D3 Manajemen Pemasaran

Overview
Tentang Kami
Belajar & Mengajar
Karier
Overview

 

 

Program Studi Diploma III Manajemen pemasaran adalah salah satu pendidikan vokasi di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret yang didirikan pada tahun 2000. Program studi ini menawarkan sistem pembelajaran, pengajaran serta mata kuliah yang dibutuhkan dalam menciptakan tenaga pemasaran yang profesional dan memiliki integritas. Sistem pendidikan berbasis kompetensi memungkinkan mahasiswa memiliki kompetensi yang telah ditetapkan, baik itu kompetensi utama maupun kompetensi pendukung dalam bidang pemasaran sehingga program studi dapat mencetak lulusan yang mampu menerapkan praktik pemasaran dengan baik.

Visi

Menjadikan Program Studi yang unggul di bidang manajemen pemasaran tingkat nasional pada tahun 2015 dan tingkat internasional pada tahun 2030

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas di bidang manajemen pemasaran untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan daya saing yang unggul.
  • Menyelenggarakan penelitian terapan di bidang manajemen pemasaran yang berkualitas dan mendesiminasikan hasil-hasil penelitian tersebut. 
  • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat, sehingga dapat tercipta networking dengan berbagai pihak di luar kampus, dan ikut memberikan kontribusi dalam pembangunan Indonesia

 

 

Tentang Kami

batch_uns5

Keunggulan

Program studi Diploma III Manajemen Pemasaran menawarkan kurikulum berbasis kompetensi yang dirancang dalam rangka menciptakan praktisi pemasaran yang handal terutama pada bidang-bidang seperti bisnis retail, manajemen merek, perilaku konsumen, pemasaran jasa, e-commerce, komunikasi dan pemasaran internasional.

Program Studi Diploma III Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret memiliki kurikulum dengan perbandingan matakuliah 38,74%  teori dan 61,26% praktek karena Program Studi Diploma III Manajemen Pemasaran menerapkan kurikulum berbasis kompetensi sehingga memiliki lulusan yang mempunyai tingkat kompetensi yang tinggi dalam bidang marketing, baik itu pada tataran praktik maupun pemahaman secara teori.

Kurikulum

Informasi selengkapnya mengenai matakuliah wajib, pilihan, dan SKS bisa dilihat di buku pedoman akademik

Semester 1

Ilmu Kealaman Dasar

Manajemen

Ekonomi Mikro Pengantar 

Bisnis Pengantar 

Akuntansi Pengantar I 

Matematika

Manajemen Pemasaran

Semester 2

Sistem Informasi Manajemen

Manajemen Keuangan

Ekonomi Makro Pengantar

Akuntansi Pengantar II 

Statistika Deskriptif

Manajemen SDM

Praktik Komputer (Database)

English for Business

Semester 3

Pendidikan Agama

Pendidikan Pancasila

Praktik Bisnis Retail

Etika Bisnis

Manajemen Operasi

Praktik Riset Pemasaran

Praktik Strategi Pemasaran

Praktik Bauran Promosi

Praktik Komputer (Graphics Design)

Semester 4

Pendidikan Kewarganegaraan

Kewirausahaan

Hukum Bisnis

Praktik Periklanan

Praktik Komunikasi Bisnis 

Praktik Pemasaran Jasa

Praktik MICE

Praktik Komunikasi Pemasaran

Praktik Penganggaran Perusahaan

English Conversation

Semester 5

Praktik Bauran Pemasaran

Praktik Penulisan Ilmiah

Praktik Salesmanship

Praktik Korespondensi Bisnis

Praktik Pengembangan Diri

Praktik Negosiasi Bisnis

Praktik Perilaku Konsumen

Praktik Komputer (E-Commerce)

Praktik Ekspor-Impor

TOEIC Preparation

Semester 6

Magang Kerja dan Tugas Akhir

Detail

Program Studi Diploma III Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret memiliki kurikulum dengan perbandingan matakuliah 38,74%  teori dan 61,26% praktek karena Program Studi Diploma III Manajemen Pemasaran menerapkan kurikulum berbasis kompetensi sehingga memiliki lulusan yang mempunyai tingkat kompetensi yang tinggi dalam bidang marketing, baik itu pada tataran praktik maupun pemahaman secara teori.

 

Kontak:

Ketua Program Studi Diploma III Manajemen Pemasaran

Drs. Heru Purnomo, MM

Email: drs.heru_purnomo@yahoo.co.id

Belajar & Mengajar

slide-lecturing

Metode Pembelajaran

Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar dengan sistem pendidikan berbasis kompetensi. Program Studi D III MP memiliki kurikulum dengan muatan matakuliah praktik yang lebih banyak dibandingkan mata kuliah teori sehingga prodi memiliki lulusan yang mempunyai tingkat kompetensi yang tinggi dalam bidang pemasaran, baik itu pada tataran praktik maupun pemahaman secara teori. Mata kuliah praktik diberikan dengan perbandingan lebih besar juga dimaksudkan untuk lebih memberikan bekal kemampuan mahasiswa dalam bidang marketing praktis.

Setiap mahasiswa mendapatkan modul ketika mengikuti mata kuliah praktik. Modul ini berisi tentang uraian teoritis singkat materi, latihan dan penugasan terkait mata kuliah. Selain itu, mata kuliah teori disampaikan dalam beberapa metode pembelajaran seperti tutorial dalam kelas dan presentasi. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti magang di perusahaan sekurang-kurangnya dua bulan serta menulis laporan dalam bentuk tugas akhir. Program magang kerja ditujukan untuk mengenalkan mahasiswa di dunia kerja dengan menempatkan mahasiswa dalam situasi nyata. Magang kerja mahasiswa dikelola oleh unit pengelola magang Internship and Career Development.

Sebagai penunjang efektivitas kegiatan belajar mengajar, mahasiswa dan dosen bisa menggunakan media e-learning. Media e-learning dimanfaatkan untuk menyebarkan materi kuliah, penugasan, dan pelaksanaan ujian tertulis.

Metode Penilaian

Uji kompetensi adalah tes tulis, tes lisan, tes kinerja atau penilaian jenis lain, misalnya penilaian portofolio, penilaian presentasi, penilaian tugas, penilaian terhadap karya tulis, atau penilaian jenis lainnya, sesuai dengan karakteristik Kompetensi Dasar  (KD) atau Kelompok Kompetensi Dasar (KKD) yang diuji.

Berdasarkan ketentuan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) ujian kompetensi diselenggarakan paling sedikit 4 (empat) kali dalam 1(satu) semester yang meliputi K1, K2, K3, dan K4. Jadwal pelaksanaan ujian  diserahkan kepada dosen pengampu bidang studi masing-masing. Sepanjang memenuhi persyaratan akademik yang telah ditentukan, uji kompetensi diselenggarakan sampai mahasiswa dinyatakan lulus bidang studi yang bersangkutan.

Mahasiswa diperbolehkan mengikuti uji kompetensi untuk setiap KD/KKD dengan ketentuan mahasiswa dimaksud mengikuti pembelajaran sekurang-kurangnya 50 % dari pembelajaran terjadwal untuk setiap KD/KKD pada semester yang bersangkutan, serta ketentuan lain yang ditetapkan.

Karier

slide-01

Peluang Kerja

Kesempatan berkarier bagi lulusan DIII Manajemen Pemasaran FEB UNS sangat luas. Berbagai bidang kerja tersebut antara lain: Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pegawai Negeri Sipil, Perusahaan Swasta, Perusahaan Ritel, Perbankan, Institusi Pendidikan maupun Kantor Pemerintah. Posisi Pekerjaan untuk lulusan diantaranya: Supervisor Penjualan, Staff Administrasi, Staff Penjualan, Account OfficerDeskman Bank, Customer Service, Cashier dan masih banyak lagi.

 

 

Dukungan

Untuk mendukung mempersiapkan mahasiswa menuju kelulusan, FEB UNS memberikan dukungan kepada mahasiswa melalui penyediaan informasi yang berkaitan dengan karir, kesempatan, dan pengembangan program, Fakultas Bisnis dan Ekonomi membentuk Internship and Career Development Center (ICD). ICD bertugas menjalankan program magang mahasiswa Diploma dan Sarjana, program rekruitmen kerja, pelatihan pengembangan keahlian, database, dan pengembangan karir. ICD juga mendorong mahasiswa untuk menyiapkan keahlian yang dibutuhkan di dunia kerja.