribusi yang besar dan memperkuat pencapaian tujuan bersama antara dunia akademik, bisnis, dan stakeholder lainnya.

PDIE FE-UNS dirancang untuk memperkokoh kepemimpinan secara akademis, independen, kreatif dan innovatif dalam berbagai penelitian. PDIE FE-UNS membekali lulusannya untuk menjadi seorang Doktor yang profesional di bidangnya, serta berkualifikasi dengan: (1) memiliki kemampuan mengembangkan konsep ilmu sesuai minat utamanya melalui penelitian, (2) memiliki kapasitas mengelola, memimpin, dan mengembangkan program penelitian, serta (3) memiliki kemampuan pendekatan interdisipliner dalam berkarya dibidang ekonomi, manajemen, dan akuntansi

Visi

Menjadi Program Doktor Ilmu Ekonomi yang unggul di tingkat nasional dan internasional pada tahun 2017

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas di bidang ekonomi, manajemen dan akuntansi
  • Menyelenggarakan penelitian ilmiah dan  mendesiminasi hasil-hasil penelitian
  • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas yang berorientasi pada upaya pemberdayaan masyarakat

Tentang Kami

batch_uns5

Keunggulan

  • Staff pengajar dengan kualifikasi tinggi
  • Dukungan program pengembangan karier
  • Fasilitas dan infrastruktur terbaik
  • Dukungan Teknologi Informasi dan wireless network
  • Biaya yang terjangkau
  • Lingkungan kampus yang kondusif

Entry requirement

  • Memiliki latar belakang pendidikan strata 2 (S2) dalam bidang Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan bidang ilmu yang berhubungan  dengan bidang ilmu ekonomi. Khusus untuk minat utama Akuntansi, calon mahasiswa harus memiliki latar belakang strata 1 bidang Akuntansi. Kandidat berasal  dari program studi dengan akreditasi minimal B
  • Lolos tes masuk yang diselenggarakan oleh program studi
  • Skor Tes Potensi Akademik TPA OTO BAPPENAS/PS UNS yang masih berlaku minimal 500
  • Skor Paper-based TOEFL Internasional atau Institusional minimal 450 atau IELTS minimal 5

 

Kurikulum

Semester 1

Filsafat Ilmu

Ekonomi Terapan

Ekonometrika dan Multivariate

Metodologi Penelitian

Semester 2

Lingkungan Bisnis

Mata Kuliah Konsenterasi

Mata Kuliah Konsenterasi

Independent Study

Semester 3

Research Project

Ujian Pra Proposal

Semester 4

Seminar Proposal

Ujian Proposal

Semester 5

Presentasi Kemajuan

Disertasi

Semester 6

Ujian Akhir Disertasi

Kontak:

Direktur Program Doktor Ilmu Ekonomi

Tulus Haryono, Prof., Dr., M.Ek

e-mail: tulus_fe_uns@yahoo.com

Belajar & Mengajar

slide-lecturing

Proses pembelajaran di Program Doktor Ilmu Ekonomi FE UNS dijalankan melalui tiga pola, yaitu pola pembelajaran kelas, pola pembelajaran seminar, dan pola pembelajaran mandiri.

Dalam pola pembelajaran kelas, penyampaian materi diselenggarakan melalui tatap muka secara rutin sesuai jadwal. Penilaian hasil belajar diperoleh dari hasil kegiatan terstruktur, ujian tengah semester, dan ujian akhir. Kegiatan terstruktur dilakukan diluar kelas yang telah direncanakan dosen berupa pembuatan tugas, penulisan makalah atau pembahasan studi kasus untuk dikerjakan oleh individu atau kelompok.

Pola pembelajaran seminar diselenggarakan dengan cara diskusi antara mahasiswa dengan dosen atau sesama mahasiswa peserta seminar. Pola pembelajaran ini diterapkan pada mata kuliah seminar bidang konsentrasi/kajian. Pada pola pembelajaran ini, mahasiswa menulis karya ilmiah.

Pola pembelajaran mandiri merupakan pola pembelajaran yang diselenggarakan dengan cara diskusi antara mahasiswa secara individual dan dosen pembimbing. Materi yang dibahas ditentukan oleh mahasiswa dengan persetujuan dosen. Pada pembelajaran ini, setiap mahasiswa menyusun satu karya ilmiah untuk disertasi dan atau studi literatur/studi independen.

Karier

slide-01

Peluang Kerja

Lulusan kami memiliki keterampilan manajerial dan pengetahuan yang luas di bidang bisnis. Para lulusan diharapkan mampu mengembangkan diri dan mampu menghadapi perkembangan yang cepat dan persaingan yang ketat di bidang bisnis.

 

Dukungan

Untuk mendukung pengembangan karir, informasi yang berkaitan dengan karir, kesempatan, dan pengembangan program, Fakultas Bisnis dan Ekonomi membentuk Internship and Career Development Center (ICD). ICD bertugas menjalankan program magang mahasiswa Diploma dan Sarjana, program rekruitmen kerja, pelatihan pengembangan keahlian, database, dan pengembangan karir. ICD juga mendorong mahasiswa untuk menyiapkan skill yang dibutuhkan di dunia kerja.

Untuk mengembangkan keahlian dan karir mahasiswa ICD menyelenggarakan Pre Job Training bagi mahasiswa. Mahasiswa akan dilatih bagaimana membuat surat lamaran, CV, serta simulasi wawancara kerja.

Selain itu mahasiswa juga akan mendapatkan Achievement Motivation Training (AMT) yang bertujuan untuk membentuk karakter dan meningkatkan soft skill mahasiswa. Business Motivation Training (BMT) juga akan diberikan kepada mahasiswa. BMT bertujuan membentuk jiwa wirausaha mahasiswa.

Sebagai bentuk dedikasi fakultas sekaligus sebagai simbol selamat datang kembali Alumni pada almamater, Fakultas Ekonomi UNS membangun sebuah Alumni Lounge. Lounge ini dapat menjadi tempat bertemunya alumni dengan pihak fakultas atau alumni dengan alumni lain.

Setiap tahun, Fakultas Ekonomi UNS menyelenggarakan pertemuan alumni. Kegiatan tersebut diantaranya adalah Alumni and Graduate Gathering (AGG). AGG dirancang sebagai bentuk tanggung jawab Fakultas dalam memberikan bekal lulusan sebelum masuk dunia kerja. Kegiatan ini mempertemuan lulusan baru dengan alumni yang telah memiliki pengalaman dan dianggap sukses dalam meniti karier, sehingga diharapkan tercipta pertukaran informasi dan terbentuk komunitas yang bermanfaat. Program kegiatan terkait dengan alumni lain adalah reuni alumni. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkokoh jalinan persaudaraan antar alumni dan alumni dengan Fakultas.