D3 Akuntansi

Overview
Tentang Kami
Belajar & Mengajar
Karier
Overview

 

 

Akuntansi sangat dibutuhkan dalam setiap organisasi. Akuntansi merupakan “alat” dan “bahasa” dalam bisnis. Setiap organisasi membutuhkan “alat” dan “bahasa” tersebut untuk menyampaikan informasi terkait laporan keuangan, anggaran, dan penghitungan biaya. Oleh karena itu dibutuhkan tenaga di tataran teknis yang memahami logika akuntansi untuk menyiapkan laporan keuangan, mulai dari pemilahan transaksi sampai dihasilkannya sebuah laporan keuangan. Selain itu dibutuhkan pula penghitungan biaya yang tepat sehingga sebuah organisasi baik di sektor bisnis maupun sektor publik dapat membuat keputusan secara tepat.

Program studi ini menawarkan pengetahuan yang komprehensif untuk mencetak mahasiswa yang siap kerja di level operasional baik di bidang akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, audit, maupun akuntansi sektor publik.

Berikut keunggulan Program Studi D3 Akuntansi FE UNS:

  • Waktu tunggu kerja dari lulusan kurang dari 3 bulan
  • Jumlah peminat tertinggi diantara Program D3 di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis  
  • Mayoritas kepuasan pengguna lulusan mencapai nilai 3 dari maksimal 4 (berdasarkan user satisfaction Survey tahun 2009)

Visi

Menjadi Program Studi DIII Akuntansi yang unggul di tingkat nasional dan internasional pada tahun 2020“ 

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dalam bidang akuntansi terapan yang menuntut pengembangan diri dosen dan kemandirian mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas dalam bidang akuntansi terapan dan berguna bagi dunia usaha, pemerintah, dan masyarakat, serta mendesiminasikan hasil-hasil penelitian dalam bidang akuntansi terapan di tingkat nasional dan internasional. 
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat bidang akuntansi terapan yang berkualitas dan berorientasi pada upaya pemberdayaan masyarakat

 

Tentang Kami

batch_uns5

Keunggulan

Program Studi DIII Akuntansi tidak hanya memberikan pengetahuan tentang ilmu akuntansi saja tetapi juga memberikan pengetahuan komprehensif tentang dunia bisnis dan dunia sektor publik dan memberikan porsi matakuliah Praktik yang cukup besar sehingga mampu menghasilkan mahasiswa yang siap kerja. Hal ini menjadi salah satu keunggulan kami yang dibuktikan dengan waktu tunggu sebagian besar lulusan untuk mendapatkan kerja kami cukup cepat, yaitu kurang dari 3 bulan.

Kurikulum

Agar bisa mendapatkan gelar A.Md mahasiswa wajib menempuh 113 SKS yang dibagi dalam 6 semester. Berikut adalah sebaran matakuliah 6 semester:

Semester 1

Bahasa Inggris (EAP)

Ilmu Kealaman Dasar

Ekonomi Mikro Pengantar 

Bisnis Pengantar 

Akuntansi Pengantar I 

Matematika

Manajemen 

Semester 2

Ekonomi Makro Pengantar

Akuntansi Pengantar II 

Statistika Deskriptif

Praktik Bahasa Inggris - English for Bussiness

Praktik Akuntansi Pengantar - Perusahaan Jasa Non Keuangan

Pengantar Perpajakan dan KUP

Praktik Akuntansi Pengantar - Perusahaan Dagang

Praktik Komputer Pengolah Kata dan data

Semester 3

Pendidikan Agama

Praktik Bahasa Inggris - Conversation

Akuntansi Keuangan Menengah I 

Akuntansi Biaya

Akuntansi Sektor Publik

Sistem Informasi Akuntansi

Pancasila

Praktik Komunikasi Bisnis

Praktik Aplikasi Komputer Akuntansi 

Semester 4

Kewirausahaan

Akuntansi Keuangan Menengah II 

Praktik Bahasa Inggris - Writing Report and Global Job Seeking

Pengauditan I

Praktik Akuntansi Keuangan Menengah 

Praktik Akuntansi Biaya 

Praktik Akuntansi Manajemen

Praktik Akuntansi Sektor Publik

Pendidikan Kewarganegaraan

Praktik SIA

Semester 5

Akuntansi Keuangan Lanjutan I

Bahasa Indonesia (Penyusunan Laporan)

Pengauditan II

Praktik Akuntansi Untuk Perusahaan Jasa Keuangan

Praktik Akuntansi Keuangan Lanjutan 

Praktik Perpajakan

Praktik Auditing

Analisis Laporan Keuangan

Semester 6

Magang Kerja dan Tugas Akhir

Informasi selengkapnya mengenai matakuliah wajib, pilihan, dan SKS bisa dilihat di buku pedoman akademik

 

Detail

Kurikulum yang ditawarkan kepada mahasiswa direview secara periodik untuk memastikan keterkaitan antara dunia kerja dengan materi yang disampaikan. Review kurikulum dilaksanakan untuk menyesuaikan dengan trend kebutuhan user baik lokal maupun nasional. Pembimbing akademik disediakan untuk membimbing mahasiswa agar mencapai prestasi akademik yang optimal.

Kurikulum yang ditawarkan kepada mahasiswa direview secara periodik untuk memastikan keterkaitan antara dunia kerja dengan materi yang disampaikan. Review kurikulum dilaksanakan untuk menyesuaikan dengan trend kebutuhan user baik lokal maupun nasional.

Tahun Pertama (Semester 1 dan 2)

Mahasiswa pada tahun pertama akan mendapatkan pengetahuan dasar terkait ilmu akuntansi dan ilmu bisnis. Mahasiswa juga akan mendapatkan pengetahuan dasar terkait bahasa Inggris dan statistik. Praktek Akuntansi Pengantar juga akan diberikan pada tahun pertama.

Tahun Kedua (Semester 3 dan 4)

Pada tahun kedua mahasiswa akan mendapatkan materi mendalam mengenai Akuntansi Keuangan Menengah disertai dengan materi akuntansi lainnya dibidang audit, sistem informasi akuntansi, akuntansi biaya, dan akuntansi sektor publik. Mahasiswa juga akan mendapatkan matakuliah yang spesifik, seperti praktek Akuntansi Biaya, Praktek Akuntansi Keuangan Menengah, dan Praktek Anggaran .

Tahun Ketiga (Semester 5 dan 6)

Pada tahun ketiga mahasiswa akan memperdalam beberapa topik penting di bidang audit, analisis laporan keuangan dan akuntansi keuangan lanjutan. Pada tahun terakhir mahasiswa diwajibkan mengikuti magang kerja dan menulis Tugas Akhir.

Selama perkuliahan berlangsung mahasiswa akan mendapatkan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler untuk mengoptimalkan soft skill mahasiswa, diantaranya Pelatihan Perbankan, Pelatihan Ekspor Impor, Pelatihan Asisten Auditor, serta site visit ke perusahaan.

 

Kontak:

Ketua Program Diploma III Akuntansi

Drs. Agus Budiatmanto, M.Si., Ak

Email: agusbudiatmanto@yahoo.com

Belajar & Mengajar

slide-lecturing

Metode Pembelajaran

Bagaimana mahasiswa akan diajar?

Mahasiswa akan mengikuti perkuliahan dengan dua konsep yang berbeda, yaitu teori dan praktek. Di dalam kelas teori mahasiswa didorong untuk memahami dasar-dasar ilmu yang berguna di dunia kerja, khususnya pengetahuan akuntansi. Kelas teori juga menjadi dasar bagi mahasiswa untuk mengambil kelas praktek. Kelas teori akan diselenggarakan berbasis Student Centered Learning, dimana mahasiswa akan berpartisipasi aktif baik dalam diskusi kelas, presentasi, dan pembuatan tugas atau paper. Kelas praktek lebih fokus dalam pengerjaan modul dan penyelesaian studi kasus.

Mahasiswa akan mengikuti magang di semester akhir. Magang bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa di dunia kerja serta bisa pula dijadikan bahan penulisan Tugas Akhir.

Media penyampaian materi tidak terbatas pada kuliah klasikal saja, akan tetapi e-learning juga bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa dan dosen. Media e-learning dimanfaatkan untuk menyebarkan materi kuliah, penugasan, dan pelaksanaan ujian tertulis.

Metode Penilaian

Mahasiswa akan dinilai dari berbagai aspek yang berbeda tergantung pada mata kuliah yang diambil. Presentasi, Pembuatan tugas, Keaktifan, Etika, dan Pembuatan Paper/essay (baik individual maupun kelompok) serta ujian tertulis.

Pada awal perkuliahan mahasiswa akan mendapatkan silabus yang berisi bahan kuliah dan metode penilaian. Mahasiswa Program Studi D3 Akuntansi dinyatakan lulus setelah menyelesaikan 113 SKS termasuk di dalamnya penulisan Tugas Akhir sesuai dengan minat mahasiswa.

Untuk informasi selengkapnya terkait metode penilaian dan ujian bisa dilihat di buku pedoman akademik.

Karier

slide-01

Peluang Kerja

Lulusan Program Studi DIII Akuntansi FEB UNS telah tersebar di berbagai instansi baik swasta maupun instansi pemerintahan (sektor publik). Lulusan kami ada yang berhasil dan bekerja di bank milik pemerintah, seperti Bank Nasional Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), maupun BTN (Bank Tabungan Negara). 

 

 

Dukungan

Guna mendukung dan meningkatkan daya serap lulusan di dunia kerja, maka program kami diintegrasikan dengan Internship Development Career (ICD) di tingkat fakultas. Program pengembangan karir yang telah dirancang untuk level undergraduate adalah pelatihan rekruitmen kerja, pelatihan pengembangan keahlian, database, dan pengembangan karir.

Program Pre Job Training (PJT) dirancang untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa mengenai hal-hal yang berhubungan dengan proses setelah lulus kuliah dalam upaya mendapatkan pekerjaan. Mahasiswa dilatih membuat surat lamaran, CV, serta simulasi wawancara kerja.

Selain itu mahasiswa juga akan mendapatkan Achievement Motivation Training (AMT) yang bertujuan untuk membentuk karakter dan meningkatkan soft skill mahasiswa. Business Motivation Training (BMT) juga akan diberikan kepada mahasiswa. BMT bertujuan membentuk jiwa wirausaha mahasiswa, dengan demikian mahasiswa tidak hanya didesain untuk bekerja di perusahaan saja, namun juga mampu menciptakan usaha sendiri.

Keberhasilan lulusan program ini untuk mendapatkan pekerjaan dipengaruhi juga oleh hubungan antara lulusan dengan alumninya. Guna menjaga komunikasi antara lulusan, program studi, dan alumni maka fakultas merancang kegiatan Alumni and Graduate Gathering (AGG). AGG merupakan perwujudan tanggung jawab Fakultas dalam memberikan bekal lulusan sebelum masuk dunia kerja.

FEB UNS telah membangun sebuah Alumni LoungeLounge ini dapat menjadi tempat bertemunya alumni dengan pihak fakultas atau alumni dengan alumni lain.