D3 Keuangan Perbankan

Overview
Tentang Kami
Belajar & Mengajar
Karier
Overview

"Dunia perbankan selalu menjadi salah satu alternatif jenjang karier yang menggiurkan" 

 

Berikut keunggulan Program Studi D3 Keuangan dan Perbankan:

  • Rata-rata waktu tunggu kerja dari lulusan kurang dari 3 bulan.
  • Lulusan D3 Keuangan dan Perbankan telah banyak yang bekerja di perusahaan perbankan baik skala daerah maupun nasional.
  • Tersedia laboratorium minibank untuk proses simulasi pembelajaran.
  • Telah menjalin kerjasama magang dengan beberapa perusahaan perbankan nasional  seperti BNI dan BTN

Kami mempunyai visi untuk menjadi pusat pendidikan unggulan dalam sektor keuangan dan perbankan yang mampu menghasilkan lulusan ahli madya yang profesional di bidangnya pada Tahun 2022. Sedangkan misi kami adalah :

  • Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan teoritis dan praktis  yang memadai dalam bidang keuangan dan perbankan khususnya lembaga keuangan mikro sehingga siap memasuki dunia kerja dan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.
  • Mengembangkan proses belajar mengajar yang berkualitas dengan memadukan ilmu pengetahuan dari kalangan akademisi dan pengalaman para praktisi keuangan dan perbankan dalam rangka meningkatkan kompetensi lulusan.
  • Mengembangkan program studi keuangan dan perbankan yang bermutu dan memiliki jejaring luas dalam rangka memudahkan lulusan memperoleh pekerjaan.

 

 

Tentang Kami

batch_uns5

Keunggulan

Setiap hari manusia selalu melakukan transaksi ekonomi, baik yang dilakukan secara kas maupun secara kredit. Motif utama mereka adalah mendapatkan keuntungan. Berhubungan dengan keuntungan, maka mereka cenderung untuk melakukan penyimpanan dari sebagian yang diterimanya. Untuk menunjang aktifitas transaksi manusi baik berupa kas maupun kredit termasuk transaksi penyimpanan uang maka membutuhkan keberadaan bank.

Program D III Keuangan dan Perbankan ini mengajarkan kepada mahasiswa untuk menjadi bagian dari orang-orang yang menjalankan dunia perbankan dan melayani masyarakat. Kemampuan yang menyeluruh mengenai dunia perbankan menjadikan alumni kami memiliki prioritas untuk bekerja di lembaga keuangan dan perbankan. Jika mahasiswa berkeinginan dan mempunyai kemampuan secara finansial, bukan tidak mungkin dengan belajar di keuangan dan perbankan mereka dapat membuka lembaga keuangan sendiri berupa BPR atau Koperasi.

Kurikulum

Semester 1

Ilmu Kealaman Dasar

Bahasa Inggris (EAP)

Pendidikan Pancasila

Bisnis Pengantar

Bank dan Lembaga Keuangan

Matematika I

Ekonomi Mikro Pengantar

Akuntansi Pengantar I

Semester 2

Statistik Deskriptif

Ekonomi Makro Pengantar

Praktik Komputer Perbankan

Praktik Komunikasi Bisnis

Manajemen

Pendidikan Kewarganegaraan

Ekonomi Internasional

Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Praktik Etika dan Pelayanan Prima

Semester 3

Praktik SDM Lembaga Keuangan

Perekonomian Indonesia

Bahasa Indonesia (Penyusunan Laporan)

Akuntansi Pengantar II

Ekonomi Koperasi

Praktik Personal Branding

Praktik Pemasaran Lembaga Keuangan

Semester 4

Bank dan Lembaga Keuangan Syariah

Praktik Akuntansi Perbankan

Praktik Manajemen Resiko

Praktik Resiko Kredit

Evaluasi Proyek

Praktik Transaksi Perbankan Internasional

Praktik Pengukuran Kinerja Bank

Ekonomi Moneter

Pendidikan Agama

Semester 5

Praktik Minibank Konvensional

Praktik Analisis Laporan Keuangan

Praktik Minibank Syariah

Praktik Indikator Kesehatan Bank

Praktik Penilaian Properti

Ekonomi  Pembangunan

Praktik Pasar Modal dan Pasar Keuangan

Kewirausahaan

Aspek Legal Lembaga Keuangan

Semester 6

Magang Kerja dan Tugas Akhir

Detail

Dunia perbankan selalu berubah secara dinamis dari waktu ke waktu. Proses pembelajaran di program kami juga menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Penyesuaian kurikulum yang kami gunakan selalu berorientasi pada kebutuhan pasar. Oleh karenanya kami selalu menggandeng praktisi dari dunia perbankan untuk memberikan masukan, mengenai hal-hal penting dan keterampilan khusus yang dibutuhkan sebagai praktisi di dunia perbankan modern seperti saat ini. Selama 6 semester, mahasiswa akan belajar secara bertahap mengenai kondisi perbankan.

Tahun Pertama (Semester 1 dan 2)

Pada semester satu, pembelajaran diarahkan pada pembentukan etika, pengetahuan mengenai dasar ilmu ekonomi. Kami juga mengenalkan mahasiswa pada kondisi perekonomian dan moneter nasional. Kemampuan berbahasa inggris menjadi bagian dari kompetensi yang kami tambahkan pada tahun pertama ini.

Tahun Kedua (Semester 3 dan 4)

Pada periode ini mahasiswa mulai mendalami bagian  inti dari program studi ini. Mahasiswa belajar mengenai semua mata kuliah yang dibutuhkan oleh dunia perbankan, antara lain : pengetahuan mengenai pemasaran lembaga keuangan, pengetahuan dan keterampilan menjadi pegawai bank yang baik dan benar, pengetahuan menganalisis kredit, pengetahuan mengenai transaksi perbankan dan mata uang asing, dan macam-macam lembaga keuangan.

Tahun Ketiga (Semester 5 dan 6)

Pada tahun ketiga mahasiswa akan memperdalam pengetahuan mereka dengan sejumlah mata kuliah praktikum. Mahasiswa belajar menerapkan pengetahuan yang sudah dimiliki dengan melakukan simulasi di laboratorium minibank. Periode ini merupakan tahap akhir dari keseluruhan studi mahasiswa. Sebagai tahap akhir sebelum mahasiswa lulus dari program D3 keuangan dan perbankan, mereka harus menempuh program magang kerja selama kurang lebih 2 bulan dan menyusun laporan atas kegiatan magang tersebut. Tindak lanjut dari penyusunan laporan magang tersebut mahasiswa diwajibkan menulis sebuah  tugas akhir.

Belajar & Mengajar

slide-lecturing

Metode Pembelajaran

Mahasiswa program diploma 3 akan mendapatkan pengalaman belajar paling banyak dari praktikum atau simulasi. Mahasiswa tentunya juga mendapatkan pengalaman belajar yang melalui model-model lainmisalnya: teori dalam kelas, tutorial, belajar mandiri, belajar kelompok, dan magang.

Untuk mencapai hasil yang optimum, mahasiswa diharapkan aktif mengembangkan kompetensinya melalui ceramah, diskusi, presentasi, pembuatan tugas dan paper.Dalam pembelajaran Tutorial dalam kelas mahasiswa fokus mendiskusikan dan menganalisis tugas yang diberikan oleh dosen. Belajar kelompok dimaksudkan membantu mahasiswa mengembangkankemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dalam tim. Pembelajaran melalui magang wajib ditempuh mahasiswa di semester akhir.Tujuannya untuk mengenalkan mahasiswa di dunia kerja.

Pada akhir masa studi mahasiswa wajib membuat laporan atas magang yang dilakukannya sebagai tugas akhir.Tugas akhir kemudian diujikan di hadapan 2 orang penguji sebelum yang bersangkutan dinyatakan lulus.

Metode Penilaian

Silabus yang berisi materi kuliah, kontrak kuliah, dan referensi akan disampaikan oleh dosen pengampu pada setiap awal semester. Kontrak kuliah berisikan ketentuan yang mengatur jalannya perkuliahan yang dirumuskan bersama oleh mahasiswa dan dosen. Termasuk di dalamnya komponen dan bobot penilaian.

Aturan mengenai penilaian hasil belajar mahasiswa diatur melalui keputusan rektor UNS.  Komponen penilaian untuk mahasiswa adalah pembuatan tugas, presentasi, pembuatan makalah/essay (baik individual maupun kelompok) serta ujian tertulis. Model belajar Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) ikut menyertakan penilaian mengenai etika mahasiswa selama perkuliahan. Hal tersebut sejalan dengan  nilai-nilai kehidupan budaya timur yang memegang teguh persoalan etika.  Dosen selaku pembimbing akademik akan senantiasa mengarahkan mahasiswa untuk mencapai prestasi akademik terbaik bagi mahasiswa.

Karier

slide-01

Peluang Kerja

Peluang kerja yang sesuai juga dengan bidang keilmuan kami adalah di lembaga keuangan dan lembaga keuangan non bank seperti koperasi. Lulusan kami ada yang berhasil dan bekerja di bank milik pemerintah, seperti Bank Nasional Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), maupun BTN (Bank Tabungan Negara). Dilihat dari proporsional lebih banyak alumni kami bekerja di lembaga keuangan mikro, seperti Bank Perkreditan Rakyat.

 

 

Dukungan

Guna mendukung dan meningkatkan daya serap lulusan di dunia kerja, maka program kami diintegrasikan dengan Internship Development Career (ICD) di tingkat fakultas. Program pengembangan karir yang telah dirancang untuk level undergraduate adalah pelatihan rekruitmen kerja, pelatihan pengembangan keahlian, database, dan pengembangan karir.

Program Pre Job Training (PJT) dirancang untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa mengenai hal-hal yang berhubungan dengan proses setelah lulus kuliah dalam upaya mendapatkan pekerjaan. Mahasiswa dilatih membuat surat lamaran, CV, serta simulasi wawancara kerja.

Selain itu mahasiswa juga akan mendapatkan Achievement Motivation Training (AMT) yang bertujuan untuk membentuk karakter dan meningkatkan soft skill mahasiswa. Business Motivation Training (BMT) juga akan diberikan kepada mahasiswa. BMT bertujuan membentuk jiwa wirausaha mahasiswa, dengan demikian mahasiswa tidak hanya didesain untuk bekerja di perusahaan saja, namun juga mampu menciptakan usaha sendiri.

Keberhasilan lulusan program ini untuk mendapatkan pekerjaan dipengaruhi juga oleh hubungan antara lulusan dengan alumninya. Guna menjaga komunikasi antara lulusan, program studi, dan alumni maka fakultas merancang kegiatan Alumni and Graduate Gathering (AGG). AGG merupakan perwujudan tanggung jawab Fakultas dalam memberikan bekal lulusan sebelum masuk dunia kerja.

Program Studi D III KP senantiasa memperhatikan prospek kerja bagi lulusan. Oleh karenanya secara berkala program mengagendakan pertemuan antara alumni dengan mahasiswa dalam sebuah forum. Alumni yang dihadirkan adalah mereka yang sudah berhasil berkarya atau memiliki usaha yang mampu menampung lulusan dari program studi.