D3 Perpajakan

Overview
Tentang Kami
Belajar & Mengajar
Karier
Overview

 

 

Di seluruh dunia, perpajakan menjadi elemen penting sumber pendapatan negara 85% sumber penerimaan negara Indonesia berasal dari pajak.

Program studi ini menawarkan pengetahuan yang komprehensif untuk mencetak mahasiswa yang siap kerja di level operasional di bidang perpajakan, baik di sektor publik maupun perusahaan.

Berikut keunggulan Program Studi D3 Perpajakan FEB UNS:

  • Waktu tunggu kerja dari lulusan kurang dari 3 bulan
  • Terakreditasi A
  • Mayoritas kepuasan pengguna lulusan mencapai nilai 3 dari maksimal 4 (berdasarkan user satisfaction Survey tahun 2009)

 

Fakta Kuliah

Durasi

6 Semester (3 tahun)

Daya tampung

130 mahasiswa

Jumlah pendaftar tahun lalu (2012)

-

Mulai perkuliahan

Agustus

Gelar yang diraih

Ahli Madya (A.Md)

 

 

 

Tentang Kami

batch_uns5

Keunggulan

Program Studi DIII Perpajakan memberikan pengetahuan mendalam terkait perpajakan dan akuntansi. Lulusan DIII Perpajakan memiliki kesempatan untuk bekerja di sektor publik dan sektor bisnis, baik di bidang akuntansi maupun perpajakan.

Kurikulum

Agar bisa mendapatkan gelar A.Md mahasiswa wajib menempuh 113 SKS yang dibagi dalam 6 semester. Berikut adalah sebaran matakuliah 6 semester:

Semester 1

Pendidikan Kewarganegaraan 

Ilmu Kealaman Dasar 

Bahasa Indonesia (Penyusunan Laporan)

Ekonomi Makro Pengantar

Pengantar Perpajakan dan KUP

Statistika Deskriptif

Akuntansi Pengantar I

Pajak Penghasilan Umum

Semester 2

Pancasila

Bahasa Inggris (EAP)

Ekonomi Mikro Pengantar (in english)

Praktik Komputer Pengolah Kata dan Data)

Matematika

Akuntansi Pengantar II

Manajemen (in english)

Akuntansi Sektor Publik

Semester 3

Bisnis Pengantar (in english)

Praktik Manajemen Keuangan 

Sistem Informasi Akuntansi

Praktik Pajak Daerah, PBB dan BPHTBPPN dan PPn BM

Akuntansi Keuangan Menengah (in English)

Praktik Akt. Persh Jasa 

Praktik Akt Persh Dagang

Praktik PPh Orang Pribadi 

Praktik Ekspor Impor

Semester 4

Akuntansi Biaya

Praktik Sistem Informasi Akuntansi

Akuntansi Keuangan Menengah II (in english)

Auditing 

Praktik Akuntansi Perpajakan

Praktik Akuntansi Sektor Publik

Praktik PPN & PPnBM 

Praktik Pemungutan & Pemotongan Pajak

Kewirausahaan

Semester 5

Pendidikan Agama

Praktik Analisa Laporan Keuangan

Praktik PPh Badan 

Praktik Akuntansi Keuangan Menengah 

Praktik Auditing 

Praktik Akt Biaya 

Praktik Komputer (Aplikasi TI dalam Bisnis)

Praktik Pemeriksaan Pajak

Praktik Perencanaan Pajak 

Praktik KWU

Semester 6

Magang Kerja dan Tugas Akhir

Informasi selengkapnya mengenai matakuliah wajib, pilihan, dan SKS bisa dilihat di buku pedoman akademik

Detail

Kurikulum yang ditawarkan kepada mahasiswa, baik struktur dan isi mata kuliah direview secara periodik untuk memastikan program studi menghasilkan lulusan yang siap kerja. Selain itu update peraturan terkait peraturan perpajakan

Pembimbing akademik disediakan untuk membimbing mahasiswa agar mencapai prestasi akademik yang optimal.

  1. Tahun Pertama (Semester 1 dan 2): Mahasiswa akan mendapatkan matakuliah umum, pengantar akuntansi dan pengantar perpajakan.
  2. Tahun Kedua (Semester 3 dan 4): Mahasiswa akan mendapatkan matakuliah akuntansi keuangan menengah, audit, akuntansi biaya, akuntansi sektor publik, serta matakuliah praktik perpajakan
  3. Tahun Ketiga (Semester 5 dan 6): Mahasiswa melakukan pemagangan dan penulisan tugas akhir

Selama perkuliahan berlangsung mahasiswa akan mendapatkan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler untuk mengoptimalkan soft skill mahasiswa, diantaranya pelatihan dan serta site visit ke perusahaan

 

Kontak:

Ketua Program Studi Diploma Perpajakan

Hanung Triatmoko, Drs., M.Si., Ak

Email: hanungfeuns@yahoo.com

Belajar & Mengajar

slide-lecturing

Metode Pembelajaran

Mahasiswa akan mengikuti perkuliahan dengan dua konsep yang berbeda, yaitu teori dan praktek. Di dalam kelas teori mahasiswa didorong untuk memahami dasar-dasar ilmu yang berguna di dunia kerja, khususnya pengetahuan akuntansi. Kelas teori juga menjadi dasar bagi mahasiswa untuk mengambil kelas praktek. Kelas teori akan diselenggarakan berbasis Student Centered Learning, dimana mahasiswa akan berpartisipasi aktif baik dalam diskusi kelas, presentasi, dan pembuatan tugas atau paper. Kelas praktek lebih fokus dalam pengerjaan modul dan penyelesaian studi kasus.

Mahasiswa akan mengikuti magang di semester akhir. Magang bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa di dunia kerja serta bisa pula dijadikan bahan penulisan Tugas Akhir.

Media penyampaian materi tidak terbatas pada kuliah klasikal saja, akan tetapi e-learning juga bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa dan dosen. Media e-learning dimanfaatkan untuk menyebarkan materi kuliah, penugasan, dan pelaksanaan ujian tertulis.

Metode Penilaian

Mahasiswa akan dinilai dari berbagai aspek yang berbeda tergantung pada mata kuliah yang diambil. Presentasi, Pembuatan tugas, Keaktifan, Etika, dan Pembuatan Paper/essay (baik individual maupun kelompok) serta ujian tertulis.

Pada awal perkuliahan mahasiswa akan mendapatkan silabus yang berisi bahan kuliah dan metode penilaian. Mahasiswa program studi D3 Perpajakan dinyatakan lulus setelah menyelesaikan 113 SKS termasuk di dalamnya penulisan Tugas Akhir sesuai dengan minat mahasiswa.

Untuk informasi selengkapnya terkait metode penilaian dan ujian bisa dilihat di buku pedoman akademik.

Karier

slide-01

Peluang Kerja

Lulusan Program Studi D III Perpajakan FEB UNS telah tersebar di berbagai instansi baik swasta maupun instansi pemerintahan (sektor publik). Beberapa lulusan telah bekerja di perusahaan terbaik di Indonesia diantaranya Ditjen Perpajakan, Bank, dan perusahaan nasional.

 

Dukungan

Untuk mendukung pengembangan karir, Fakultas Ekonomi dan Bisnis membentuk Internship and Career Development Center (ICD). ICD bertugas menjalankan program magang mahasiswa Diploma dan Sarjana, program rekruitmen kerja, pelatihan pengembangan keahlian, database, dan pengembangan karir. Untuk mengembangkan keahlian dan karir mahasiswa ICD menyelenggarakan Pre Job Training bagi mahasiswa. Mahasiswa akan dilatih bagaimana membuat surat lamaran, CV, serta simulasi wawancara kerja. Selain itu mahasiswa juga akan mendapatkan Achievement Motivation Training (AMT) yang bertujuan untuk membentuk karakter dan meningkatkan soft skill mahasiswa. Business Motivation Training (BMT) juga akan diberikan kepada mahasiswa. BMT bertujuan membentuk jiwa wirausaha mahasiswa.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS telah membangun sebuah Alumni Lounge. Lounge ini dapat menjadi tempat bertemunya alumni dengan pihak fakultas atau alumni dengan alumni lain.