D3 Manajemen Perdagangan

Overview
Tentang Kami
Belajar & Mengajar
Karier
Overview

 

 

Kontribusi sektor perdagangan (khususnya ekspor impor) terhadap perekonomian negara tergolong paling besar, oleh karenanya maka pemerintah selalu memberi perhatian lebih untuk memajukan sektor ini.Peningkatan pesat aktivitas sektor perdagangan ini di sepanjang tahun tentunya membutuhkan SDM yang berkualitas dan kompetitif.

Program Diploma 3 Manajemen Perdagangan FE UNS merasa ikut terpanggil untuk mempersiapkan SDM yang memiliki keterampilan guna mendukung kemajuan perdagangan internasional tersebut.Di Indonesia tidak banyak perguruan tinggi yang menawarkan pendidikan mengenai pengelolaan perdagangan internasional.Kami adalah salah satu perguruan tinggi yang menawarkan program pendidikan setingkat D3 yang fokus pada manajemen perdagangan internasional.

Program studi ini akan memberikan pengetahuan mendalam mengenai perdagangan ekspor-impor, manajemen jasa internasional, dan keuangan internasional bagi setiap mahasiswa. Termasuk di dalamnya adalah pengelolaan logistic dan transportasi internasional serta manajemen kepabeanan.

Berikut keunggulan Program Studi D3 Manajemen Perdagangan:

  • Waktu tunggu kerja dari lulusan kurang dari 3 bulan.
  • Alumni kami bekerja sesuai dengan bidang keilmuan yang ditekuni.
  • Telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan lokal, nasional, dan internasional.
  • Mahasiswa sering kali direkrut perusahaan pada waktu melakukan program magang kerja.

 

Kami mempunyai visi untuk menjadi pusat pendidikan vokasi unggulan dalam bidang Manajemen Perdagangan khususnya ekspor impor yang profesional, mandiri, dan kompetitif pada Tahun 2015. Sedangkan misi yang kami emban adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan teoritis dan praktisyang memadai dalam bidang Manajemen Perdagangan khususnya ekspor impor sehingga siap memasuki dunia kerja dengan menciptakan lapangan kerja sendiri maupun bekerja pada pihak lain.
  2. Meningkatkan kualitas penelitian di bidang perdagangan internasional kemudian mendesiminasikan di berbagai forum ilmiah.

Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang bermotivasi pengembangan ekonomi melalui perdagangan melalui kerjasama dengan pemerintah dan masyarakat industri.

Fakta Kuliah

Durasi

6 Semester (3 tahun)

Daya tampung

90 mahasiswa

  

Mulai perkuliahan

Agustus

Gelar yang diraih

Ahli Madya (AMd)

 

 

 

Tentang Kami

batch_uns5

Keunggulan

Perdagangan internasional tidak bisa disamakan begitu saja dengan perdagangan domestik, sehingga diperlukan sumber daya yang benar-benar memahami seluk-beluknya. Kami memberikan ilmu pengetahuan yang sesuai dengan kondisi pasar dan perdagangan internasional.

Alumni kami mempunyai daya saing yang tinggi di pasar kerja, mengingat jumlah perguruan tinggi lain yang menawarkan pendidikan D3 serupa dengan kami tidak cukup banyak. Sementara itu jumlah permintaan atas tenaga kerja yang paham dengan perdagangan internasional terus mengalami pertumbuhan.

Kurikulum

Semester 1

Pancasila

Ekonomi Mikro Pengantar

Bahasa Inggris

Ilmu Kealaman Dasar

Ekonomi Internasional

Pengantar Ekspor-Impor

Akuntansi Pengantar

Pendidikan Agama

Semester 2

Bisnis Pengantar

Etika Bisnis

Ekonomi Makro Pengantar

Praktik Komunikasi Bisnis

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Matematika

Pendidikan Kewarganegaraan

Teknik Perdagangan Internasional

Hukum Bisnis

Semester 3

Kewirausahaan

Manajemen

Akuntansi Pengantar 2

Statistik Diskriptif

Pemasaran Ekspor-Impor

Keamanan dan Keselamatan Kerja

Pasar Modal

Praktek Komputer  (e-Commerce )

Semester 4

Praktik Bahasa Inggris IV (Negotiation & Business Corespondency)

Praktik Komputer IV

Praktik ISO 9001/1400 & Stadarisasi Produk Perdagangan

Praktik Bisnis Kepariwisataan (Tourism)

Praktik Analisis Laporan Keuangan 

Perpajakan 

Praktik Manajemen Pemasaran Ekspor-Impor

Praktik Simulasi Keuangan Internasional II (Valas)

Praktik Sistem Pembayaran Internasional

Semester 5

Praktik Simulasi Ekspor Impor

Praktik Tata Laksana Kepabeanan

Praktik Studi Kelayakan Usaha Perdagangan

Praktik Negosiasi & Kontrak Perdagangan

Praktik Costing & Pricing 

Praktik Tehnik Penulisan Ilmiah (Tugas Akhir)

Seminar Perdagangan Ekspor Impor

Seminar Keuangan Internasional

Praktik Kewirausahaan Dagang

Bank dan Lembaga Keuangan Praktik K3 (Keamanan, dan Keselamatan Kerja)

Semester 6

Magang Kerja dan Tugas Akhir

Statistik

Informasi selengkapnya mengenai matakuliah dan SKS bisa dilihat di buku pedoman akademik.

Detail

Kurikulum yang kami tawarkan merupakan hasil pemikiran dari semua pihak yang berkaitan dengan bidang keilmuan mengenai manajemen perdagangan. Pihak-pihak tersebut berasal dari kalangan praktisi perdagangan internasional, dosen, mahasiswa, maupun pihak-pihak pembuat kebijakan perdagangan.Program ini bernama Program Studi D3 Manajemen Perdagangan.Fokus pendidikan kami adalah perdagangan internasional (eksport-import).

Selama 6 semester, mahasiswa akan belajar secara bertahap mengenai manajemen perdagangan internasional.

Tahun Pertama (Semester 1 dan 2): Mahasiswa pada tahun pertama akan mendapatkan kuliah yang bertujuan untuk pembentukan etika, pengetahuan mengenai dasar ilmu ekonomi. Mahasiswa pun mulai dikenalkan dengan pengetahuan mengenai manajemen, kaidah penulisan ilmiah, dan pengenalan terhadap bahasa asing yang dominan digunakan dalam perdagangan internasional, yakni bahasa mandarin dan inggris.

Tahun Kedua (Semester 3 dan 4): Pada tahun kedua mahasiswa memperdalam kemampuan penguasaan bahasa perdagangan. Pada periode ini mahasiswa mulai mendalami bagian  inti dari program studi ini. Mahasiswa belajar mengenai semua mata kuliah yang berhubungan dengan perdagangan eskpor-impor, pengelolaan jasa internasional, maupun keuangan internasional.

Tahun Ketiga (Semester 5 dan 6): Pada tahun ketiga mahasiswa akan memperdalam beberapa topik penting di bidang pemasaran internasional, hubungan perbankan dengan perdagangan internasional, dan kepabeanan. Periode ini merupakan tahap akhir dari keseluruhan studi mahasiswa. Sebagai tahap akhir sebelum mahasiswa lulus dari program D3 Manajemen Perdagangan, mereka harus menempuh program magang kerja selama kurang lebih 2 bulan dan menyusun laporan atas kegiatan magang tersebut sebagai tugas akhir..

Belajar & Mengajar

slide-lecturing

Metode Pembelajaran

Mahasiswa program diploma 3 akan mendapatkan pengalaman belajar paling banyak dari praktikum atau simulasi. Mahasiswa tentunya juga mendapatkan pengalaman belajar yang melalui model-model lain misalnya: teori dalam kelas, tutorial, belajar mandiri, belajar kelompok, dan magang.

Untuk mencapai hasil yang optimum, mahasiswa diharapkan aktif mengembangkan kompetensinya melalui ceramah, diskusi, presentasi, pembuatan tugas dan paper. Dalam pembelajaran Tutorial dalam kelas mahasiswa fokus mendiskusikan dan menganalisis tugas yang diberikan oleh dosen. Belajar kelompok dimaksudkan membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dalam tim. Pembelajaran melalui magang wajib ditempuh mahasiswa di semester akhir. Tujuannya untuk mengenalkan mahasiswa di dunia kerja.

Pada akhir masa studi mahasiswa wajib membuat laporan atas magang yang dilakukannya sebagai tugas akhir. Tugas akhir kemudian diujikan di hadapan 2 orang penguji sebelum yang bersangkutan dinyatakan lulus.

 

Metode Penilaian

Mahasiswa dinilai kompeten jika mendapatkan akhir nilai A atau B. Penilaian terhadap mahasiswa untuk masing-masing mata kuliahdilihat dari beberapa aspek. Diantaranya pembuatan tugas, presentasi, pembuatan paper/essay (baik individual maupun kelompok) serta ujian tertulis. Untuk memantapkan nilai luhur budaya bangsa, maka mahasiswa juga akan dinilai dari sisi etika. Dosen selaku pembimbing akademik akan senantiasa mengarahkan mahasiswa untuk mencapai prestasi akademik terbaik bagi mahasiswa.

Pada awal perkuliahan mahasiswa akan mendapatkan silabus yang berisi materi kuliah dan proses penilaian mata kuliah. Di akhir mata kuliah, mahasiswa akan mendapatkan hasil penilaian.

Karier

slide-01

Peluang Kerja

Lulusan Program kamicukup banyak yang berhasil membangun usaha sendiri dengan bekal wawasan perdagangan internasional yang telah diperolehnya.Beberapa lulusan terbaik kami berhasil masuk dan bekerja di perusahaan elektronik terkenal semacam Samsung dan JVC. Peluang kerja yang sesuai juga dengan bidang keilmuan kami adalah perusahaan maskapai pelayaran, perusahaan ekspedisi, maupun dunia perbankan.

 

 

Dukungan

Perencanaan pengembangan karir untuk lulusan D3 dimulai sejak perkuliahan.Fakultas telah membentuk ICD yang berfungsi mengantur dan mengendalikan program magang mahasiswa level diploma. Mereka juga telah menyiapkan program pengembangan karis yang berlaku umum untuk undergraduate seperti pelatihanrekruitmen kerja, pelatihan pengembangan keahlian, database, dan pengembangan karir.

Untuk mengembangkan keahlian dan karir mahasiswa ICD menyelenggarakan Pre Job Training bagi mahasiswa. Mahasiswa akan dilatih bagaimana membuat surat lamaran, CV, serta simulasi wawancara kerja.

Selain itu mahasiswa juga akan mendapatkan Achievement Motivation Training (AMT) yang bertujuan untuk membentuk karakter dan meningkatkan soft skill mahasiswa. Business Motivation Training (BMT) juga akan diberikan kepada mahasiswa. BMT bertujuan membentuk jiwa wirausaha mahasiswa.

Keberhasilan lulusan program ini untuk mendapatkan pekerjaan dipengaruhi juga oleh hubungan antara lulusan dengan alumninya. Guna menjaga komunikasi antara lulusan, program studi, dan alumni maka fakultas merancang kegiatan Alumni and Graduate Gathering (AGG). AGG merupakanperwujudan tanggung jawab Fakultas dalam memberikan bekal lulusan sebelum masuk dunia kerja.

Kegiatan ini mempertemuan lulusan baru dengan alumni yang telah memiliki pengalaman dan dianggap sukses dalam meniti karier, sehingga diharapkan tercipta pertukaran informasi dan terbentuk komunitas yang bermanfaat. Program kegiatan terkait dengan alumni lain adalah reuni alumni. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkokoh jalinan persaudaraan antar alumni dan alumni dengan Fakultas.