D3 Manajemen Bisnis

Overview
Tentang Kami
Belajar & Mengajar
Karier
Overview

 

Program Studi D III Manajemen Bisnis Fakultas Ekonomi UNS merupakan perubahan nama dari Program Studi D III Manajemen Industri. Program Studi D III Manajemen Industri berdiri sejak bulan Pebruari 2001 dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor. 58/DIKTI/Kep/2001 tertanggal 27 Pebruari  2001 tentang pembentukan Program studi D III Manajemen Industri pada Fakultas Ekonomi UNS. 

Untuk menghasilkan lulusan ahli madya yang handal dan terserap oleh pasar tenaga kerja, maka Program Studi D III Manajemen Bisnis menerapkan kurikulum berbasis kompetensi dalam perkuliahan yang selalu dievaluasi dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar. Komposisi kurikulum yang diberikan  kepada mahasiswa terdiri dari 67% mata kuliah praktik dan 33% mata kuliah teori.

Keunggulan Program Studi D III Manajemen Bisnis

  • Rata-rata waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan yang pertama = 3 Bulan
  • Persentase lulusan yang bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya =  73.66 %
  • Terakreditasi B
  • Rata-rata indeks Prestasi Kumulatif = 3.04

 

Visi 

Menjadi Program Studi Diploma yang unggul dalam bidang manajemen bisnis di tingkat nasional pada tahun 2015 dan internasional pada tahun 2030.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dalam bidang manajemen bisnis dengan menekankan pada profesionalitas dan kompetensi dosen serta kemandirian mahasiswa dalam memperoleh dan mengaplikasikan pengetahuan, ketrampilan, sikap dan pemahaman kaidah kehidupan bermasyarakat
  2. Menyelenggarakan penelitian terapan yang berkualitas dalam bidang manajemen bisnis yang mengarah pada pengembangannetworking  dengan mitra  kerjasama serta mendiseminasi hasil penelitian 
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berkualitas melalui upaya  pemberdayaan masyarakat bersama dengan mitra kerjasama

Tentang Kami

batch_uns5

Keunggulan

Program Studi DIII Manajemen Bisnis memberikan pengetahuan komprehensif tentang dunia bisnis dan kewirausahaan. Kurikulum disusun dengan mempertimbangkan masukan dari seluruh pemangku kepentingan. Tuntutan pengguna lulusan ditanggapi dengan menawarkan kurikulum yang selalu disesuaikan dengan keadaan kekinian untuk mempersempit kesenjangan antara dunia kuliah dan dunia kerja. Dari hasil survey terakhir waktu tunggu yang diperlukan lulusan Program Studi DIII  Manajemen bisnis adalah 3 bulan. Hal ini membuktikan bahwa setelah lulus mahasiswa tidak menemui kendala dalam memperoleh pekerjaan.

Kurikulum

Berikut adalah kurikulum yang diterapkan di program D III Akuntansi FEB UNS. Informasi selengkapnya mengenai matakuliah dan SKS bisa dilihat di buku pedoman akademik.

Semester 1

Pendidikan Kewarganegaraan

Pendidikan Agama

Manajemen 

Bisnis Pengantar

Akuntansi Biaya

Akuntansi Pengantar 1

Ekonomi Mikro Pengantar

Semester 2

Matematika Ekonomi

Ilmu Kealaman Dasar

Bahasa Inggris (EAP)

Manajemen Operasi

Manajemen Keuangan

Manajemen Pemasaran 

Manajemen Sumber Daya Manusia

Pendidikan Pancasila

Semester 3

Kewirausahaan

Akuntansi Pengantar 2

Praktik E-Business

Statistika Deskriptif

Praktik Penganggaran Perusahaan

Ekonomi Makro Pengantar

Praktik Perencanaan dan Pengendalian Produksi

Praktik Human Resources Information System

Critical Thinking

Semester 4

Bahasa Indonesia

Praktik Analisis Keuangan

Sistem Manajemen Mutu 

Manajemen Pelayanan

Manajemen Pembelian

Etika Bisnis

Praktik Pengendalian Kualitas

Praktik Analisis Pasar

Semester 5

Studi Kelayakan Bisnis

Negosiasi Bisnis

Manajemen Logistik dan Pergudangan

PoM for Windows

Praktik MICE

Kepemimpinan

Teknik Penyusunan Laporan Ilmiah

Semester 6

Praktik Simulasi Bisnis

Praktik Magang Kerja & Tugas Akhir

Detail

Program Studi D III Manajemen Bisnis menawarkan program pendidikan berdasarkan kurikulum yang selalu sesuai permintaan dunia usaha. Kurikulum disusun berdasarkan masukan dari berbagai pihak seperti pengguna lulusan, alumni, dosen dan mahasiswa. Dengan mempertimbangkan masukan dari seluruh pemangku kepentingan tersebut diharapkan akan dapat menciptakankualitaslulusan yang mampu bersaing di dunia kerja.

Mata kuliah di Program Diploma Manajemen Bisnis menggunakan sistem paket. Dalam sistem ini setiap mahasiswa menempuh mata kuliah dengan beban kredit yang sama tanpa dibedakan menurut capaian indek prestasi kumulatif (IPK).

Dalam mengarungi masa kuliah mahasiswa dibimbing oleh seorang pembimbing akademik yang bertanggung jawab untuk mengarahkan mahasiswa bimbingannya agar dapat menyelesaikan kuliah secara baik dan tepat waktu.

Tahun Pertama (Semester 1 dan 2)

Mahasiswa pada tahun pertama akan mendapatkan pengantar pengetahuan dasar terkait ilmu manajemen, pengantar bisnis, praktik komputer untuk bisnis, dan penguasaan bahasa inggris untuk bisnis. Mata kuliah di tahun pertama ditujukan untuk membangun pemahaman umum mengenai bidang ilmu terkait yang akan dijadikan dasar bagi mata kuliah di semester berikunya.

Tahun Kedua (Semester 3 dan 4)

Pada tahun kedua mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan yang lebih mengarah pada mata kuliah praktik keahlian. Mata kuliah di semester ini lebih fokus pada bidang keahlian produksi, penjaminan mutu, manajemen proyek, dan kepenyeliaan.

Tahun Ketiga (Semester 5 dan 6)

Pada tahun ketiga mahasiswa akan semakin mendalami ilmu manajemen dengan mata kuliah pilihan yang semakin terkonsentrasi pada minat masing-masing mahasiswa. Mata kuliah seminar diberikan pada tahun ketiga ini untuk memperdalam pengetahuan riset di bidang ilmu manajemen sesuai dengan minat konsentrasinya.

Selain kegiatan perkuliahan, selama pendidikan berlangsung mahasiswa akan mendapatkan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan sisi interpersonal mahasiswa, diantaranya pelatihan Achievement Motivation Training, Business Motivation Training, Pelatihan penggunaan software-software yang mendukung perkuliahan, serta pre-job training untuk menyiapkan mahasiswa.

Belajar & Mengajar

slide-lecturing

Metode Pembelajaran

Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar yang komprehensif yang diampu oleh dosen-dosen yang mempunyai kemampuan utama di bidangnya masing-masing. Kurikulum Program Studi DIII Manajemen Bisnis mempunyai bobot 67% mata kuliah praktik dan 33% mata kuliah teori. Pembebanan ini dirancang sedemikian rupa karena pendidikan DIII Manajemen Bisnis merupakan pendidikan vokasi yang lebih mengarah pada pendidikan keahlian.

Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, Program Studi DIII Manajemen Bisnis mengembangkan kemampuan interpersonal mahasiswa melalui penugasan-penugasan baik yang bersifat tugas individu maupun tugas kelompok. Metode ini diberlakukan untuk membangun kemadirian mahasiswa sekaligus untuk membentuk kemampuan interpersonalnya. Tuntutan dunia kerja mengharuskan seorang karyawan mampu bekerja secara mandiri dan bekerja secara kelompok. Penugasan kelompok bisa menjadi metode yang membuat mahasiswa harus berkomunikasi dengan orang lain dan memecahkan permasalahan secara kelompok. Terakhir program magang kerja ditujukan untuk mengenalkan mahasiswa di dunia kerja dengan menempatkan mahasiswa dalam situasi nyata. Sebagai penunjang efektivitas kegiatan belajar mengajar, mahasiswa dan dosen bisa menggunakan media e-learning. Media e-learning dimanfaatkan untuk menyebarkan materi kuliah, penugasan, dan pelaksanaan ujian tertulis.

Metode Penilaian

Pendidikan di jenjang ahli madya menuntut mahasiswa untuk berpikir kritis, mandiri, mampu menguasai kemampuan teknis, dan bekerja sama dalam tim yang dikenal dengan model Student Centered Learning (SCL) sehingga tercapai keseimbangan antara hard skill dan soft skill. Mahasiswa dituntut untuk mandiri dalam setiap mata kuliah, mahasiswa akan dinilai dari berbagai aspek tergantung mata kuliah yang diambil. Diantaranya pembuatan tugas, presentasi, pembuatan paper/essay (baik individual maupun kelompok) serta ujian tertulis. Untuk memantapkan nilai luhur budaya bangsa, maka mahasiswa juga akan dinilai dari sisi etika. Dosen selaku pembimbing akademik akan senantiasa mengarahkan mahasiswa untuk mencapai prestasi akademik terbaik bagi mahasiswa.

Pada awal perkuliahan mahasiswa akan mendapatkan silabus yang berisi materi kuliah dan proses penilaian mata kuliah. Di akhir mata kuliah, mahasiswa akan mendapatkan hasil penilaian. Mahasiswa Program Studi DIII dinyatakan lulus setelah menyelesaikan 110 SKS termasuk di dalamnya penulisan tugas akhir. Ujian komprehensif secara lisan akan dilaksanakan untuk mempertanggungjawabkan tugas akhir yang telah disusun.

Karier

slide-01

Peluang Kerja

Dengan bekal pendidikan yang dimiliki, lulusan Program studi DIII Manajemen Bisnis FEB UNS akan mampu berkarya diberbagai bidang usaha seperti wirausaha, perusahaan swasta, perbankan, instansi pemerintah dan instansi lainnya. Lulusan DIII Manajemen Bisnis mempunyai kesempatan kerja yang cukup luas di berbagai perusahaan (baik perusahaan manufaktur maupun perusahaan jasa). Hal ini dikarenakan kompetensi yang dimiliki lulusan Program Studi DIII Manajemen Bisnis antara lain: kemampuan dan ketrampilan dalam pengelolaan bisnis mikro baik di sektor jasa, perdagangan, dan manufaktur yang berorientasi pada pasar global ditunjang penguasaan teknologi informasi yang baik.

 

 

Dukungan

Untuk mendukung mempersiapkan mahasiswa menuju kelulusan, fakultas memberikan dukungan kepada mahasiswa melalui penyediaan informasi yang berkaitan dengan karir, kesempatan, dan pengembangan program, Fakultas Ekonomi dan Binsis membentuk Internship and Career Development Center (ICD). ICD bertugas menjalankan program magang mahasiswa Diploma dan Sarjana, program rekruitmen kerja, pelatihan pengembangan keahlian, database, dan pengembangan karir. ICD juga mendorong mahasiswa untuk menyiapkan keahlian yang dibutuhkan di dunia kerja.

Program Pre Job Training (PJT) dirancang untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa mengenai hal-hal yang berhubungan dengan proses setelah lulus kuliah dalam upaya mendapatkan pekerjaan. Mahasiswa dilatih membuat surat lamaran, CV, serta simulasi wawancara kerja.

Selain itu mahasiswa juga akan mendapatkan Achievement Motivation Training (AMT) yang bertujuan untuk membentuk karakter dan meningkatkan soft skill mahasiswa. Business Motivation Training (BMT) juga akan diberikan kepada mahasiswa. BMT bertujuan membentuk jiwa wirausaha mahasiswa, dengan demikian mahasiswa tidak hanya didesain untuk bekerja di perusahaan saja, namun juga mampu menciptakan usaha sendiri.

Keberhasilan lulusan program ini untuk mendapatkan pekerjaan dipengaruhi juga oleh hubungan antara lulusan dengan alumninya. Guna menjaga komunikasi antara lulusan, program studi, dan alumni maka fakultas merancang kegiatan Alumni and Graduate Gathering (AGG). AGG merupakan perwujudan tanggung jawab Fakultas dalam memberikan bekal lulusan sebelum masuk dunia kerja.