Pendidikan Profesi Akuntansi

batch_3

SEJARAH:

Universitas Sebelas Maret institusi mendapat ijin menyelenggarakan Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) berdasarkan SK No.2274/D/T/2003, yang saat ini mendapat akreditasi dengan peringkat B.

Tonggak formal kesejarahan atas keberadaan program Pendidikan Profesi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret ditandai dengan diterbitkannya Surat Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor : 2274/D/T/2003 tanggal 5 September 2003, tentang  Ijin Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Akuntansi pada Universitas Sebelas Maret Surakarta. Ijin penyelenggaraan diberikan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi setelah memperhatikan Surat Pengurus Pusat Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Nomor : 617/KERPPA/IAI/VII/03 tanggal 24 Juli 2003 tentang Hasil evaluasi Komite Evaluasi dan Rekomendasi Pendidikan AKuntansi (KERPPA) Ikatan Akuntan Indonesia, dan juga Surat Ketua Panitia Ahli Pertimbangan Persamaan Ijazah Akuntan Nomor 018/Panitia/III/03 tanggal 28 Juli 2003 tentang Rekomendasi Ijin Pembukaan PPA bagi Universitas Sebelas Maret. Program Pendidikan Profesi Akuntansi Universitas Sebelas Maret termasuk sepuluh perguruan tinggi pertama yang mendapatkan ijin dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi untuk menjadi penyelenggara program Pendidikan Profesi Akuntansi di Indonesia. Pada tahun 2009 keberadaan Pendidikan Profesi Akuntansi Universitas Sebelas Maret kembali dikukuhkan dengan diterbitkannya surat nomor : 306/D/T/2009 dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, tentang Perpanjangan ijin penyelenggaraan Pendidikan Profesi Akuntansi pada Universitas Sebelas Maret, tanggal 27 Februari 2009. Perpanjangan ijin penyelenggaraan diberikan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi kepada Program Pendidikan Profesi Akuntansi Universitas Sebelas Maret setelah memperhatikan Surat dari Panitia Ahli Pertimbangan Persamaan Ijazah Akuntan, nomor : 066/Panitia/XII/08 dengan perihal : Rekomendasi Ijin Perpanjangan Penyelenggaraan PPA bagi Universitas Sebelas Maret, tertanggal 2 Desember 2008. Panitia memberikan rekomendasi setelah Komite Evaluasi dan Rekomendasi Pendidikan Profesi Akuntansi (KERPPA) melakukan visitasi tanggal 6 Nopember 2008, dan setelah melakukan evaluasi KERPPA memberikan nilai hasil evaluasi dengan skor akhir 930 kepada PPA UNS. Dengan pencapaian skor tersebut, pihak KERPPA dan Panitia Ahli Pertimbangan Persamaan Ijazah Akuntan berkesimpulan PPA UNS layak untuk diberikan ijin perpanjangan penyelenggaraan dengan masa evaluasi 5 tahun. Pendidikan Profesi Akuntansi Universitas Sebelas Maret juga telah memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), dengan diterbitkannya Surat Keputusan (SK) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi nomor : 001/BAN-PT/Ak-I/PP/XII/2009 tentang Status, Peringkat dan Hasil Akreditasi Program Pendidikan Profesi di Perguruan Tinggi, tanggal 21 Desember 2009. Berdasarkan SK tersebut, Pendidkan Profesi Akuntansi Universitas Sebelas Maret memiliki status terakreditasi dengan nilai 352, serta memiliki peringkat berlaku untu masa 5 tahun, berakhir pada 21 Desember 2014.

VISI

Menjadi Salah Satu Program Profesi Akuntansi yang unggul di tingkat Nasional

 

MISI

Meningkatkan penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran untuk mendukung pengembangan bangsa dengan mengedepankan pembinaan suasana kebebasan akademik yang berorientasi pada bidang akuntansi yang didukung teknologi informasi dengan menjunjung tinggi etika

 

PENGANTAR

Pendidikan Akuntansi di Indonesia memasuki era baru dengan berlakunya SK Menteri Pendidikan Nasional No.179/U/2001. Dengan adanya aturan baru tersebut, sebutan profesi akuntan hanya dapat diberikan kepada mereka yang telah selesai menempuh Pendidikan Profesi Akuntansi. Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) tidak saja memberikan hak formal sebutan Akuntan, tetapi juga sebagai wadah pengembangan keahlian profesional sehingga mampu memiliki keunggulan kompetitif dalam memasuki dunia kerja, sekaligus sebagai media standarisasi dan distribusi kompetensi profesi bagi calon akuntan.

FASILITAS

PPA UNS dalam melaksanakan program pendidikan, didukung dengan fasilitas yang memadai, antara lain:

  • Ruang kuliah dan seminar ber-AC yang dilengkapi dengan sistem audiovisual.
  • Perpustakaan
  • Laboratorium Program Studi Akuntansi.
  • Software akuntansi
  • Pusat komputer dan internet UNS, Hot Spot area.

 

 

PROFIL PENGAJAR

Staf pengajar PPAk UNS terdiri dari pengajar yang berkualitas serta berdedikasi tinggi, berasal dari akademisi serta para profesional yang kompeten di bidangnya.

 

LAPANGAN KERJA

Lulusan Program Pendidikan Profesi Akuntansi berkesempatan untuk bekerja dalam bidang profesi: Akuntan Manajemen, Audit internal, Auditor Keuangan Negara (BPK, BPKP, Inspektorat Daerah/Kota, Akuntan Syariah, Akuntan Publik, Auditor Sektor Publik, Konsultan Pajak

 

PROFIL ALUMNI

Alumni PPA UNS dapat menempuh pendidikan dalam waktu yang telah ditentukan dan mendapatkan nilai terbaik.

Alumni PPA UNS dapat menempuh pendidikan dalam waktu yang telah ditentukan dan mendapatkan nilai terbaik. Sampai September 2013, program Pendidikan Profesi Akuntansi Universitas Sebelas Maret telah meluluskan 190 alumni yang berhak untuk meraih gelar profesi akuntan. Para alumni lebihdari 90% telah bekerja, baik di instansi pemerintah seperti di Kementerian Pertanian, Kementerian Keuangan, Kantor Pajak, Pemerintah Daerah, maupun di perusahaan swasta, seperti di Kantor Akuntan Publik, Perbankan, (Bank BRI, Mandiri, BNI), PT Pegadaian, dll. Adapula yang menjadi tenaga pengajar / dosen di PTN / PTS, juga tidak sedikit mandiri dengan berprofesi sebagai konsultan akuntansi.

 

MATA KULIAH

Kurikulum mengacu pada kurikulum yang telah ditetapkan untuk program Pendidikan Profesi Akuntansi oleh Ikatan Akuntan Indonesia adalah Pelaporan Korporat, Manajemen Strategik dan Kepemimpinan, Etika Profesi dan Tata Kelola Korporat, Manajemen Keuangan Lanjutan, Manajemen Perpajakan, Akuntansi Manajemen Lanjutan, dan Sistem Informasi dan Pengendalian Internal, dan Pengauditan Pemerintahan. Total ada 24 SKS.

 

KERJA SAMA

Kerja sama telah dirintis dengan berbagai pihak, seperti: instansi pemerintah, Kantor Akuntan Publik (KAP) yang berada di Solo Raya, Badan Pemeriksa Keuangan Wilayah dan Pusat, konsultan di bidang manajemen,

 

KONTAK

Muhammad Syafiqurrahman (08121541828)/Adi Nugroho (081802555535), d/a. Kantor Pendidikan Profesi Akuntansi, Ruang 4.05 Gedung IV Kampus Fakultas Ekonomi UNS, Jl. Ir. Sutami 36 A Surakarta; Telp/Fax. (0271) 639404, dengan website: http://www.spmb.uns.ac.id

 

PRESTASI MAHASISWA

Mahasiswa PPA UNS memiliki beberapa prestasi yang cukup membanggakan.

 

DESKRIPSI ATRAKTIF

Pendidikan Profesi Akuntansi adalah salah satu alternatif jalur pendidikan akuntansi yang dapat ditempuh seseorang untuk menjadi akuntan dan mempunyai bekal keilmuan di bidang akuntan, yang pada selanjutnya digunakan untuk mengambil ujian CA atau ujian sertifikasi akuntan lain, misal akuntan publik (CPA), sertifikasi konsultan pajak (USKP), dan sebagainya.

Pendidikan Profesi Akuntansi adalah salah satu alternatif jalur pendidikan akuntansi yang dapat ditempuh seseorang untuk menjadi akuntan dan mempunyai bekal keilmuan di bidang akuntansi, yang pada selanjutnya digunakan untuk mengambil ujian CA atau ujian sertifikasi di bidang akuntansi lain, misal sertifikasi akuntan publik (USAP), sertifikasi akuntan manajemen (USAM), sertifikasi konsultan pajak (USKP), dan sebagainya.

 

KOMPETENSI

Lulusan PPA UNS mampu menguasai keahlian profesi bidang akuntansi dan kompetensi bidang spesialisasi akuntansi

SK:

001/BAN-PT/AK-I/PP/XII/2009 tertanggal 21 Desember 2009, berakhir 21 Desember 2014

SKOR: 352